[BREAKING] Usai Terjaring Dalam OTT, Ketua KPU Sambangi KPK

Salah seorang komisioner KPU terjaring OTT KPK

Jakarta, IDN Times - Usai dikonfirmasi oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa salah satu komisioner KPU ikut terjaring dalam operasi senyap, komisioner KPU mendatangi gedung komisi antirasuah pada Rabu malam (8/1). Ada sekitar empat komisioner yang tiba di KPK pukul 19:16 WIB yakni Arief Budiman, Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan Aziz, dan Ilham Saputra. 

Kepada media, Ketua KPU, Arief mengatakan mereka ingin mengonfirmasi soal penangkapan salah satu komisioner yakni Wahyu Setiawan. 

"Kami berempat memutuskan untuk langsung konfirmasi kemari," tutur Arief malam ini. 

Tak menunggu lama, keempatnya yang sempat duduk di lobi kemudian masuk berjalan ke dalam gedung Merah Putih. 

Sebelumnya, Ketua KPK, Komjen (Pol) Firli Bahuri mengatakan komisioner KPU yang diamankan oleh penyidiknya berinisial WS. Ia diduga terlibat dalam praktik suap. 

Kendati begitu, masih ada pertanyaan besar dalam prosedur OTT tersebut yakni apakah sebelum dilakukan operasi itu, Dewan Pengawas sudah memberikan izin untuk dilakukan penyelidikan tertutup atau penyadapan. Dalam OTT pertama yang menjaring Bupati Sidoarjo, Saifulah Ilah, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengonfirmasi proses penyadapan terhadap kepala daerah itu sudah dilakukan jauh sebelum Dewas dibentuk. Diduga, proses penyadapan itu dilakukan tanpa ada izin dari Dewas dan tak sesuai dengan aturan yang ada di dalam UU baru nomor 19 tahun 2019. 

Ikuti terus perkembangan pemberitaan mengenai penangkapan komisioner KPU hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: [BREAKING] Komisioner KPU Kena OTT KPK

Topik:

Berita Terkini Lainnya