5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan Terikat

Ia terlihat memeluk Putri Candrawathi di lokasi rekonstruksi

Jakarta, IDN Times - Momen yang dinantikan oleh publik akhirnya terjawab pada Selasa, (30/8/2022). Dalam rekonstruksi ulang, mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, ditunjukkan ke pulik dengan mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

Di sisi sebelah kiri baju Sambo tertulis tahanan nomor 052 dan berkerah putih. Sementara, kedua tangannya diikat dengan tali plastik. Tali tersebut digunakan untuk menggantikan borgol. 

Ia tiba di rumah pribadinya di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan dengan menggunakan mobil rantis Brimob Polri. Namun, ia ke rumah bukan untuk pulang dan beristirahat. Melainkan menjalani reka adegan pembunuhan berencana terhadap ajudannya sendiri, Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada 8 Juli 2022 lalu. 

Sambo menjadi dalang utama dalam pembunuhan keji itu. Di rumah itu, ia juga bertemu sang istri, Putri Candrawathi. Sama seperti Sambo, Putri juga ditetapkan oleh timsus Polri sebagai tersangka pembunuhan berencana. 

Selain Putri dan Sambo, turut dihadirkan pula tiga tersangka lain dan sejumlah saksi. Ketiga tersangka itu adalah Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan asisten rumah tangga Kuat Ma'ruf. 

Apa yang dialami oleh Sambo pada hari ini merupakan ironi. Sebab, ketika dulu menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Mabes Polri, justru Sambo lah yang memimpin reka adegan tindak pidana. 

Berikut lima foto Sambo yang diabadikan oleh IDN Times di lokasi dan mengambil dari tayangan video Polri TV. 

1. Sambo tiba di rumah pribadi dengan mengenakan baju berkelir oranye dan tulisan 'tahanan Bareskrim Polri'

5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan TerikatTersangka Ferdy Sambo tiba di rumah pribadi di Jalan Saguling III untuk mengikuti reka adegan pada Selasa, 30 Agustus 2022. (Tangkapan layar YouTube Polri TV)

Baca Juga: Masuk Adegan TKP Duren Tiga, Ferdy Sambo Tiba dengan Tangan Diikat

2. Saat reka adegan, Ferdy Sambo didampingi kuasa hukumnya Arman Hanis. Kedua tangan Sambo terikat tali plastik

5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan TerikatTersangka Ferdy Sambo duduk mengenakan baju tahanan dan didampingi kuasa hukum Arman Hanis di rumah pribadi saat reka adegan, Selasa, 30 Agustus 2022. (Tangkapan layar YouTube Polri TV)

3. Putri membantu memasangkan masker ke wajah sang suami, Ferdy Sambo

5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan TerikatMomen Putri Candrawathi pasangkan masker Ferdy Sambo di sela reka adegan pembunuhan Brigadir J, Selasa (30/8/2022). Foto: IDN Times/Irfan Fathurohman.

4. Ferdy Sambo terlihat memeluk dan mencium kening sang istri dalam reka adegan di rumah pribadi

5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan TerikatTersangka pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi terlihat dipeluk oleh sang suami, Ferdy Sambo. (Tangkapan layar/Polri TV)

5. Ferdy Sambo dibawa ke lokasi reka adegan dengan mobil rantis Brimob dari Kelapa Dua

5 Potret Ferdy Sambo Akhirnya Kenakan Baju Tahanan dan Tangan TerikatFerdy Sambo melakukan adegan rekonstruksi penembakan Brigadir J di lokasi kejadian pada Selasa (30/8/2022). (youtube.com/Polri TV Radio)
https://www.youtube.com/embed/TeFW8PrEOig

Baca Juga: Ferdy Sambo Dinilai Coba Mengulur Waktu Lewat Banding Sidang Etik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya