Pesan Perpisahan dari Ridwan Kamil, Titipkan Eril di Sungai Aare

Emil sudah ikhlaskan kepergian Eril

Jakarta, IDN Times - Ridwan Kamil menulis sebuah surat perpisahan untuk anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz. Surat itu dia tuangkan dalam akun Instagram pribadinya, seiring dengan Eril, sapaan akrab Emmeril, yang dinyatakan wafat.

Dalam surat itu, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengikhlaskan kepergian Eril. Dia pun meminta masyarakat memaafkan Eril, jikalau semasa hidupnya, Eril pernah melakukan kesalahan.

"Dengan ini kami secara resmi mengikhlaskan dan melepaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahm Mumtadz. Mohon maaf jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Emil.

Baca Juga: Ihklaskan Emmeril, Ridwan Kamil Salat Gaib di Tepi Sungai Aare 

1. Emil sudah mengumandangkan adzan di Sungai Aare

Pesan Perpisahan dari Ridwan Kamil, Titipkan Eril di Sungai AareInstagram.com/emmerilkahn

Dalam unggahan yang sama, Emil pun berujar mengumandangkan adzan di Sungai Aare. Dia pun memanjatkan doa di hadapan Sungai Aare, yang jadi tempat peristirahatan terakhir sang anak.

"Engkau (Sungai Aare) sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya di sisi Allah SWT. Berjanjilah padaku, wahai sungai Aare," tulis Emil.

Baca Juga: Keluarga Ridwan Kamil: Kami Mohon Maaf Jika Ada Kesalahan dari Emmeril

2. Emil akan mengadakan doa bersama

Pesan Perpisahan dari Ridwan Kamil, Titipkan Eril di Sungai AareRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Lebih lanjut, Emil mengungkapkan bahwa dia dan keluarganya sudah pulang ke Tanah Air. Dia mengajak masyarakat untuk mengadakan doa bersama di Gedung Pakuan Bandung, pada Sabtu (4/6/2022).

"Kami sekeluarga sudah kembali ke Tanah Air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur, bada asar, Sabtu (4/6/2022), bagi yang berkenan di Gedung Pakuan Bandung," tulis Emil.

Baca Juga: Eril Dinyatakan Wafat Tenggalam, Polri Tetap Pantau Pencarian

3. Eril dinyatakan sudah meninggal dunia

Pesan Perpisahan dari Ridwan Kamil, Titipkan Eril di Sungai AareAnak Ridwan Kamil (instagram.com/emmerilkahn)

Kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan, saat ini kondisi adiknya berserta keluarga sudah menerima apa yang terjadi di Swiss. Itu tidak terlepas dari upaya pencarian yang dilakukan banyak pihak termasuk oleh Ridwan Kamil sendiri.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun. Sesungguhnya semua makhluk bernyawa akan merasakan kematian. Seperti kami sampaikan bahwa berdasarkan evaluasi pencarian Eril, kami pastikan semua ikhtiar ini dilakukan secara maksimal," kata Erwin dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Jumat (3/6/2022).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya