Dikelola Khusus, Sampah Selama Formula E Digelar Bakal Didaur Ulang

Formula E memiliki prinsip sustainability

Jakarta, IDN Times - Formula E, bekerja sama dengan Waste4Change, berkolaborasi dalam hal pengelolaan sampah. Hal itu tak lepas dari prinsip balapan Formula E yang memang mengedepankan sustainability dan juga kendaraan yang ramah lingkungan.

Senior Sustainability Manager FIA Formula E Iona Neilson mengatakan, pihaknya menerapkan prinsip sustainability secara holistik dan ingin Formula E di Jakarta sejalan dengan prinsip itu. Alhasil, perihal pengelolaan sampah, pihaknya ingin mendaur ulang semaksimal mungkin.

“Kami mau memastikan di mana sampah itu berakhir. Dengan berkolaborasi dengan Waste4Change, kami bisa lihat sendiri proses daur ulang sampah itu sangat komprehensif dan juga sudah sesuai framework Formula E,” ujar Neilson saat berkunjung ke Sirkuit Ancol, Jakarta, Rabu (1/6/2022). 

 

Baca Juga: Formula E DKI Pakai Genset dari Perusahaan Subholding Pertamina

1. Ingin mengedukasi pengunjung Formula E soal pengelolaan sampah

Dikelola Khusus, Sampah Selama Formula E Digelar Bakal Didaur UlangSalah satu mobil balap yang akan mengaspal di Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Untuk mendukung pengelolaan sampah, Neilson mengatakan bahwa ada sejumlah unsur yang ingin dihadirkan dan dicapai oleh Formula E, seperti menghadirkan sebuah solusi operasional yang menunjang pengelolaan sampah.

Melalui operasional ini, Formula E ingin mengedukasi pengunjung. Edukasi itu berupa pemilahan sampah hingga daur ulang, membantu relawan untuk mengedukasi pengunjung, hingga akhirnya muncul kesadaran soal pentingnya pengelolaan sampah.

“Ada banyak sinergi antara kita semua, kami mencapai tujuan bersama. Kami benar-benar ingin meningkatkan kesadaran tentang pengelolaan dan daur ulang sampah. Kami ingin mempercepat perubahan positif ini tercipta,” ujar Neilson.

2. Waste4Change senang dengan kolaborasi ini

Dikelola Khusus, Sampah Selama Formula E Digelar Bakal Didaur UlangIlustrasi Formula E (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Head Of Strategic Services Waste4Change Adhitya Prayoga mengatakan, pengelolaan sampah harus terus dilakukan dengan masif mengingat degradasi atau kerusakan lingkungan terjadi begitu cepat.

Prinsip sustainability Waste4Change inilah yang sejalan dengan Formula E. Alhasil, Waste4Change mendukung gelaran Formula E di Jakarta. Adhitya pun mengaku senang bisa berkolaborasi dan sangat senang mendukung gelaran Formula E Jakarta.

"Saya harap acara-acara selanjutnya bisa melihat ini sebagai contoh bahwa acara-acara selanjutnya harus bertanggung jawab agar tak membebankan Bumi," ujar Adhitya.

Baca Juga: Mau Tukar Tiket Formula E Jakarta 2022? Ini Caranya

3. Formula E dihelat di Jakarta pada 4 Juni

Dikelola Khusus, Sampah Selama Formula E Digelar Bakal Didaur UlangAhmad Sahroni menunjukkan salah satu mobil balap di Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Sebagai informasi, Formula E di Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang. Balapan ini akan digelar di Jakarta International Circuit, yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Bagi pengunjung yang sudah membeli tiket Formula E 2022 Jakarta, bisa langsung melakukan penukaran tiket di beberapa lokasi. Khusus hari H balapan, penukaran tiket bisa dilakukan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya