Wow, 4 Bayi Beruang Cokelat Siap Sapa Pengunjung di Taman Safari Bogor

Keempat bayi beruang ini lahir di Taman Safari Indonesia

Bogor, IDN Times - Hari Beruang Sedunia menjadi hari bersejarah bagi Taman Safari Indonesia. Sebab, bertepatan dengan Hari Beruang Sedunia Taman Safari kedatangan keluarga baru yakni empat ekor bayi beruang cokelat.

Hari Beruang Sedunia (World Bear Day) diperingati setiap tanggal 23 Maret, di mana hari ini didedikasikan untuk penyelamatan dan perlindungan beruang di seluruh dunia.

Baca Juga: Hari Gajah Sedunia, Taman Safari Prigen Punya Anggota Keluarga Baru

1. Empat bayi beruang cokelat hasil pengembangbiakan di Taman Safari Indonesia

Wow, 4 Bayi Beruang Cokelat Siap Sapa Pengunjung di Taman Safari BogorDok Taman Safari Indonesia

Empat ekor bayi beruang cokelat yang menggemaskan itu merupakan hasil pengembangbiakan di Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat.

Keempatnya menjadi “bintang tamu“ pada acara peringatan Hari Beruang Sedunia yang dilaksanakan pada 26–28 Maret 2021, di area Baby Zoo Taman Safari Indonesia Bogor. 

Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Yulius Suprihardo mengatakan, empat beruang tersebut merupakan hasil pengembangbiakan di TSI. "Keempatnya merupakan hasil biakan dari beruang yang ada di TSI," kata Yulius, Rabu (24/3/2021).

2. Empat bayi beruang akan dipamerkan dan dikenalkan kepada pengunjung

Wow, 4 Bayi Beruang Cokelat Siap Sapa Pengunjung di Taman Safari BogorDok Taman Safari Indonesia

Dalam kegiatan tersebut, selain memamerkan empat bayi beruang kepada para pengunjung, pengelola TSI juga mengadakan beberapa kegiatan menarik lainnya yaitu keeper talk, program edukasi untuk lebih mengenal satwa karnivora ini lebih dalam lagi. 

Para pengunjung yang berusia maksimal 10 tahun juga dapat mengikuti lomba menghias ‘cup cake’ berbentuk beruang dengan hadiah yang menarik.

3. Bayi beruang hanya bisa dilihat dalam waktu satu jam

Wow, 4 Bayi Beruang Cokelat Siap Sapa Pengunjung di Taman Safari BogorKawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) BALIKPAPAN, tempat Konservasi Beruang Madu (IDN Times/Mela Hapsari)

Guna melihat bayi beruang ini, panitia hanya memberi kesempatan selama 1 jam kepada pengunjung. Mengingat keempat bayi beruang tersebut nantinya harus kembali kepada induknya untuk disusui.

Keempat bayi beruang ini masing-masing berkelamin jantan dan betina. Dua bayi beruang berkelamin jantan lahir pada 25 Oktober 2020 dari induk betina bernama Graft dan induk pejantan bernama Ben. 

Sedangkan dua bayi beruang lainnya, lahir pada 21 November 2020 berkelamin jantan dan betina, lahir dari induk betina bernama Steffi dan induk pejantannya bernama Ben.

Seperti diketahui, di dunia terdapat beberapa spesies beruang. Ada beruang putih yang dijuluki sebagai beruang kutub, yang dikenal juga dengan sebutan Polar Bear. 

Ada pula beruang coklat, beruang hitam, beruang goa, beruang kacamata, serta beruang madu yang merupakan jenis beruang terkecil di dunia.

Baca Juga: Gisel, Bayi Singa Putih Milik Taman Safari yang Lahir saat Pandemik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya