Comscore Tracker

Wakil Ketua DPR Lodewijk: Lihat Film G30S/PKI sebagai Seni

Lodewijk tidak ingin isu PKI atau komunis bergulir terus

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus bicara mengenai PKI atau komunis di Indonesia. Dia ingin film Gerakan 30 September 1965 atau lebih dikenal G30S/PKI yang masih ditayangkan sejumlah orang atau kelompok, hanya dianggap sebagai seni.

"Kita lihat saja film itu sebagai seni. Itu produk seni aja sudah, jangan terlalu dalam melihatnya," kata Lodewijk di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim Doa

1. Lodewijk tak mau isu PKI selalu bergulir setiap tahun

Wakil Ketua DPR Lodewijk: Lihat Film G30S/PKI sebagai SeniWakil Ketua DPR, Lodewijk F Paulus setelah pelantikan di Gedung MPR/DPR RI pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Lodewijk mengatakan sebuah ideologi tidak akan hilang, termasuk komunis. Politikus Partai Golkar ini menyebut komunis atau PKI memiliki sejarah kelam di Indonesia.

Lodewijk tidak ingin komunis muncul kembali di Tanah Air. Namun, dia juga tidak mau bila isu komunis atau PKI selalu bergulir setiap tahun hingga memunculkan kegaduhan.

"Tapi jangan juga menjadi alasan itu kita selalu gaduh setiap masuk tanggal hari ini. Ini seperti penyakit tahunan jadinya. Setiap mau tanggal 30 gaduh dengan isu yang sama. Coba, ada isu baru gak, tidak ada. Tapi selalu digulirkan (isu PKI) menjelang 30 September," ucap mantan Danjen Kopassus itu.

2. TV One dan MNC TV tayangkan film G30S/PKI

Wakil Ketua DPR Lodewijk: Lihat Film G30S/PKI sebagai SeniIlustrasi korban massal G30S/PKI (IDN Times/Rosa Folia)

Sebelumnya, TvOne dan MNC TV berencana kembali menyiarkan film gerakan 30 September (G30S). Jadwal promosi film tersebut sudah ditayangkan di media sosial masing-masing.

MNC TV lebih dulu menayangkan film G30S. Stasiun TV milik Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo ini rencananya bakal menayangkan film G30S pada Rabu (29/9/2021) pukul 19.45 WIB. Sementara, TvOne baru tayang pada Kamis, 30 September 2021 pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Mengenang G30S/PKI, Peristiwa Kelam Sejarah Bangsa Indonesia

3. Peringati G30S, Aa Gym ajak masyarakat berdoa

Wakil Ketua DPR Lodewijk: Lihat Film G30S/PKI sebagai SeniPatung Pahlawan Revolusi yang berada di Museum Pancasila Sakti/Lubang Buaya yang berada di Jakarta Timur (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Sementara, pendakwah kondang asal Jawa Barat Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym mengajak masyarakat mengirimkan doa secara serentak kepada para korban keganasan PKI, untuk memperingati peristiwa G30S/PKI.

Ajakan ini disampaikan Aa Gym melalui akun Instagram-nya @aagym. Ajakan itu juga dilakukan berdasarkan surat imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung.

Berdasarkan surat MUI Kota Bandung, Aa Gym, mengatakan pada Kamis (30/9/2021) malam, ba’da maghrib, masyarakat diharapkan turut mengirimkan doa bersama untuk para pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia.

"Juga kita memohon perlindungan Allah SWT agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, dan keberkahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semoga Allah SWT meridoi doa bersama kita untuk keselamatan bangsa," tulis Aa Gym, di caption unggahanya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya