Sinta Nuriyah Wahid Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME

Ia adalah sosok Muslim feminis yang peduli pada kelompok minoritas

Jakarta, IDN Times - Mantan Ibu Negara Republik Indonesia, Sinta Nuriyah Wahid, masuk ke dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah TIME. Istri mendiang tokoh bangsa Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, tersebut dianggap sebagai bagian dari suara perempuan Muslim feminis yang peduli pada kelompok minoritas.

1. Sinta Nuriyah mewakili Islam Nusantara yang beragam

Sinta Nuriyah Wahid Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Majalah TIMENahdlatul Ulama

Alasan memilih Sinta Nuriyah sebagai salah satu orang berpengaruh di dunia adalah karena latar belakangnya dan apa yang ia perjuangkan. Di tengah meningkatnya tekanan untuk menyeimbangkan demokrasi dan Islam yang menjadi agama mayoritas di Indonesia, ia dinilai mampu menjadi penengah yang baik.

"Ada mawar, melati, anggrek dan Sita-Ashok. Semua bunga itu cantik. Tak ada yang bisa memaksa mawar menjadi melati atau anggrek menjadi Sita-Ashok," ucapnya, menggambarkan keberagaman agama di Indonesia yang semestinya membuat bangsa ini seperti sebuah taman yang indah.

Baca juga: Ucapkan Ulang Tahun, Jokowi Apresiasi Perjuangan Sinta Nuriyah

2. Ia peduli kepada kelompok yang rentan diskriminasi

Sinta Nuriyah Wahid Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Majalah TIMEYayasan Puan Amal Hayati

Latar belakang pendidikan Sinta Nuriyah tak sembarangan. Ia belajar tentang hukum syariah dan feminisme. Itu membuatnya memahami bagaimana kawasan yang terpolitisisasi secara khusus kejam terhadap perempuan dan minoritas.

Selain menjadi tempat berkonsultasi bagi banyak perempuan transgender yang tersisihkan, Sinta Nuriyah juga mendukung Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama ketika ia terjerat pasal penodaan agama. Ini membuktikan Sinta tidak ingin hidup dalam kenyamanan yang umumnya diperoleh seorang mantan Ibu Negara.

3. Ia pernah disebut sebagai salah satu Perempuan Paling Berpengaruh versi New York Times

Sinta Nuriyah Wahid Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Majalah TIMEWahid Institute

Pada 2017 lalu, New York Times merilis daftar 11 Perempuan Paling Berpengaruh di dunia. Salah satu di antaranya adalah Sinta Nuriyah. Menurut New York Times, perempuan berusia 70 tahun tersebut konsisten memperjuangkan Islam yang toleran. 

"Semua orang berhak untuk menyembah Tuhan, tak hanya segelintir orang. Itu adalah ajaran Islam," kata Sinta Nuriyah ketika menanggapi sekelompok transgender yang berniat membuka kembali pesantren setelah ditutup oleh salah satu organisasi Islam garis keras.

Sinta Nuriyah juga berani bersikap kontras dengan pandangan umum Islam terkait poligami. Sebagai seorang feminis, ia menegaskan menolak praktik poligami. Dalam salah satu wawancara, ia berkata,"Siapa yang bisa adil pada banyak istri? Tidak ada!"

Warganet Indonesia sendiri ikut senang dengan pengakuan terhadap Sinta Nuriyah. Salah satunya adalah kelompok musik Sisters In Danger yang menyuarakan isu-isu sosial terkait perempuan dan anak-anak di Indonesia. Mereka menulis,"Ini luar biasa di saat perempuan dan minoritas di Indonesia menghadapi waktu yang kejam."

Baca juga: Ketika Diskriminasi Itu Masih Ada...

Topik:

Berita Terkini Lainnya