Dukungan Relawan Jokowi ke Ganjar untuk Pilpres 2024 Dinilai Sia-Sia

Relawan menganggap Ganjar adalah 'Next Jokowi'

Jakarta, IDN Times - Relawan Joko "Jokowi" Widodo Mania (Jo-Man) Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. Namun, dukungan relawan Jo-Man ini dinilai bisa menjadi sia-sia.

"Ya namanya juga relawan, suka-suka lah mau dukung siapa pun. Tapi dia tidak punya hak untuk mengusung capres dan cawapres sebagai syarat untuk mendapatkan KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Relawan Jokowi Jatim Dorong Ganjar-Erick Tohir pada Pilpres 2024

1. Adi sebut relawan tak bisa mencalonkan jagoannya pada Pilpres

Dukungan Relawan Jokowi ke Ganjar untuk Pilpres 2024 Dinilai Sia-SiaANTARA FOTO/Reno Esnir

Adi menjelaskan syarat seseorang dicalonkan menjadi capres atau calon wakil presiden (cawapres) adalah didaftarkan partai politik (parpol). Sedangkan relawan, kata dia, bukan parpol. Pendaftaran capres atau cawapres yang dilakukan parpol ke KPU pun tidak mudah.

"Itu dukungan politik dia saja, tapi itu tidak ada gunanya kalau jagoannya itu tidak bisa maju capres, karena tidak punya partai politik. Kan syarat maju capres itu ya harus punya dukungan partai politik, (ambang batas pencalonan presiden) 20 persen itu," ujarnya.

Adi memperkirakan relawan Jo-Man memberi dukungan ke Ganjar karena menganggap Gubernur Jawa Tengah ini mirip Presiden Jokowi. Menurut dia, relawan Jo-Man menganggap Ganjar merakyat, sederhana, dan gampang ditemui.

"Artinya, ini kan bagian dari upaya-upaya bagaimana Ganjar terus didukung dan menjadi capres yang diidolakan di 2024. Karena kan para pendukung Jokowi, relawannya itu dukung Ganjar, peralihan politiknya," ujar dia.

2. Relawan Jokowi lainnya dinilai akan mengikuti Jo-Man

Dukungan Relawan Jokowi ke Ganjar untuk Pilpres 2024 Dinilai Sia-SiaPresiden Jokowi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sementara, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin, mengatakan dukungan Jo-Man ke Ganjar sah-sah saja. Sebab, hal itu merupakan hak mereka.

Namun, Ujang memperkirakan, relawan Jokowi lainnya seperti Pro Jokowi (Projo), Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), dan relawan lainnya akan mengikuti langkah Jo-Man.

"Jo-Man sudah dukung Ganjar. (Relawan) yang lain mungkin saja ikut menyusul," ucap Ujang.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Siap Tempur pada Pilpres 2024 di 17 Negara

3. Jo-Man mendeklarasikan dukung Ganjar dan sebut sebagai 'Next Jokowi'

Dukungan Relawan Jokowi ke Ganjar untuk Pilpres 2024 Dinilai Sia-SiaKonferensi pers deklarasi relawan Ganjar Pranowo di Surabaya. IDN Times/Fitria Madia.

Sebelumnya, di tengah hangatnya isu duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno, relawan Jokowi Mania Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo-Erick Tohir pada Pilpres 2024.

Pengurus Jo-Man, Warto Adi, mengatakan berdasarkan konsolidasi secara nasional dari relawan-relawan Jokowi lainnya, mereka sepakat mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai capres pada Pilpres 2024. Menurut mereka, Ganjar cocok menjadi pengganti Jokowi pada periode berikutnya.

"Pak Ganjar adalah sosok yang pantas dan mumpuni untuk jadi capres melanjutkan perjalanan dan kerja baik Pak Joko Widodo," ujar Warto saat deklarasi di Surabaya, Jumat (17/9/2021).

Warto menjelaskan sosok Ganjar yang penuh semangat muda dianggap cocok memimpin Republik Indonesia. Gaya kepemimpinan politikus PDIP itu mirip dengan Jokowi, yaitu getol blusukan di tengah masyarakat dan dianggap sesuai meneruskan kinerja Jokowi.

"Pak Ganjar adalah sosok yang merakyat. Mudah-mudahan dengan sosok merakyat ini bisa mengenyangkan rakyat. Sudah saatnya NKRI dipimpin oleh para generasi muda," ungkapnya.

Para relawan ini pun mendeklarasikan relawan baru bernama GP Mania Jawa Timur. Tak hanya deklarasi, mereka juga sudah membentuk 25 koordinator daerah (korda) se-Jatim. Setelah deklarasi, para korda kemudian mulai menggalang dukungan untuk Ganjar.

"Ganjar Pranowo, the next Jokowi. Ganjar Pranowo, the next Jokowi," pekik relawan Ganjar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya