Anies Optimistis Bisa Lolos ke Putaran 2 Pemilu 2024

"Bila Jakarta, Banten dan Jabar solid, bisa ke putaran ke-2"

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku optimistis bisa lolos ke putaran kedua Pemilu 2024. Itu semua bisa diwujudkan bila tiga wilayah yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten solid memilih paslon nomor urut satu tersebut. Oleh sebab itu, Anies berharap kepada para relawan Garda Matahari bisa mewujudkan hal tersebut. 

"Kita perlu benar-benar menjangkau semuanya. Bila Jakarta, Jawa Barat, Banten solid. Ini kan jangkauannya banyak yang ada di ruangan ini, solid, InsyaAllah kita bisa berangkat menuju ke putaran kedua," ujar Anies di Gedung Joang, Jakarta Pusat pada Jumat (17/11/2023). 

Ia mengatakan target agar bisa masuk ke putaran kedua adalah target yang sederhana. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin seandainya pasangan yang dijuluki AMIN itu lolos ke putaran kedua, maka momentum tersebut akan terbangun. 

"Sekali lagi, ini bukan soal memenangkan Anies-Muhaimin, ini bukan memenangkan partai koalisi, ini adalah memenangkan gerakan perubahan untuk membawa marwah dalam berkehidupan kebangsaan, negara, mengembalikan kehidupan keluarga dalam suasana normal," tutur dia. 

Ia dan Muhaimin berjanji bakal mengembalikan ke angka normal, harga-harga kebutuhan pokok, lapangan pekerjaan tersedia lebih mudah, pendidikan tesedia setara untuk semua. Anies pun berharap ikhtiarnya bersama tim AMIN diberikan kemudahan. 

"InsyaAllah yang kita kerjakan ikut menular di tempat-tempat lain," ujarnya lagi. 

1. Anies nilai baru di Pemilu 2024 imbauan agar waspada kecurangan terdengar masif

Anies Optimistis Bisa Lolos ke Putaran 2 Pemilu 2024Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan ketika memberikan pidato kebangsaan di hadapan relawan Garda Matahari. (IDN Times/Santi Dewi)

Di forum itu, Anies juga menyoroti hanya di Pemilu 2024, imbauan untuk mewaspadai adanya praktik kecurangan disampaikan secara masif. Padahal, Indonesia telah melewati lima kali pemilu langsung paska era reformasi. 

"Betul tidak? Tak pernah (kita bicara hati-hati terhadap kecurangan). Selama (pemilu) 2004, 2009, 2014, dan 2019, disongsong dengan perasaan optimistis, bahwa pemilihan nanti hasilnya legitimate. Mengapa akhir-akhir ini kita bicara jangan sampai ada kecurangan, ketidakadilan, dan manipulasi?" tanya Anies. 

Artinya, kata Anies, muncul suasana ketidakpercayaan hari ini. Oleh sebab itu, perlu adanya semangat perubahan. Ia berharap dengan semangat perubahan, publik bisa kembali percaya kepada negara, pemerintah, dan berbagai institusi yang menjalankan kepentingan rakyat. 

"Bila saya dan Gus Muhaimin nantinya diberikan kewenangan itu, mungkin kita tidak bisa menyelesaikan seluruh masalah, tapi satu hal yang pasti, yang benar adalah benar, yang salah adalah salah. Jangan dicampur adukan," tutur capres nomor urut 1. 

Baca Juga: Anies Tepis Dukung Israel karena Buka Wacana Bawa Masuk Anak Palestina

2. Anies minta agar penyimpangan sekecil apapun tetap ditindak

Anies Optimistis Bisa Lolos ke Putaran 2 Pemilu 2024Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika menyambangi NasDem Tower pada Rabu, 15 November 2023. (Dokumentasi Istimewa)

Di forum itu, Anies juga meminta agar penyimpangan yang terjadi tidak ditoleransi otoritas berwenang, meskipun penyimpangannya kecil. Bila penyimpangan kecil diakumulasi dan terus ditoleransi maka otoritas tersebut tak lagi dipandang berwibawa oleh publik. 

"Kenapa? Karena ketika otoritas itu coba menggunakan kewenangannya, maka akan ditanya (oleh publik), 'lho yang dulu boleh, Pak. Yang kemarin boleh, Pak.' Sekali penyimpangan itu dibiarkan, maka yang memegang kewenangan tidak memiliki kewibawaan untuk dikembalikan," kata Anies. 

Oleh sebab itu, Anies kembali berjanji seandainya nanti menang Pemilu 2024, Anies dan Muhaimin tidak akan melanjutkan hal-hal yang tak boleh dikerjakan. "Oleh sebab itu, kita akan membawa kebaruan, yaitu mengatakan tidak kepada penyimpangan, mengoreksi penyimpangan, dan ujungnya mengembalikan kepercayaan kepada negara dan pemerintah," ujarnya. 

3. Tim pemenangan AMIN bakal gandeng influencer untuk dongkrak elektabilitas

Anies Optimistis Bisa Lolos ke Putaran 2 Pemilu 2024Ketua pelaksana tim pemenangan nasional AMIN, Sudirman Said (tengah) ketika memberikan keterangan pers pada Kamis, 16 November 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, meski berharap agar bisa melaju ke putaran dua pemilu 2024, elektabilitas pasangan AMIN konsisten ada di posisi buncit. Ketua harian timnas pemenangan AMIN, Sudirman Said, mengatakan sudah ada framing agar Anies-Muhaimin tetap di posisi ketiga. 

Di sisi lain, ia juga tak menampik bahwa kemampuan belanja iklan pihaknya tidak sebesar paslon nomor urut dua dan tiga. Diduga karena minimnya penampilan dan iklan di media sosial, berpengaruh terhadap elektabilitas AMIN di sejumlah lembaga survei. 

"Teman-teman tahu lah keterbatasan kami. Betul, sekarang sudah semakin transparan dan bisa dilihat dari kemampuan kami berbelanja (iklan). Tapi, saya hanya ingin mengulang pesan yang disampaikan Pak Anies. Kalau melihat survei ya sudah dijadikan cambuk. Namun, kami optimistis suasana darat jauh lebih banyak dari udara," ujar Sudirman di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis kemarin. 

Tetapi, bukan berarti, pihak AMIN mengabaikan pentingnya keberadaan di udara, termasuk dunia maya dan media sosial. Maka, salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan elektabilitasnya yakni menggandeng sejumlah influencers

"Sejumlah teman sekarang sedang berdiskusi dengan influencers untuk memperbanyak itu (konten) dan magnetnya mulai semakin menguat karena di tengah-tengah. Ada pantun untuk menggambarkan itu. 'Di sini gunung, di sana gunung, airnya menjadi teh manis. Ke sana bingung, ke sini bingung, akhirnya menjadi Anies'. Jadi, bisa lah ini viral," tuturnya sambil tertawa.

https://www.youtube.com/embed/IWO6QlwpdJU

Baca Juga: Strategi Syaugi Antar Anies-Muhaimin Menangkan Pemilu 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya