Comscore Tracker

Baleg DPR Akan ke Brasil dan Ekuador untuk Susun RUU PKS

Kunjungan kerja Baleg DPR diagendakan Oktober-November 2021

Jakarta, IDN Times - Badan Legislasi (Baleg) DPR berencana melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Brasil dan Ekuador. Kunker ini disebut dalam rangka penyusunan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS).

Rencana tertuang dalam surat nomor LG/13489/DPR RI/IX/2021 perihal Permintaan Nama Anggota Baleg ke Luar Negeri.

1. Berdasarkan agenda, kunker ke dua negara itu dilakukan pada Oktober-November

Baleg DPR Akan ke Brasil dan Ekuador untuk Susun RUU PKSIlustrasi bandara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Tertuang dalam surat itu, Baleg DPR mengagendakan kunker ke Ekuador pada 31 Oktober sampai 6 November 2021. Untuk ke Brasil, diagendakan pada 16-22 November 2021.

"Dengan hormat bersama ini kami beritahukan bahwa Badan Legislasi akan melaksanakan kunjungan kerja luar negeri dalam rangka pelaksanaan fungsi diplomasi parlemen untuk penguatan kelembagaan Badan Legislasi dalam rangka penyusunan RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual," demikian bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Baleg DPR Tegaskan RUU PKS Tidak Tumpang Tindih dengan UU Lain 

2. Fraksi diminta kirimkan nama anggota Baleg yang ditugaskan

Baleg DPR Akan ke Brasil dan Ekuador untuk Susun RUU PKSDok.IDN Times

Pada surat itu juga, diharapkan masing-masing Fraksi di DPR dapat segera mengirimkan nama-nama anggota Baleg untuk ditugaskan dalam kunker tersebut. Komposisinya, sebagai berikut:

  • F-PDIP: 6 orang.
  • F-Golkar: 4 orang.
  • F-Gerindra: 4 orang.
  • Fraksi NasDem: 3 orang.
  • Fraksi PKB: 3 orang.
  • Fraksi Demokrat: 2 orang.
  • Fraksi PKS: 2 orang.
  • Fraksi PAN: 2 orang.
  • Fraksi PPP: 1 orang.

"Pimpinan Badan Legislasi mengharapkan agar nama anggota Badan Legislasi yang ditugaskan melakukan kunjungan kerja dapat disampaikan kepada Sekretariat Badan Legislasi paling lambat tanggal 30 September 2021," demikian bunyi surat tersebut.

3. PAN benarkan agenda kunker tersebut

Baleg DPR Akan ke Brasil dan Ekuador untuk Susun RUU PKSAnggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay (ANTARA/Dewanto Samodro)

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay membenarkan adanya surat dari Baleg DPR terkait rencana kunker ke Brasil dan Ekuador. Namun, Saleh mengaku belum membaca langsung surat tersebut.

"Saya belum baca suratnya secara langsung. Tapi saya dengar, surat itu benar adanya," kata Saleh saat dimintai konfirmasi, Jumat (1/10/2021).

Saleh menambahkan belum berbicara mengenai rencana kunker ini ke anggota Fraksi PAN di Baleg.

"Saya belum berbicara dengan poksi PAN di Baleg. Jadi, saya belum mengerti mengenai rencana perjalanan tersebut," ucap Saleh.

Baca Juga: Pembahasan RUU PKS di Baleg DPR Diwarnai Bentrok Ideologi

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya