Temui Ketua DPD La Nyalla, Panglima  TNI Andika Perkasa Bahas Papua? 

Andika mengaku ke Papua pekan depan

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa datang ke rumah Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Dia mengaku menemui La Nyalla untuk memperkenalkan diri dan memahami tugas pokok dan fungsi sebagai Panglima TNI.

Andika datang ke rumah dinas La Nyalla di Jl Denpasar Blok C3, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, sekitar pukul 16.38 WIB, Rabu (24/11/2021). Sesampainya, Andika disambut langsung oleh La Nyalla dan jajarannya. Usai saling sapa, keduanya masuk ke dalam. Pertemuan digelar tertutup.

"Sore ini saya diterima karena memang saya yang memohon waktu untuk menghadap kepada Ketua DPD RI, karena saya ingin pertama, memperkenalkan diri secara resmi dan kemudian yang kedua, mungkin ada hal-hal yang perlu saya ketahui dalam hubungannya dengan tugas pokok dan fungsi saya sebagai Panglima TNI," kata Andika usai bertemu La Nyalla.

"Jadi sifatnya benar-benar kita ingin belajar dalam rangka orientasi saya di jabatan yang baru. Intinya di situ," dia menambahkan.

Baca Juga: Ditemui Panglima TNI Andika, Kapolri Bahas Pola Baru Penanganan KKB

1. Andika beri penjelasan soal Papua pekan depan

Temui Ketua DPD La Nyalla, Panglima  TNI Andika Perkasa Bahas Papua? Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti memberikan keterangan pers, di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Dalam pertemuan itu, Andika mengatakan, tidak membahas masalah Papua dengan La Nyalla. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menerangkan, akan memberi penjelasan soal penanganan di Papua pekan depan.

"Tidak ada, tidak ada sama sekali (membahas Papua) karena memang fokus. Iya fokus, tetapi sesuai dengan janji saya, paling lambat nanti setelah saya tiba di Papua minggu depan. Tapi yang jelas saya sudah menyiapkan dan saya pasti akan menjelaskan, paling lambat minggu depan," ucapnya.

Saat disinggung bagaimana penanganan TNI di perairan Natuna, Andika belum memberi penjelasan rinci.

"Nah iya, itu kan juga saya lagi orientasi, pasti nanti. Itu sesuatu hal yang memang menjadi fokus saya juga," dia menambahkan.

2. Andika tegaskan dirinya masih orientasi

Temui Ketua DPD La Nyalla, Panglima  TNI Andika Perkasa Bahas Papua? Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Saat disinggung apakah dia akan pergi ke Papua karena inisiatif sendiri atau diminta mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Andika kembali mengatakan, sedang orientasi. Menjadi Panglima TNI, sambungnya, memiliki tanggung jawab yang besar.

"(Saya ke Papua karena) orientasi, jadi saya rasa semua pejabat juga harus memahami walaupun sudah lama menjadi perwira angkatan darat, kan dengan tugas yang lebih besar, tanggung jawab yang lebih luas, kita juga perlu tahu," kata Andika.

Menurut Andika, orientasi akan dilakukan sebanyak mungkin sambil bekerja sebagai Panglima TNI.

Baca Juga: Wapres Resmikan Pembangunan BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat  

3. Andika juga bertemu Kapolri bahas pola baru penanganan KKB di Papua dan Poso

Temui Ketua DPD La Nyalla, Panglima  TNI Andika Perkasa Bahas Papua? Ilustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Andika Perkasa menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Selasa (23/11/2021). Pertemuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah pola baru, yang akan diterapkan dalam penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dan Poso.

"Kita mengubah pola-pola penanganan terhadap beberapa gangguan kriminalitas seperti di Papua dan Poso," kata Sigit setelah bertemu Panglima TNI di Mabes Polri.

Sementara, Andika mengaku sudah membahas secara detail mengenai pola baru penanganan KKB di Papua dan Poso. Dalam waktu dekat ini, Panglima TNI berencana mengunjungi Papua untuk membahas pola tersebut.

"Mudah-mudahan minggu depan saya akan ke Papua. Saya akan umumkan di sana. Pasti itu, tadi utamanya itu tadi, termasuk itu (penanganan KKB)," ujar Andika dalam kesempatan yang sama.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya