6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan Bajo

KTT ASEAN putaran pertama dihelat pada 9 Mei-11 Mei 2023

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memanfaatkan libur Lebaran 2023 untuk berlibur sekaligus mengunjungi persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi yang tiba pada Sabtu, 22 April 2023 mengajak keluarga besarnya, termasuk cucu-cucunnya.

Ini merupakan kali pertama mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak keluarga berlibur ke Labuan Bajo. Pada Idul Fitri 2022, Jokowi mengajak cucu ke Istana Kepresidenan di Yogyakarta.

Mengutip keterangan resmi dari Sekretariat Presiden, Jokowi juga memanfaatkan kunjungan ke Labuan Bajo untuk meninjau kesiapan daerah menerima kehadiran kepala negara Asia Tenggara itu. Sebab, pada 9 Mei-11 Mei 2023, Labuan Bajo bakal menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN. 

"Presiden meninjau Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai, lalu juga melihat sejumlah lokasi yang perlu dipercantik untuk menyambut para tamu dari negara-negara ASEAN yang akan hadir di Labuan Bajo," demikian isi keterangan tertulis itu, yang dikutip pada Senin (24/4/2023). 

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan Jokowi ingin agar semua tempat wisata di Labuan Bajo dapat dipromosikan ketika para kepala negara ASEAN nanti hadir.

"Maka, Presiden merasa perlu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada. Agar keindahan Labuan Bajo dapat langsung disaksikan secara langsung dan dipromosikan," ungkap Bey.

Salah satu lokasi pariwisata yang dikunjungi mantan Wali Kota Solo itu adalah Gua Batu Cermin. Jokowi didampingi anak dan cucu sempat berkeliling serta berjalan kaki melihat area terbuka di Gua Batu Cermin. Ia juga mengajak keluarganya melihat Batu Payung atas. 

"Ayo, Ethes minta ke Batu Payung," kata Jokowi. 

Jokowi juga terlihat mengunjungi stan UMKM dan membeli sejumlah suvenir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT seperti kain, topi bucket, dan topi pantai.

"Saya berharap pada pelaksanaan KTT ASEAN nanti, para UMKM dapat menghadirkan suvenir dengan kualitas baik dan ciri khas daerah," tutur Presiden. 

Berikut lima potret Presiden Jokowi saat berkunjung ke lokasi yang akan dikunjungi kepala negara ASEAN yang akan dihelat pada Mei mendatang. 

1. Jokowi gandeng Jan Ethes saat menuju ke lokasi wisata Gua Batu Cermin

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoPresiden Joko "Jokowi" Widodo ajak cucu dan anak menghabiskan libur Idul Fitri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (www.instagram.com/@jokowi)

Baca Juga: KTT ASEAN Indonesia 2023 Berlangsung 2 Kali di Labuan Bajo dan Jakarta

2. Jokowi pilih habiskan libur Idul Fitri 2023 mengajak Jan Ethes dan La Lembah Manah ke Labuan Bajo. Jokowi juga ajak cucu naik kapal Pinisi Ayana Lako Di'a

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoPresiden Joko "Jokowi" Widodo ajak cucu dan anak menghabiskan libur Idul Fitri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dokumentasi Biro Pers Istana)

3. Warga setempat turut mengabadikan momen kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoPresiden Joko "Jokowi" Widodo ajak cucu dan anak menghabiskan libur Idul Fitri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dokumentasi Biro Pers Istana)

4. Tak lupa, Jokowi membeli suvenir kerajinan khas Flores yang bakal dipromosikan saat perhelatan KTT ke-42 ASEAN

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoPresiden Joko "Jokowi" Widodo ajak cucu dan anak menghabiskan libur Idul Fitri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dokumentasi Biro Pers Istana)

5. Keindahan panorama di Hotel Merourah Labuan Bajo yang sudah selesai dibangun. Hotel ini bakal dijadikan venue utama KTT ASEAN

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoKawasan Marine Garden di depan Hotel Meruorah Labuan Bajo. Hotel ini dijadikan venue utama KTT ASEAN pada Mei 2023 dan September 2023. (www.instagram.com/@merurourahlabuanbajo)

6. Jokowi batal menggunakan kawasan MICE di Desa Golo Mori sebagai salah satu venue KTT ASEAN

6 Potret Jokowi Ajak Anak Cucu Tinjau Lokasi KTT ASEAN di Labuan BajoPresiden Joko "Jokowi" Widodo resmikan jalan akses Labuan Bajo-Golo Mori pada Maret 2023. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Itulah deretan potret Presiden Jokowi saat mengajak anak dan cucunya mengunjungi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Labuan Bajo-Golo Mori Senilai Rp481 M

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya