Cerita Tjahjo Kumolo yang Jalani 3 Kali Sertijab Dalam Satu Hari

Tjahjo hadir di 3 kementerian berbeda

Jakarta, IDN Times - Rabu (23/10) menjadi hari yang panjang bagi politikus PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo. Sebab, ia harus menghadiri upacara serah terima jabatan di tiga Kementerian berbeda yakni Kementerian PAN RB, Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Dalam Negeri. 

Lho kok bisa? Hal itu terjadi karena Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuknya merangkap jabatan di saat Yasonna Laoly memutuskan mundur dari posisi Menkum HAM. Padahal, ia tengah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Di saat bersamaan, Jokowi menunjuk Tjahjo di posisi baru sebagai Menpan RB. 

Maka, mantan Sekjen PDI Perjuangan itu tak memiliki pilihan lain selain mengemban tugas yang diberikan oleh Presiden. 

"Hari ini, saya baru saja selesai serah terima jabatan Mendagri yang saya emban selama lima tahun tepat kepada Bapak Tito Karnavian yang sudah menjadi purnawirawan hari ini. Kemudian, saya di sini untuk melakukan sertijab dengan Menkum HAM. Habis, dari sini saya serah terima sebagai Menpan RB," kata Tjahjo ketika menghadiri upacara sertijab posisi Menkum HAM di kantor Kemenkum HAM pada Rabu siang. 

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan selamat kepada Menkum HAM Yasonna Laoly karena kembali dipilih sebagai pembantu Presiden. Saat Yasonna akhirnya memilih mundur sebagai Menteri untuk duduk sebagai anggota parlemen, Tjahjo ditunjuk sebagai pemimpin Kemenkum HAM. Walau pun durasinya hanya selama 23 hari. 

Kini, ia pun dipilih sebagai Menpan RB, suatu bidang baru yang belum pernah ia kuasai. 

"Dengan terpilih sebagai Menpan RB, maka genap saya sudah menjadi pejabat negara selama 38 tahun. Saya duduk sebagai anggota DPR enam periode lalu ditambah lima tahun sebagai Menteri, lalu mengemban tugas baru entah sampai kapan," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan apabila telah terjun di dunia politik, maka tidak ada kata pensiun. 

"Kalau di politik, pensiunnya itu sampai mati," kata Tjahjo. 

Ikuti terus perkembangan soal sertijab Menteri baru di kabinet Indonesia Maju hanya di IDN Times ya. 

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: [FOTO] Deretan Menteri Baru Jokowi, Nadiem Makarim Paling Menggemaskan

Topik:

Berita Terkini Lainnya