Tak Sekadar Ayah Angkat, Anton Medan Sosok Guru Bagi Pablo Benua

Pablo Benua selalu menuruti nasihat Anton Medan

Bogor, IDN Times - Pablo Benua nampak hadir di pemakaman Anton Medan, di Cilodong, Depok, Jawa Barat. Dia mengaku Anton Medan merupakan sosok ayah angkat yang patut diteladani.

Pablo mengaku pasca-kasus Ikan Asin menyeretnya ke meja hijau, banyak nasihat yang diberikan Anton Medan pada dirinya.

Baca Juga: Profil Anton Medan, Sosok Preman Insaf yang Jadi Mualaf

1. Anton Medan sumber inspirasi Pablo Benua

Tak Sekadar Ayah Angkat, Anton Medan Sosok Guru Bagi Pablo BenuaPablo Benua dan Rey Utami saat tabur bunga di makam Anton Medan (Rubiakto IDN Times)

Saat menghadiri acara pemakaman Anton Medan, Pablo sempat mengisahkan kedekatannya dengan almarhum. Terlebih, saat Pablo memutuskan menjadi mualaf, Anton Medan merupakan orang yang paling berjasa.

"Awal dekat sudah lama banget kejadiannya, saya gak begitu ingat. Tapi yang pasti beliau salah satu orang yang menginspirasi kami (Pablo dan istrinya, Rey Utami). Karena saat saya mau menikahi Rey, mengajak saya jadi mualaf," kata Pablo.

2. Anton Medan sosok guru sekaligus mentor bagi Pablo Benua

Tak Sekadar Ayah Angkat, Anton Medan Sosok Guru Bagi Pablo BenuaJenazah Anton Medan sebelum di sholatkan (Rubiakto IDN Times)

Menurut Pablo, almarhum merupakan sosok guru sekaligus mentor dalam kehidupannya. Karena semasa hidupnya Anton Medan telah menjalani kehidupan yang keras, sehingga menjadi pelajaran bagi santri dan anak-anaknya.

"Karena beliau juga mualaf, dulunya kita punya kesamaan, punya masa lalu yang kelam," kata dia.

Terlebih kenangannya saat menjalani kasus Ikan Asin, Pablo menyebut Anton Medan menjadi sosok paling berjasa. "Yang saya ingat saat di pengadilan, beliau selalu berpesan agar tidak berbuat yang macam-macam, jangan putus asa, karena ini sudah takdir. Dan beliau berpesan agar selalu mendekatkan diri kepada Allah," kata dia.

3. Pablo Benua selalu menuruti nasihat Anton Medan

Tak Sekadar Ayah Angkat, Anton Medan Sosok Guru Bagi Pablo BenuaJenazah Anton Medan di rumah duka, Cibinong, Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Rey Utami, istri Pablo juga mengisahkan kenangannya bersama Anton Medan. Menurut dia, almarhum selalu memberikan nasihat kepada keluarganya. 

"Kalau ada masalah Bapak pasti hubungi Pablo, karena dia mengajarkan suami adalah kepala rumah tangga, sebagai pemimpin dia harus memberi contoh kepada anak istrinya," kata Rey.

Selama ini, kata Rey, Pablo selalu menuruti nasihat Anton Medan. "Biasanya kalau dibilangin sama orang lain dia gak suka dengar, tapi kalau dinasihati bapak dia pasti nurut," kata dia.

Selain itu, almarhum juga menyayangi anak-anak Pablo dan Rey. Bahkan, saat kritis Anton Medan sempat bergurau, agar anak-anaknya tidak sedih. "Bahkan saat sedang sakit beliau sempat bergurau kepada anak saya 'Eren nanti kalau sudah besar, Eren getok bapaknya, karena bapaknya brengsek'," kenang Rey, mencontohkan nasihat Anton Medan.

4. Anton Medan beri dukungan saat Pablo dan Rey terjerat kasus Ikan Asin

Tak Sekadar Ayah Angkat, Anton Medan Sosok Guru Bagi Pablo BenuaJenazah Anton Medan di rumah duka, Cibinong, Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Selama ini, Anton Medan sangat dekat dengan Pablo Benua. Perlu diketahui, selama ini almarhum memberikan dukungan nyata untuk Pablo saat tengah terjerat kasus Ikan Asin. 

Bahkan, Anton Medan sempat meminta Fairuz A Rafiq sebagai pelapor mempertimbangkan keputusannya, karena almarhum mengingatkan soal pasangan Pablo dan Rey yang memiliki anak.

Baca Juga: Penuh Haru, Pemakaman Anton Medan Diiringi Isak Tangis Keluarga

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya