Comscore Tracker

Tega! Pengunjung TSI Masukan Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil

Petugas TSI sebut aksi pengunjung itu kesalahan fatal

Bogor, IDN Times - Aksi tidak terpuji lagi-lagi terjadi di Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengunjung yang tidak bertanggung jawab sengaja memasukkan sampah botol plastik ke mulut kuda nil yang menganga karena ingin diberi makan.

Pihak pengelola Taman Safari memastikan kebenaran kabar tersebut. Disebutkan, peristiwa itu terjadi pada Minggu, 7 Maret 2021.

Baca Juga: Mulut Tertutup Lakban, Buaya Kelaparan Satu Bulan Tak Diberi Makan

1. Viral di media sosial

Tega! Pengunjung TSI Masukan Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda NilTangkapan layar instastory @cyntiactcete

Peristiwa ini diketahui berawal dari postingan di Instastory milik @cyntiactcete. Dalam video tersebut, tampak botol plastik berwarna biru berada di mulut kuda nil yang sedang menganga. 

Dari rekaman tersebut disebutkan pengunjung yang melempar sampah plastik ke mulut kuda nil menumpang mobil Xenia warna merah metalik dengan pelat nomor Bandung (D).

2. Kuda nil nyaris memakan botol plastik dari pengunjung

Tega! Pengunjung TSI Masukan Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda NilPengunjung Taman Safari melemparkan sampah ke dalam mulut kudanil (Instagram.com/cyntiactcete )

Humas TSI Bogor Yulius H Suprihardo mengatakan, kuda nil tersebut memakan sampah plastik yang dikasih pengunjung.

“Lokasinya sekitar 300 meter dari loket utama, lokasi itukan ada kuda nil di kanan, kiri. Kenapa kuda nil ini menganga, karena punya naluri, dia menganga karena mau dikasih makan tapi ternyata malah dikasih botol plastik bekas, itu sudah jelas kesalahan fatal," kata Yulius.

Dia mengungkapkan, kuda nil mau membuka mulut karena memiliki naluri yang terbentuk di TSI, karena saat ada pengunjung tidak sedikit yang memberi makan.

"Banyak pengunjung yang memberi makan hewan di area Safari Journey. Karena itu, hewan-hewan di sana terbiasa menerima makanan dari pengunjung," kata Yulius.

Terlebih pada hari Minggu banyak wisatawan yang berkunjung menggunakan mobil. Kuda nil itu pun terpancing untuk membuka mulut dan berharap mendapat makanan.

2. Sampah plastik bisa membuat hewan mati bila tertelan

Tega! Pengunjung TSI Masukan Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda NilPengunjung Taman Safari melemparkan sampah ke dalam mulut kudanil (Instagram.com/cyntiactcete )

Sebenarnya ada petugas yang berjaga di lokasi TSI. Namun, kebun binatang itu sangat luas. Akibatnya, petugas tak bisa memantau seluruh tempat secara bersamaan.

“Kembali pada kesadaran pengunjung sendiri," kata Yulius.

Menurutnya, sampah plastik itu jelas membahayakan kesehatan hewan dan dapat menyebabkan hewan mati bila tertelan.

3. Kuda nil bernama Ari berhasil memuntahkan sampah botol plastik

Tega! Pengunjung TSI Masukan Sampah Botol Plastik ke Mulut Kuda NilPengunjung Taman Safari melemparkan sampah ke dalam mulut kudanil (Instagram.com/cyntiactcete )

Kuda nil berjenis Hippopotamus amphibius asal Afrika yang malang tersebut diketahui bernama Ari. Beruntung perawat satwa berhasil membuat Ari memuntahkan botol plastik tersebut.

"Ada 1 botol air mineral dan tissue, tapi semuanya tidak sampai tertelan," kata Yulius.

Tim medis dan pawang satwa juga terus memantau kondisi kesehatan Ari. Kondisi dan nafsu makan Ari pun terpantau normal.

"Intinya adalah bahwa satwa kami aman dan kami berharap ini kejadian terakhir. Karenakan saat memasuki kebun binatang itu harus ikuti aturan, apalagi ada tulisan jelas aturannya enggak boleh kasih makan satwa. Itu harusnya mereka mengerti," ucap Yulius.

Baca Juga: Harimau Lepas dari Sinka Zoo Singkawang Akhirnya Berhasil Ditangkap

Topic:

  • Rubiakto
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya