Comscore Tracker

Benahi Kemenkumham, Edward Hiariez Segera Bagi Tugas dengan Yasonna

Edward akan identifikasi masalah di tubuh Kemenkumham

Jakarta, IDN Times - Edward Komar Syarif Hiariez resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham). Proses pelantikan itu dilakukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Sebelumnya, Edward mengaku sudah dihubungi oleh Mensesneg Pratikno untuk mengisi posisi sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM pada Senin (21/12/2020) lalu.

"Saya kebetulan dihubungi Bapak Menteri Sekretaris Negara, Prof. Pratikno pada Senin (21/12/2020) dan diminta untuk datang ke Jakarta karena direncanakan pada Rabu (23/12/2020) ini akan ada pelantikan sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia," ujar Edward di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

1. Edward siap membantu Menkumham Yasonna Laoly

Benahi Kemenkumham, Edward Hiariez Segera Bagi Tugas dengan YasonnaMenteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Bertugas sebagai Wamenkumham, Edward mengaku siap membantu Kemenkumham yang sekarang, Yasonna Laoly. Ia juga mengaku sudah bertatap muka dengan Yasonna, meski pada akhirnya tidak banyak yang mereka bicarakan.

"Tugas Wamen itu berdasarkan UU Kementerian Negara sudah barang tentu membantu menteri. Saya tadi baru kurang lebih 15 menit bertemu dengan Prof. Yasonna Laoly sebagai Menkumham, kami belum bicara lebih banyak karena beliau ada rapat dengan Menkopolhukam pada jam 11 ini," ujar Edward

"InsyaAllah pada Senin (28/12/2020) nanti, kami akan berkoordinasi karena tugas dari Wamen itu adalah membantu Menteri. maka Pak Menteri dan saya akan melakukan pembagian tugas mana yang akan beliau tangani dan mana yang akan saya tangani atau apa yang akan saya bantu kepada beliau," tambahnya.

Baca Juga: Profil Wamenhumham Edward Komar Syarif Hiariez, Pernah Tak Lulus UMPTN

2. Edward akan melakukan identifikasi masalah krusial di Kemenkumham

Benahi Kemenkumham, Edward Hiariez Segera Bagi Tugas dengan YasonnaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sebagai orang baru di Kemenkumham, selain nantinya membantu Menkumham, Edward mengaku akan melakukan identifikasi terkait masalah-masalah yang ada di Kemenkumham.

Ke depannya, ia juga akan berkomunikasi dengan Menteri mengenai direktorat mana yang harus diperbaiki di Kemenkumham, serta direktorat mana yang sudah baik dan mesti ditingkatkan lagi performanya.

"Sebagai orang baru yang masuk ke Kemenkumham, saya akan mempelajari, mengidentifikasi lebih dulu kira-kira masalah apa yang cukup krusial di Kemenkumham. Kalau kita ketahui bersama ada beberapa direktorat di Kemekumham, ada Ditjen Imigrasi, Ditjen Hak Asasi Manusia, Ditjen Hak Atas Kekayaan Intelektual, Ditjen Administrasi Hukum Umum, dan Ditjen Permasyarakatan," ujar Edward.

Dia mengatakan, tentunya di masing-masingDitjen punya masalah tersendiri, sehingga masalah perbaikan di tataran direktorat Kemenkumhamharus dikoordinasikan bersama Menkumham.

"Kami belum bicara detail mengenai tupoksi dan apa yang menjadi tugas saya," lanjutnya.

3. Edward dilantik bersama empat wakil menteri yang lain

Benahi Kemenkumham, Edward Hiariez Segera Bagi Tugas dengan YasonnaPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Edward jadi satu di antara lima wakil menteri yang dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (23/12/2020). Pelantikan ini dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi di Istana Negara.

Pelantikan wakil menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Adapun kelima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:

  1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
  2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
  3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
  4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
  5. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: Profil Harvick Hasnul Qolbi, Wakil Menteri Pertanian Jokowi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya