Bertemu Mendikbud, Joni si Pemanjat Tiang Bendera Dapat 3 Hadiah

Menurut Mendikbud apa yang dilakukan Joni bisa jadi teladan

Jakarta, IDN Times - Siswa SMPN 1 Silawan dari Desa Silawan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohannes Ande Kalla Marcal yang lebih dikenal bernama Joni, kembali mendapat penghargaan dari pemerintah.

Kali ini, Joni mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy hari ini, Senin (20/8). Penghargaan kali ini diberikan dalam bentuk beasiswa hingga Joni lulus SMA.

Ini adalah penghargaan kelima yang ia dapat pasca-videonya memanjat tiang bendera pada Jumat (17/8) viral di media sosial. Empat penghargaan lainnya yakni akses menonton upacara pembukaan Asian Games dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, beasiswa dari PLN hingga Joni lulus kuliah, prioritas dari TNI kalau mendaftar menjadi tentara, dan uang senilai Rp50 juta dari pengacara terkenal Hotman Paris Hutapea.

Lalu, apa komentar Joni usai diberi penghargaan lagi?

1. Menurut Mendikbud yang dilakukan Joni adalah perjuangan zaman now

Bertemu Mendikbud, Joni si Pemanjat Tiang Bendera Dapat 3 HadiahInstagram/@nahrawi_imam

Mendikbud Muhadjir mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Joni pada Jumat lalu. Tanpa rasa takut, dia langsung memanjat tiang bendera untuk membantu memperbaiki tali bendera nyangkut saat upacara peringatan HUT RI.

"Jadi, tindakan Joni ini merupakan patriotisme zaman now," ujar Muhadjir seperti dikutip kantor berita Antara, Senin (20/8).

Menurut Muhadjir, apa yang dilakukan Joni mengingatkan pada peristiwa pertempuran di Surabaya. Saat itu, para pemuda menyobek bendera biru di bagian bawah bendera Belanda, sehingga tersisa warna merah dan putih.

"Kalau sekarang, semangatnya bagaimana agar bisa mengibarkan kembali merah putih agar Indonesia semakin maju," kata dia.

Joni tiba di kantor Kemendikbud didampingi kedua orangtuanya. Bungsu dari sembilan bersaudara itu terlihat malu-malu ketika bertemu dengan Muhadjir.

Baca Juga: Aksi Siswa SMP Atambua yang Rela Panjat Tiang Bendera Saat HUT RI

2. Joni juga mendapat seragam sekolah dan laptop

Bertemu Mendikbud, Joni si Pemanjat Tiang Bendera Dapat 3 HadiahInstagram/@nahrawi_imam

Selain memberikan beasiswa hingga lulus SMA, Mendikbud juga memberikan Joni peralatan sekolah berupa seragam baru dan laptop.

"Selain beasiswa pendidikan hingga SMA, kami juga memberikan pakaian sekolah dan laptop," kata Muhadjir.

Mendikbud berharap dengan beasiswa tersebut, Joni semangat untuk menyelesaikan pendidikannya.

3. Joni berpesan agar anak Indonesia rajin belajar

Bertemu Mendikbud, Joni si Pemanjat Tiang Bendera Dapat 3 HadiahInstagram/@nahrawi_imam

Dalam pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Joni menuliskan satu pesan khusus bagi anak Indonesia. Isinya: "Anak Indonesia harus rajin belajar".

Ia juga berharap anak-anak Indonesia mencintai merah putih, berani dan cinta terhadap Tanah Air. Hari ini, Joni dijanjikan Menpora akan ditemukan dengan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Semoga kejadian ini memunculkan banyak Joni lain di luar sana, yang memiliki nasionalisme yang tinggi. Setuju gak guys?

Baca Juga: Joni si Penyelamat Bendera Ingin Jadi Tentara

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya