Anies-Cak Imin Resmi Bubarkan Timnas AMIN

Anies pilih rehat sebelum tentukan langkah politik ke depan

Jakarta, IDN Times - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi membubarkan tim pemenangan nasional AMIN pada Selasa (30/4/2024) di kediamannya di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tim pemenangan itu dibubarkan usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa AMIN pada 22 April 2024 lalu. Anies dan Muhaimin pun memilih menerima putusan dari MK tersebut. 

Pembubaran timnas itu dikemas dalam bentuk acara halal-bihalal. 

"Siang ini menjadi fase penutupan untuk kerja kampanye tim sukses yang sudah berlangsung sejak November. Bila kemarin dimulai dengan mendeklarasikan (pembentukan timnas) kepada publik, maka diakhiri juga dengan menyampaikan kepada publik," ujar Anies di kediamannya yang didampingi Muhaimin dan keluarga. 

Ia mengenang ketika timnas AMIN dibentuk pada penghujung 2023 lalu, mereka semua berkumpul dan diumumkan ke publik. Maka, ketika timnas dibubarkan, AMIN juga mengumumkannya ke masyarakat. 

"Kami umumkan bahwa timnas AMIN sudah bekerja dengan sehormat-hormatnya, sekeras-kerasnya, dan semulia-mulianya. Karena itu, semua yang terlibat merasa bersyukur dan bangga," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Ia menambahkan kini posisinya sebagai warga negara biasa dan akan terus berjuang di medan dan jalurnya masing-masing. Anies juga menyebut timnas boleh berakhir tetapi bukan semangat perjuangan untuk tetap membuat perubahan. 

"Jadi, itu yang kami akhiri, sebuah fase perjuangan ketika sama-sama berkampanye untuk pilpres," tutur dia lagi. 

Ketika ditanya oleh media langkah politik Anies selanjutnya, ia kembali menyatakan ingin rehat sejenak. "Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar, kasih menata dulu dan menutup buku," katanya. 

Respons serupa disampaikan oleh Anies ketika ditanya apakah berminat untuk maju kembali di Pilkada Jakarta. Apalagi Partai NasDem membuka peluang dan menjadikan Anies sebagai prioritas utama bila ingin maju menjadi calon gubernur Jakarta. 

Sementara, Muhaimin turut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah menyukseskan pemilu. Tak lupa ia juga berterima kasih kepada 40 juta pemilih AMIN di Pemilu 2024

"Terima kasih kepada semuanya yang telah bersama-sama menyukseskan AMIN. 40 juta pemilih itu, tentu ada amanah yang harus terus dijaga perjuangannya," ujar Muhaimin di lokasi yang sama.

Baca Juga: Menunggu Keputusan Politik Anies: Silaturahmi Dulu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya