Arus Balik: Hari Ini Tol Cibitung-Cimanggis Dibuka Hingga 17.00 WIB

Harga tol Cibitung-Cimanggis capai Rp21 ribu

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memberlakukan sejumlah kebijakan untuk memastikan arus balik Idul Fitri berjalan lancar dan tak ada kemacetan parah. Apalagi puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 14-15 April 2024. 

Salah satu kebijakan yang diberlakukan yaitu mulai mengoperasikan tol Cibitung-Cimanggis pada Sabtu (13/4/2024).

"Tol fungsional Cibitung-Cimanggis akan digunakan saat arus balik Lebaran (ke arah Jagorawi atau Bogor) mulai hari ini pukul 06.00 hingga 17.00 WIB," demikian keterangan yang ditulis oleh NTMC Korlantas Polri di akun X mereka dan dikutip hari ini. 

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Latif Usman mengatakan, dibukanya tol fungsional Cibitung-Cimanggis untuk mengantisipasi adanya kemacetan di simpang susun Tol Cikunir. 

"Maka dari itu, masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis-Cibitung). Sebaiknya tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," ujar Latif di dalam keterangan tertulis, Jumat kemarin. 

IDN Times sudah sempat menjajal tol Cibitung-Cimanggis sebelum Idul Fitri. Berapa tarif yang harus dibayar hingga ke pintul tol lainnya?

1. Tarif tol yang dibayar dari Cimanggis ke Cikampek mencapai Rp21 ribu

Arus Balik: Hari Ini Tol Cibitung-Cimanggis Dibuka Hingga 17.00 WIBTol Cimanggis-Cibitung (IDN Times/Irfan Fathurohman)

IDN Times menjajal tol sepanjang 26,18 kilometer itu pada 6 April 2024 lalu menggunakan taksi online dengan jenis kendaraan Daihatsu Ayla. Perjalanan dimulai dari Gerbang Tol Cimanggis 6. 

Kami membayar Rp7.500 di gerbang tol Cimanggis 6 untuk bisa menjajal tol Cimanggis-Cibitung. 

Selama perjalanan, arus lalu lintas cukup lengang. Bahkan, nyaris sepi. Kualitas jalan juga cukup bagus namun kurang dilengkapi dengan rambu lalu lintas.

Di Gerbang Tol Jatikarya Utama ini kami membayar Rp13.500 untuk menembus hingga Cibitung dan akhirnya bergabung ke Tol Cikampek.

Namun, saat kami tiba di ruas Tol Cimanggis-Cibitung segmen Nagrak Cibitung terdapat jalan yang masih dalam masa pembangunan. Sehingga, kami harus menurunkan kecepatan untuk melewati jalan puluhan meter itu.

Kami hanya cukup membayar Rp21 ribu untuk menempuh jalan Cimanggis-Cikampek.

"Minusnya kita gak bisa naik ke Tol Layang MBZ, karena keluar di Cikarang Utama,” ujar sopir taksi online, Andika, kepada IDN Times.

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak 13-14 April 2024

2. Warga Depok dan Bogor tak perlu lagi ke Jakarta

Arus Balik: Hari Ini Tol Cibitung-Cimanggis Dibuka Hingga 17.00 WIBTol Cimanggis-Cibitung (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelum ada Tol Cimanggis-Cibitung, warga Depok dan Bogor diharuskan ke Tol Kampung Rambutan atau Jati Asih, Bekasi untuk mencapai Tol Jakarta-Cikampek. Tol Cimanggis-Cibitung ini resmi beroperasi fungsional saat mudik Lebaran 2024, tepatnya mulai 4-16 April.

Sementara, jam operasional tol ini mulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tol Cimanggis-Cibitung ini juga belum tercatat di Google Maps. Sehingga, bagi kalian yang berencana menggunakan jalur ini diharapkan memperhatikan rambu-rambu arah jalan.

3. Tol Bocimi sudah dibuka kembali, baru dibuka satu lajur

Arus Balik: Hari Ini Tol Cibitung-Cimanggis Dibuka Hingga 17.00 WIBIlustrasi Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). (dok. Kementerian PUPR)

Sementara, tol Bogor-Ciawi-Sukabumi sudah kembali beroperasi sejak Kamis kemarin usai terjadi amblas di kilometer 64-600 A. Tetapi, yang dioperasionalkan baru satu lajur saja. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, perbaikan tol akibat longsor langsung dilakukan pada Rabu kemarin.

"Saya kemarin masih lihat di Bocimi yang longsor, mudah-mudahan besok (Kamis) sudah bisa dibuka satu lajur. Karena kalau tadi malam bisa selesai, Rabu dibersihkan besok sudah bisa dimanfaatkan," ujar Basuki di Kantor Kementerian PUPR di hari pertama Idul Fitri. 

https://www.youtube.com/embed/MT2OmPI2tZ0

Baca Juga: One Way Arus Balik Diberlakukan Hari ini di Gerbang Tol Kalikangkung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya