Comscore Tracker

Anggota DPR Datangi Rumahnya, KSAL Yudo Suguhkan Nasi Goreng dan Bakso

KSAL Yudo dinyatakan lolos tes sebagai Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menerima kunjungan anggota Komisi I DPR ke rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (2/12/2022) malam. Kunjungan itu merupakan verifikasi faktual dan menjadi bagian dari proses uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Sebelumnya, pada Jumat siang, Yudo telah melewati fit and proper test di ruang rapat Komisi I DPR. Usai menjalani fit and proper test selama tiga jam, Komisi I menyatakan Yudo lolos sebagai Panglima TNI. 

"Tadi baru saja perwakilan Komisi I DPR datang untuk mengecek tentang rumah saya, kemudian istri, anak, adik, dan keluarga saya. Kami tadi sudah jamu dan sudah meninggalkan rumah," ungkap Yudo yang ditemui di rumah dinasnya pada Jumat malam ini.

Yudo mengatakan, rumah pribadinya berada di Surabaya. Maka, sehari-hari ia menempati rumah jabatan yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. 

"Alhamdulillah, Beliau berkenan datang ke rumah jabatan KSAL," tutur dia.  

Ia menyebut, makanan yang disajikan bagi anggota parlemen tergolong sederhana. "Ada mi, nasi goreng, bakso. Ya, makanan biasalah. Intinya, untuk bersilaturahmi dan menunjukkan ini lho kediaman kita," kata Yudo menjawab pertanyaan IDN Times.

Lalu, apa visi yang diajukan oleh Yudo ketika fit and proper test pada Jumat siang tadi?

1. Yudo memiliki visi TNI patriot NKRI

Anggota DPR Datangi Rumahnya, KSAL Yudo Suguhkan Nasi Goreng dan BaksoKSAL Laksamana Yudo Margono disetujui oleh Komisi I DPR menjadi Panglima TNI usai melewati fit and proper test pada Jumat, 2 Desember 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Sementara, ketika di hadapan anggota Komisi I DPR, Yudo membawa visi "Wujudkan TNI yang Kuat Sehingga Menjadikan Rakyat dan Bangsa Indonesia Bermartabat." Menurutnya, hal itu bisa dicapai dengan menjadikan TNI patriot NKRI. 

"Mereka merupakan kepanjangan dari prajurit tri matra yang profesional, modern dan tangguh demi keutuhan NKRI," ungkap Yudo di ruang rapat Komisi I DPR.

Ia juga menambahkan bahwa prajurit TNI yang profesional akan semakin baik bila dilengkapi alutsista yang modern. Sehingga, prajurit TNI dapat menghadapi berbagai ancaman yang tangguh dan berbagai tugas negara.

Di dalam fit and proper test tadi, Yudo turut didampingi oleh dua kepala staf angkatan lainnya yakni Jenderal TNI Dudung Abdurrachman dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Lalu, ada pula Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Yudo, kehadiran mereka merupakan bentuk dukungan agar fit and proper test berjalan lancar.

Baca Juga: Tok! Komisi I DPR Setuju KSAL Yudo Margono Jadi Panglima TNI 

2. Yudo berjanji akan membuat TNI jadi lebih humanis

Anggota DPR Datangi Rumahnya, KSAL Yudo Suguhkan Nasi Goreng dan BaksoKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono ketika memimpin TNI AL latihan militer bersama di Super Garuda Shield 2022. (Dokumentasi Dispenal)

Sementara, saat fit and proper test tadi, Yudo juga berjanji bila nanti resmi dilantik menjadi Panglima, ia akan berusaha membuat TNI lebih humanis. TNI, kata Yudo, akan berusaha hadir di tengah rakyat sebagai pemberi solusi. 

"TNI selalu dan akan terus hadir dalam menjawab kesulitan dan permasalahan rakyat," kata mantan Pangkogabwilhan I itu. 

Menurut Yudo, hadirnya TNI untuk membantu menyelesaikan masalah masyarakat sesuai dengan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di dalam UU TNI. "Maka, saya akan mengerahkan segala upaya untuk menjamin tidak ada lagi oknum TNI yang melakukan hal tidak terpuji dan bersikap arogan, yang dapat merugikan serta menyakiti hati rakyat," tutur dia lagi.

3. Hasil fit and proper test calon Panglima TNI akan diresmikan di rapat paripurna DPR

Anggota DPR Datangi Rumahnya, KSAL Yudo Suguhkan Nasi Goreng dan BaksoAnggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara, salah satu anggota Komisi I DPR yang turut hadir di dalam kunjungan ke rumah dinas Yudo adalah Dave Laksono. Ia mengatakan, hasil dari fit and proper test Yudo langsung diserahkan ke pimpinan DPR.

"Kami percaya ini adalah calon terbaik yang diajukan. Hasil fit and proper test tadi langsung diserahkan ke pimpinan DPR. Mungkin akan diresmikan di dalam rapat paripurna pada Selasa pekan depan," ungkap politikus dari Partai Golkar itu. 

Ia pun berharap ketika Yudo menduduki kursi Panglima TNI, bisa mewujudkan visi Presiden Joko "Jokowi" Widodo yakni poros maritim dunia.

Baca Juga: Ini Visi Yudo Sebagai Panglima TNI, Dibeberkan Saat Tes di DPR

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya