Anggota DPR Nilai PPKM Level 4 Perlu Diperpanjang Lagi

Penurunan kasus COVID-19 dinilai belum signifikan

Jakarta, IDN Times - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir hari ini, Senin (9/8/2021). Namun, belum diketahui apakah pemerintah bakal kembali memperpanjang kebijakan tersebut.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Saleh Daulay menilai pembatasan kegiatan masyarakat tersebut masih perlu diperpanjang lagi.

"Kalau dari kondisi yang ada, saya memperkirakan PPKM akan diperpanjang," ujar Saleh saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

1. Saleh ibaratkan PPKM berlevel seperti tone radio

Anggota DPR Nilai PPKM Level 4 Perlu Diperpanjang Lagiilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Meski begitu, jika diperpanjang, ia memperkirakan pemerintah akan menyetel kembali kebijakan PPKM sesuai kondisi setiap daerah. Ia pun mengibaratkan tone radio yang dapat diatur.

"Hanya saja, pemerintah akan menaikkan dan menurunkan levelnya saja. Bisa jadi di kota A levelnya turun ke (level) 3, tetapi di kota B malah naik ke 4. Tergantung kondisi masing-masing," kata Saleh.

"Dengan adanya perbedaan level seperti ini, akan lebih memudahkan pemerintah untuk menerapkan kebijakan. Ibarat tone radio ya, tinggal memperbesar atau memperkecil saja. Tetapi kalau menutup PPKM, rasanya belum," ucapnya.

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi Akan Umumkan Perpanjangan PPKM Level 4 

2. Saleh melihat penurunan kasus COVID-19 belum signifikan

Anggota DPR Nilai PPKM Level 4 Perlu Diperpanjang LagiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Saleh menilai penurunan kasus COVID-19 dengan adanya penerapan PPKM berlevel belum signifikan. Meski, diakuinya sudah ada penurunan jika dibandingkan sebelum PPKM diterapkan.

"Ya, keputusan untuk melanjutkan atau melonggarkan pasti didasari oleh evaluasi tersebut. Secara umum, memang ada penurunan. Tingkat hunian RS, orang yang terpapar, jumlah orang yang meninggal, dan yang isolasi mandiri juga turun. Namun harus diakui, penurunan tersebut belum signifikan. Bahkan kadang terlihat masih fluktuatif," kata dia.

Lebih lanjut, Saleh mengatakan penyebaran varian Delta juga belum bisa ditekan dan semakin merebak ke sejumlah daerah. Dia pun ingin agar varian virus corona ini tidak diremehkan.

Selain itu, ia mengingatkan agar pemerintah mempersiapkan jaring pengaman sosial secara benar dan tepat sasaran. Sebab, ia menilai kebijakan pengetatan dipastikan akan menyulitkan dan berdampak pada ekonomi masyarakat kecil dan menengah.

3. Nasib perpanjangan PPKM diumumkan hari ini

Anggota DPR Nilai PPKM Level 4 Perlu Diperpanjang LagiPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

PPKM Level 4 sebelumnya telah diperpanjang Presiden Joko "Jokowi" Widodo mulai tanggal 3 hingga 9 Agustus 2021. Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, mengatakan nasib PPKM berlevel akan kembali diumumkan oleh Presiden Jokowi.

Namun pukul berapa pengumuman nasib PPKM berlevel ini akan disampaikan belum diketahui.

"Iya rencananya begitu (diumumkan oleh Presiden Jokowi)," kata Jodi saat dihubungi IDN Times, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: 34 TKA Tiongkok Masuk RI Saat PPKM Level 4, Ini Penjelasan Imigrasi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya