Politikus Senior PDIP soal Deklarasi Sahabat Ganjar: Jangan Genit!

Politikus PDIP sebut Sahabat Ganjar belum jelas arahnya

Jakarta, IDN Times - Sahabat Ganjar melaksanakan deklarasi serentak di 50 kota yang ada di 34 Provinsi untuk mendukung Ganjar Pranowo maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Menanggapi deklarasi ini, politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno menitipkan pesan agar relawan ini tidak 'genit'.

"Sekarang yang kita butuhkan kesejukan (politik) untuk mengatasi persoalan-persoalan besar. Kita jangan terlalu genit bermain-main dengan aksesoris kekuasaan," ujar politikus PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

1. Hendrawan belum tahu tujuan Sahabat Ganjar mendeklarasikan diri

Politikus Senior PDIP soal Deklarasi Sahabat Ganjar: Jangan Genit!Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Hendrawan menambahkan PDIP belum memutuskan akan mengusung siapa di Pilpres 2024 nanti. PDIP, lanjutnya, masih fokus untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19.

Terkait tujuan Sahabat Ganjar yang mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar di Pilpres 2024, Hendrawan mengaku belum mengetahuinya.

"Belum jelas arahnya (Sahabat Ganjar ini). Semua seharusnya ikut aturan main dan alur waktu yang pas. Tapi inilah dinamika dan dialektika politik. Ada yang sekadar meramaikan panggung atau coba-coba buka lapak. Ada yang sebagai upaya menekan-nekan pilihan, ada yang sekadar mengada-ada," dia menambahkan.

2. Melihat deklarasi Sahabat Ganjar

Politikus Senior PDIP soal Deklarasi Sahabat Ganjar: Jangan Genit!Deklarasi Sahabat Ganjar secara daring (Minggu, 22 Agustus 2021) (Dok. Sahabat Ganjar)

Sebelumnya, Sahabat Ganjar melaksanakan deklarasi serentak di 50 kota yang ada di 34 Provinsi guna mendukung Ganjar Pranowo maju pada Pilpres 2024 mendatang. Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani menjelaskan Sahabat Ganjar hadir untuk menimbulkan semangat gotong royong.

“Saat ini adalah pandemik. Kami menebarkan semangat yang selama ini digaungkan Ganjar tersebut di 50 kota pada 34 provinsi di Indonesia,” kata dia dalam konferensi pers virtual, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga: Ganjar Anggap Aplikasi Peduli Lindungi yang Dipasang di Mal Bikin Ribet

3. Ganjar disebut sosok yang ramah

Politikus Senior PDIP soal Deklarasi Sahabat Ganjar: Jangan Genit!Instagram.com/@ganjar_pranowo

Dia mengatakan bahwa deklarasi ini dilakukan untuk konsolidasi supaya bisa bersinergi dan bergerak bersama-sama sesuai visi serta misi dari Sahabat Ganjar, yakni memajukannya ke pesta politik 2024 nanti.

Sahabat Ganjar dirasa dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyebarluaskan semangat kepemimpinan Ganjar ke masyarakat luas.

"Sebagai sosok yang dekat dengan berbagai elemen masyarakat termasuk anak muda, Ganjar merupakan pemimpin yang ramah, merakyat, dinamis, dan mengedepankan dialog. Sahabat Ganjar akan secara nyata mendukung Ganjar untuk maju pada pilpres 2024," kata Lenny.

Deklarasi berdirinya Sahabat Ganjar sendiri telah dilaksanakan di Yogyakarta pada 20 Juni 2021. Kemudian diperluas hingga 34 Provinsi di 50 kota di Indonesia.

Adapun 50 kota tersebut adalah Aceh, Medan, Sumatera Barat, Pekanbaru, Riau, Batam, Kepri, Bukittinggi Sumbar, Jambi, Bengkulu, Palembang, Sumsel, Bangka Belitung, Kota Lampung, Serang (Banten), DKI Jakarta, Kota Bogor, Kuningan (Jabar), Sukabumi (Jabar), Cianjur (Jabar), Karawang (Jabar), Bandung (Jabar), Cirebon (Jabar), Semarang (Jateng), Kedu (Jateng), dan Banyumas (Jateng).

Kemudian, Solo (Jateng), Pekalongan (Jateng), Kota Jogjakarta, Mojokerto (Jatim), Bojonegoro (Jatim), Malang (Jatim), Surabaya (Jatim), Denpasar (Bal), Praya (NTB), Sabu Raijua (NTT), Manggarai (NTT), Kubu Raya (Kalbar), Banjarmasin (Kalsel), Kotabaru (Kalsel), Tarakan (Kaltara), Palangkaraya (Kalteng), Kutai Kartanegara (Kaltim), Balikpapan (Kaltim), Manado (Sulut), Makassar (Sulsel), Kendari (Sultra), Palu (Sulteng), Gorontalo, Tobelo (Maluku Utara), Ambon (Maluku), Manokwari (Papua Barat), dan Jayapura (Papua).

Baca Juga: Megawati: Kader PDIP Harus Turun ke Daerah, Jangan Pakai Joki

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya