Politisi PDIP Polisikan 2 Akun Sebar Hoaks Megawati Meninggal

Henry Yosodiningrat sebut namanya dicatut di kabar hoaks ini

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pada pekan lalu diisukan sakit hingga dilarikan ke rumah sakit. Namun PDIP memastikan kabar tersebut hoaks.

Terbaru, politikus PDIP yang juga anggota DPR, Henry Yosodiningrat melaporkan dua akun media sosial ke Polda Metro Jaya, karena merasa namanya dicatut terkait hoaks Megawati meninggal dunia.

"Secara resmi saya telah melaporkan pemilik akun Youtube 'Mahakarya Cendana' dan pemilik akun TikTok Jatim070881 yang telah memfitnah saya, dan menyebarkan berita bohong. Dengan cara membuat video rekayasa seolah-olah saya membenarkan rumor tentang wafatnya Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Henry dalam keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/4518/IX/2021/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 13 September 2021.

Baca Juga: Hadiri Acara PDIP Usai Dikabarkan Sakit, Megawati: Saya Sehat

1. Henry sebut video yang catut dirinya adalah video lama

Politisi PDIP Polisikan 2 Akun Sebar Hoaks Megawati Meninggalilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Henry menjelaskan ia datang ke Polda Metro Jaya untuk membuat laporan tersebut kemarin, ditemani dua anaknya yakni Radhitya Yosodiningrat dan Ragahdo. Dia mengatakan video hoaks Megawati yang mencatut namanya adalah rekaman gambar dirinya saat melayat Nazarudin Kiemas.

"Padahal gambar dan suara saya itu adalah rekaman gambar dan suara saya pada 2019 saat wafatnya Bapak Nazarudin Kiemas, politisi senior PDI Perjuangan (atau) adik kandung almarhum bapak Taufiq Kiemas," ucapnya.

Henry melaporkan kedua pemilik akun itu dengan Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016, tentang ITE dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

2. Megawati membantah dirinya sakit

Politisi PDIP Polisikan 2 Akun Sebar Hoaks Megawati MeninggalANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menepis kabar tentang kondisinya yang memburuk hingga dilarikan ke rumah sakit. Megawati menegaskan dirinya sehat sehingga bisa menghadiri acara Sekolah Partai Pendidikan untuk Kader Madya yang digelar PDIP.

Menurut Megawati, kabar yang beredar soal kesehatannya itu berlebihan. Apalagi sempat beredar juga gambar seseorang yang tengah terbaring di tempat tidur rumah sakit dan dikabarkan itu adalah Megawati.

"Saya bilang ke sekretaris, jangan ngamuk-ngamuk, biarkan saja. Kita kan ada yang punya, serahkan saja pada yang punya. Mereka mungkin lupa. Sampai membuat sebuah hoaks yang sangat mengarah kepada suatu berlebihan. Kehidupan manusia sudah ada yang punya," ujar Megawati seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube PDI Perjuangan, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga: PDIP Tegaskan Megawati Sehat, Bantah Hoaks yang Beredar

3. Megawati minta kadernya solid melawan hoaks

Politisi PDIP Polisikan 2 Akun Sebar Hoaks Megawati MeninggalIDN Times/Sukma Shakti

Megawati lalu mengingatkan kader PDIP agar tetap solid dan teguh. Sebab, hal itu bisa menjadi perisai untuk mengalahkan hoaks yang beredar.

"Kalian dari seluruh kader, seluruh petugas partai, simpatisan, itu tetap harus teguh, solid. Itu gak ada, tidak ada sebuah hal yang dapat menggempur hal seperti itu karena yang namanya soliditas, teguh sabar, tegar, adanya di sini. Jadi bukan dinding yang bisa dijebol dan sebagainya," tutur Megawati sambil menunjuk ke dadanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya