Menhub Setujui Pembukaan Rute Penerbangan Palembang-Bali

Menhub setujui usulan Pj Gubernur Sumsel

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyetujui usulan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Agus Fatoni, untuk membuka rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali.

Hal ini diungkapkan dalam audiensi pembahasan reaktifasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

“Jadi yang kita pastikan buka rute penerbangan itu Bali dan Batam, ya,” ucap Budi dalam keterangan resminya, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Kemenhub Sebut Airbus Bakal Kembangkan Industri Penerbangan di RI

1. Sudah ada penerbangan rute Palembang-Batam

Menhub Setujui Pembukaan Rute Penerbangan Palembang-BaliPJ Gubernur Sumsel, Agus Fatoni bersua Menhub Budi Karya Sumadi. (Dok. Pemprov Sumsel)

Saat ini, sudah terdapat rute penerbangan yang melayani langsung rute Palembang-Batam, namun belum terlalu banyak. Karena itu, Menhub memastikan akan ada penambahan rute penerbangan baru untuk destinasi tersebut.

Sebelumnya, Fatoni mengusulkan pembukaan rute penerbangan baru, yaitu Palembang-Bali, Palembang-Batam, Palembang-Singapura, dan Palembang-Batam. Hal ini dikarenakan permintaan yang cukup tinggi, terutama saat perayaan Hari Raya Imlek.

“Kami ingin mengajukan penambahan rute penerbangan, pertama ke Bali, Batam, Singapura, dan Malaysia. Data kami dengan manajer bandara itu kemarin cukup tinggi permintaan ke sana cukup banyak,” ucap Fatoni.

2. Beriringan dengan aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Menhub Setujui Pembukaan Rute Penerbangan Palembang-BaliPJ Gubernur Sumsel, Agus Fatoni bersua Menhub Budi Karya Sumadi. (Dok. Pemprov Sumsel)

Melalui kesempatan ini, Fatoni juga mengharapkan aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan secepatnya. Menurutnya, kehadiran bandara ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

“Kami sampaikan kebutuhannya sangat besar juga potensinya sangat besar dan bandara juga sudah siap. Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat dan Pemda siap mendukung ini,” jelasnya.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Tegaskan Bakal Kurangi Emisi Penerbangan 

3. Ada enam kabupaten/kota merasakan manfaat

Menhub Setujui Pembukaan Rute Penerbangan Palembang-BaliPJ Gubernur Sumsel, Agus Fatoni bersua Menhub Budi Karya Sumadi. (Dok. Pemprov Sumsel)

Nantinya, ada enam kabupaten/kota yang akan merasakan manfaat Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Salah satu faktornya adalah karena lokasi bandara ini berada di perbatasan antara Provinsi Sumatra Selatan dan Lampung.

“Yang menerima manfaat hadirnya bandara ini cukup banyak, ada enam kabupaten dan kebetulan posisinya ini ada di perbatasan Sumsel dan Lampung. Yang terdekat justru itu di Kabupaten OKU Timur ibu kotanya Martapura, kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muara Dua kemudian Lampung Barat,” jelas Fatoni.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya