Bertemu Surya Paloh, Anies Belum Ucapkan Hormati Putusan MK

Amanat sebagai capres telah dilaksanakan Anies

Jakarta, IDN Times - Pertemuan calon presiden (capres) 01 Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh tuntas pada Senin (22/4/2024) petang. Namun, Anies belum mengeluarkan pernyataan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Sikap Anies ini berbeda dengan pasangan capres-cawapres 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang sudah menghormati keputusan MK. Hingga Senin (22/4/2024) petang, dia masih belum menelurkan pernyataan itu. 

Ditemui rekan-rekan media di NasDem Tower selepas pertemuan, Anies justru mengaku hanya bersilaturahmi kepada para partai pengusung di Pilpres 2024. Tak ada yang khusus dalam pertemuan dengan Surya Paloh. 

Mengenai apa yang disampaikan, Anies tak mau bicara terlalu gamblang. Dia mengatakan, silaturahmi ini hanya sebatas caranya menyampaikan pada partai pengusung, bahwa amanat menjadi capres sudah dilaksanakan.

"Ini saya bersilaturahmi dengan partai pengusung, mampir ke Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, habis ini saya ke PKB, dan besok saya rencananya akan ke PKS," ujar Anies. 

MK telah menolak seluruh permohonan yang didalilkan kubu paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam sengketa Pilpres 2024. Putusan itu dibacakan Ketua MK Suhartoyo.

"Mengadili, dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan menolak pemohon untuk seluruhnya," ujar Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Sebelumnya, MK juga menolak seluruh gugatan paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Meski begitu, ada tiga hakim konstitusi menyatakan pendapat yang berbeda dari mayoritas hakim. Mereka adalah Wakil Ketua MK Saldi Isra, Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih, dan Hakim Konstitusi Arief Hidayat.

Baca Juga: Jumpa Surya Paloh, Anies: Cuma Silaturahmi dengan Pengusung

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya