TNI Bogor Siapkan Makam Pahlawan bagi Awak KRI Nanggala-402 Irfan Suri

Bila keluarga berkenan jenazah akan dimakamkan di TMP Dreded

Bogor, IDN Times - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor, Jawa Barat menyambangi rumah duka, Letkol Laut (E) Irfan Suri, di Kluster Harmoni 2, Bogor Nirwana Residence (BNR) Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (26/4/2021).

Danrem Suryakencana 061 Bogor Brigjen TNI Ahmad Fauzie mengatakan, kedatangannya bersama unsur TNI dan Polri merupakan wujud dari belasungkawa atas meninggalnya Letkol Laut (E) Irfan Suri, pada peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di laut Bali yang menewaskan 53 awak kapal. 

Baca Juga: [BREAKING] Panglima TNI: KRI Nanggala-402 Sudah Tenggelam, Seluruh Awaknya Gugur

1. TNI, Polri dan Forkopimda Kota Bogor turut berduka cita atas gugurnya awak KRI Nanggala-402

TNI Bogor Siapkan Makam Pahlawan bagi Awak KRI Nanggala-402 Irfan SuriKapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Suryanto)

Brigjen Fauzie mengatakan, pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang telah mengabdi dan mendedikasikan diri kepada negara.

"Kami dari unsur TNI dan Polri beserta jajaran Forkopimda Kota Bogor mengucapkan turut berduka cita dan memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada ke 53 orang yang telah mengabdikan dirinya kepada NKRI dan menegakkan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.

Dia menambahkan, "Semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran, dan ketenangan pasca-kejadian duka ini."

2. Korem 061 Suryakencana siapkan Taman Makam Pahlawan Dreded untuk lokasi pemakaman

TNI Bogor Siapkan Makam Pahlawan bagi Awak KRI Nanggala-402 Irfan SuriTaman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Ia juga mengatakan siap menjembatani, jika pihak keluarga ingin Letkol Laut (E) Irfan Suri dimakamkan di Bogor. 

"Kalau dari pihak keluarga berkenan kami akan siapkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded untuk lokasi pemakaman. Karena walau bagaimanapun, almarhum adalah pahlawan," ujar Fauzie. 

Baca Juga: [BREAKING] TNI AL: KRI Nanggala-402 Diduga Terjadi Keretakan

3. Letkol Laut (E) Irfan Suri merupakan satu dari 53 awak KRI Nanggala 402

TNI Bogor Siapkan Makam Pahlawan bagi Awak KRI Nanggala-402 Irfan SuriKapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Diketahui, Letkol Laut (E) Irfan Suri merupakan salah satu dari 53 awak KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali beberapa waktu lalu.

KRI Nanggala-402 dinyatakan subsunk atau tenggelam pada Sabtu (24/4/2021) pukul 17.00 Wita. Sejumlah temuan serpihan dan barang menjadi bukti otentik bahwa kapal selam berjuluk 'Monster Laut' itu tenggelam.

Disebutkan, KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman 838 meter dan terbelah menjadi tiga. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya