Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? 

Erick kini lebih sering menyapa masyarakat kalangan bawah

Jakarta, IDN Times - Pilpres 2024 masih jauh, tapi partai politik dan sejumlah tokoh mulai ancang-ancang. Beberapa di antara mereka ada yang terang-terangan mendeklarasikan diri sebagai capres, sebagian besar lagi malu-malu menyatakan diri maju Pilpres tapi gencar mensosialisasikan diri.

Seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang belakangan ini terlihat berbeda. Dilihat di media sosial Instagram-nya @erickthohir, Erick Thohir sejak Januari 2021 sesekali 'blusukan' dengan menyapa masyarakat saat melakukan kunjungan kerja atau kunker.

Begini cara Erick menyapa masyarakat dalam satu bulan terakhir.

Baca Juga: Penanganan COVID Tidak Sempurna, Erick Thohir Minta Maaf

1. Blusukan cek obat ke apotek-apotek dan cek ketersediaan oksigen

Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? capture postingan Menteri BUMN Erick Thohir di Instagram-nya @erickthohir (dok:istimewa)

Dari postingan di Instagram-nya pada 3 Juli lalu, Erick mendatangi sejumlah apotek di kawasan Jakarta. Seperti di apotek Kimia Farma, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Erick tampak berbincang dengan pengelola apotek tersebut dan menanyakan stok antivirus terapi COVID-19.

"Sekarang obat yang harus pakai resep dokter apa saja?" tanya Erick. "Invermectin, Oseltamivir, Favipiravir, Redemsivir," jawab pria tersebut.

Erick lalu menanyakan apakah obat tersebut ada atau tidak, dan dijawab stok tercukupi. "Supaya kita memastikan, akses daripada obat COVID-19 ini bisa didapatkan oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Erick Thohir lalu mengunjungi apotek di kawasan Matraman. Menteri BUMN ini juga menanyakan stok obat terapi COVID-19 ke pengurus apotek tersebut. Selain menanyakan ketersediaan obat, Erick juga menanyakan harga antivirus terapi COVID-19 di apotek tersebut. Setelah itu, Menteri BUMN mengunjungi apotek Kimia Farma di kawasan Tebet.

"Saya memastikan ketersediaan obat untuk terapi penanganan Covid 19 dan juga terapi pencegahan di Apotek Kimia Farma. Selain ketersediaan obat, harga yang beredar di pasaran juga harus sesuai dengan aturan Kemenkes dan BPOM, dan hanya bisa diperoleh melalui resep dokter," tulis Erick di caption postingannya ini.

Lalu pada 13 Juli, Erick meninjau industri Krakatau Steel. Menteri BUMN ini menyapa pekerja yang sedang sedang bekerja. Dia juga menyemangati para pekerja.

2. Erick berbincang dengan petani dan kagum dengan bantuan relawan

Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? capture postingan Menteri BUMN Erick Thohir di Instagram-nya @erickthohir (dok:istimewa)

Pada postingan 6 Juli 2021, Erick memberikan bantuan traktor ke petani. Tidak diketahui di mana bantuan ini diberikan. Dia lalu berbincang dengan seorang petani.

"Jadi Pak Ujang, sebelum ada traktor, satu hektare itu perlu ada berapa hari?" tanya Erick. "Satu bulanan Pak, itu tenaga orang empat. Alhamdulillah, adanya traktor meringankan tenaga penyangkul," jawab pria itu.

Setelah itu, Erick berbincang dengan beberapa orang sambil duduk. Erick lalu mengatakan Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN akan berusaha membantu petani dalam bekerja.

Lalu, di postingan pada 12 Juli 2021, Erick mengunjungi Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Erick pun berbincang dengan relawan yang ada. "Setiap hari bagi makanan?" tanya Erick. "Iya, kirimkan ke yang sedang isoman, Pak. Sehari dua kali, jadi yang siang dan malam," jawab pria itu.

Erick mengaku malu. Dia tak percaya dengan hal yang dilakukan relawan ini.

"Saya malu jadinya. Malu dalam arti, ini lho, bahwa kadang-kadang kita harus berbuat lebih lagi. Kalau rakyat sama rakyat aja bantu, apalagi kita di pemerintahan, gitu kan. Harusnya bisa lebih baik lakukan yang terbaik," ucap Erick.

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Erick Thohir Wanti-wanti Tetap Waspada

3. Cek pelaksanaan vaksinasi dan mendatangi rumah karyawannya yang isoman

Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? capture postingan Menteri BUMN Erick Thohir di Instagram-nya @erickthohir (dok:istimewa)

Menteri BUMN ini juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di stasiun. Erick berbincang dengan seorang pria yang sedang disuntikkan vaksin. "Sakit gak?" tanya Erick. "Kaget aja," jawab pria itu. Erick lalu tertawa.

Pada postingannya 16 Juli ini, video Erick tampak diedit dengan tambahan-tambahan suara. Postingan ini ditonton 91.568 kali.

Erick juga memposting kunjungannya ke rumah karyawannya yang sedang melakukan isoman pada 24 Juli lalu. Sesampainya di sana, Erick bertanya kondisi karyawannya dari luar rumah. Karyawannya yang isoman ini menemui Erick dari lantai atas rumahnya.

"Kapan terakhir swab?" tanya Erick. "Hari Kamis kemarin, Pak," jawab perempuan itu. Karyawan Erik ini mengatakan tes swab-nya sudah negatif.

"Oh alhamdulilah dong. Obat-vitaminnya masih ada?" timpal Erick. "Masih, Pak," ujar karyawan Erick.

Menteri BUMN ini tampak bercanda dengan karyawannya. "Ini kayak Romeo dan Juliet nih kita. Aku kasihkan bunganya untukmu," ucap Erick.

Setelah itu, Erick memberikan bantuan vitamin ke karyawannya. Dia mengatakan vitamin ini harus diberikan juga ke tetangganya yang membutuhkan.

Erick lalu pergi dan mengunjungi dua karyawan BUMN lainnya yang sedang isoman. Bantuan vitamin juga diberikan ke dua karyawannya ini. Erick mengatakan vitamin ini harus diberikan juga ke tetangganya juga yang membutuhkan.

4. Erick borong dagangan penjual warung kelontong

Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? capture postingan Menteri BUMN Erick Thohir di Instagram-nya @erickthohir (dok:istimewa)

Pada postingan Erick 28 Juli, dia mengunjungi penjual pisang tanduk, Bromo, di kawasan Srengseng, Jakarta Barat. Erick lalu berbincang dengan Bromo dan bertanya tentang penjualan pisang tanduk ini selama pandemik COVID-19. Menteri BUMN ini lalu memesan pisang.

"(Saya pesan) 50 kotak, bapak bagi ke tetangga bapak yang membutuhkan," ucapnya yang dijawab terima kasih oleh Bromo.

Erick lalu memposting lagi pada 5 Agustus. Menteri BUMN ini mendatangi sejumlah penjual warung. Erick lalu memborong dagangan penjual ini dan meminta barang yang dibelinya ini diberikan ke warga sekitar.

"Kalau ditanya bilang aja 'ada orang gila nyuruh-nyuruh'," ucap Erick. Penjual warung ini tertawa mendengar ucapan Menteri BUMN ini.

Baca Juga: Erick Thohir Jamin Stok Obat Aman Sampai September

5. Apa kata pengamat soal aksi 'blusukan' Erick Thohir?

Erick Thorir 'Blusukan' di Tengah Kunkernya, Mau Ikut Pilpres 2024? Menteri BUMN Erick Thohir, Istagram/@erickthohir

Dihubungi terpisah, pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai Erick Thohir sedang 'menjual' namanya. Erick dinilai ingin mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

"Iya dia itu pengin cawapres lah. Bukan capres, kalau capres berat. Dia pengin maju sebagai cawapres gitu," ujar Ujang saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

"Makanya ketika dia jadi Menteri BUMN, akan dikapitalisasikan, digunakan untuk penciptaan. Nah itu yang sedang berlaku. Nah, Erick Thohir ini salah satu cawapres dari klaster menteri," tambahnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya