Rute TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Diuji Coba Hari Ini

Selama uji coba, berlaku tarif gratis

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan uji coba terhadap rute TransJakarta Kalideres-Bandara Soekarna Hatta (Soetta) pada Rabu (5/7/2023) pagi WIB. Akan ada lima unit pertama yang dicoba.

"Mulai besok (Rabu (5/7/2023) pukul 07.30 WIB, berangkat dari Terminal Kalideres. Telah disiapkan lima unit bus dengan headway (jarak waktu) 20 menit," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dilansir ANTARA.

1. Tak akan dikenakan tarif alias gratis

Rute TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Diuji Coba Hari IniIlustrasi bus listrik Transjakarta (Transjakarta.co.id)

Syafrin berkata, selama uji coba ini, penumpang tidak akan dikenakan tarif alias gratis. Rencananya, akan ada dua waktu layanan yang diterapkan, yakni pagi hari dan malam hari.

"Rencananya akan ada dua waktu layanan, pertama pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB, lalu kedua pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujar Syafrin.

Baca Juga: Selama Uji Coba TransJakarta Rute Kalideres-Soetta Masih Gratis

2. Waktu tempuh pulang pergi berkisar 90 menit

Rute TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Diuji Coba Hari IniTransJakarta/Dok. Humas Transjakarta

Waktu tempuh dari Kalideres menuju Bandara Soetta membutuhkan waktu 90 menit pulang pergi, serta 45 menit sekali perjalanan. Akan ada beberapa pemberhentian bus juga yang disiapkan.

"Tentu nanti ada beberapa perhentian bus yang kita siapkan di lintasan, karena kan tidak masuk tol. Sedangkan armada yang dipakai, menggunakan bus berlantai rendah (lower deck)," kata Syafrin.

3. Ada 18 pemberhentian di rute ini

Rute TransJakarta Kalideres-Bandara Soetta Diuji Coba Hari IniTransJakarta/Dok. Humas Transjakarta

Terdapat sejumlah pemberhentian bus ke arah Soetta. Untuk dari Kalideres ke Soetta, bus melewati Halte Kalideres 1, Pos Polisi Daan Mogot Baru, RSUD Kalideres, SMAN 84, Simpang Jalan Peta Selatan, Sekolah Kairos Garcia, Jalan Citra Garden VII.

Lalu lanjut ke Jalan Alam Raya, Jalan Rawa Lele, Jalan Rawa Lele 1, SMPN 186, Seberang Jalan Peta Barat 1, Jalan Husen Sastranegara 2, Jalan Husen Sastranegara 1, Gerbang Soetta 1, Seberang Sowan Wisata Belanja, Jalan Cengkareng Golf Club 1, Soewarna Foodhall 1, Jalan Cengkareng Golf Club 3, Terminal Kargo 1, Terminal Kargo 2, Perkantoran Soekarno-Hatta

Sementara itu, daftar pemberhentian bus dengan tujuan ke Kalideres dari Soetta melewati Perkantoran Soetta, Stasiun KA Bandara, Imigrasi Soekarno-Hatta, Bundaran Kargo, Simpang Rawa Kompeni Raya Perancis, Jalan Peta Barat 1, Seberang SMPN 186

Lalu ke Seberang Jalan Rawa Lele 1, Jalan Peta Barat, Masjid Jami Almarhumah, Seberang Jalan Alam Raya, Seberang Jalan Citra Garden VII, Jalan Peta Utara, Simpang Jalan Peta Selatan, SMK Jakarta 1, Pasar Hari Hari Kalideres, Seberang RS Mitra Keluarga Kalideres, Seberang Heinz ABC Kalideres, Seberang Gang Bali III Kalideres, Komplek Polri Kalideres, Halte Kalideres 1.

Baca Juga: TransJakarta akan Buka Rute Bandara Soetta, Masyarakat Umum Bisa Naik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya