[BREAKING] Pesan Kemerdekaan Hamzah Haz: Indonesia Jangan Takabur

Hari ini Indonesia berumur 76 tahun

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden RI Hamzah Haz mengingatkan bangsa Indonesia agar tidak takabur. Pernyataan Hamzah disampaikan dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

"Kita sebenarnya memiliki ideologi bangsa, sekaligus juga falsafah bangsa. Apa itu? Pancasila," ujar Hamzah Haz di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Hamzah berharap Indonesia mampu menunjukkan identitasnya kepada dunia, yakni sebagai bangsa yang beragama. Sebab hal ini, katanya, ada di dalam ideologi Pancasila, yakni di sila pertama dan keempat.

"Dalam Pancasila itu pada hakikatnya terdapat dua pokok identitas bangsa, yang pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, (dan yang kedua) yang sila-sila keempatnya itu adalah merupakan perjuangan kita untuk mensejahterakan rakyat," ucapnya.

Hamzah juga mengingatkan agar bangsa Indonesia tidak takabur.

"Kalau itu dijalankan ya, saya kira ya, bahwa kita akan mampu menghadapi semua persoalan-persoalan bangsa kita. Tapi juga ndak perlu, tidak, jangan sampai takabur. Tunjukkanlah bangsa Indonesia," kata Hamzah.

Baca Juga: [BREAKING] Pesan SBY di HUT ke-76 RI: Pemerintah Dengarkan Suara Rakyat

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya