Disaksikan Panglima TNI, Marsekal Tonny Harjono Resmi Jabat KSAU

Marsekal Tonny dulu jabat ajudan Presiden Jokowi

Intinya Sih...

  • Marsekal Tonny Harjono resmi menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo.
  • Jenderal Agus Subiyanto memberikan pesan kepada Tonny untuk laksanakan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya serta tingkatkan kesiapan operasi dan pemeliharaan alutsista.
  •  

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Jumat siang (5/4/2024) memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) dari Marsekal Fadjar Prasetyo kepada Marsekal Mohammad Tonny Harjono. Posisi Fadjar diganti lantaran ia segera memasuki usia pensiun. 

Sertijab diawali dengan penyerahan panji TNI AU, 'Swu Bhuwana Paksa' dari pejabat lama ke pejabat baru. Setelah itu, dilakukan penandatanganan berita serah terima jabatan. 

Di dalam acara itu, Jenderal Agus turut menyampaikan sejumlah pesan untuk Marsekal Tonny.

"Saya ucapkan selamat bertugas bagi Marsekal Tonny Harjono. Laksanakan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya serta lakukan terobosan-terobosan inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI AU yang sarat ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Agus ketika memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Mantan KSAD itu juga berpesan agar TNI AU meningkatkan kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan alutsista. Selain itu, Agus berharap semua prajurit TNI AU bisa beradaptasi seiring datangnya alutsista baru dalam beberapa tahun mendatang. 

"Jaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh alutsista yang dimiliki mulai dari pesawat, radar, rudal, hingga hanud (pertahanan udara)," kata dia. 

Baca Juga: Menko Polhukam Berharap Kolaboasi TNI-Polri Jaga Sinergitas Pilkada

1. Menko Hadi nilai Marsekal Tonny Harjono sudah tepat jabat KSAU

Disaksikan Panglima TNI, Marsekal Tonny Harjono Resmi Jabat KSAUMenko Polhukam, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto ketika menghadiri sertijab Marsekal TNI Tonny Harjono. (Dokumentasi Kemenko Polhukam)

Salah satu tamu yang hadir dalam upacara sertijab itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Hadi Tjahjanto. Hadi yang dulu juga pernah menjabat KSAU menilai Tonny adalah sosok yang tepat untuk meneruskan kepemimpinan di TNI AU. 

"Kalau menurut saya, ini sudah tepat Pak Tonny menjadi KSAU dan segera meneruskan program-program yang sudah dilaksanakan oleh Pak Fadjar (KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo)," ujar Hadi dikutip dari keterangan tertulis. 

Ia berpesan, kepada Tonny agar TNI AU mampu melakukan pengamanan wilayah udara.

"Tentunya harus disiapkan alutsista radar dan alat pendukungnya. Kedua, mengamankan Selat Malaka. Ini sangat penting karena isu Selat Malaka selalu ada," kata dia. 

Ketiga, kata dia, ikut menjabat pengamanan di Laut Natuna Utara. Menurut dia, TNI AU memiliki peranan yang vital, baik itu pesawat tempur, pesawat intai hingga pesawat angkut. 

Baca Juga: Rekam Jejak Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Dipilih Jadi KSAU

2. Menko Hadi minta TNI AU siapkan alutsista untuk antisipasi kebakaran lahan

Disaksikan Panglima TNI, Marsekal Tonny Harjono Resmi Jabat KSAUMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Hadi Tjahjanto saat meninjau GPIB Immanuel, Jakarta. (Dokumentasi tim media Polhukam)

Hadi juga berpesan agar Tonny menyiapkan TNI AU untuk membantu mengatasi dampak musim kemarau yang sudah mulai melanda.

Situasi itu, kata Hadi, diperkirakan akan berlangsung hingga September dan akan diikuti oleh La Nina. 

"Maka Angkatan Udara harus menyiapkan alutsista agar terhindar terjadinya kebakaran. Saya yakin Pak Tonny punya pengalaman dalam hal ini untuk menyiapkan kesiapsiagaan alutsista dan kemampuan personelnya," kata dia.

Baca Juga: Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Jadi Marsekal

3. Marsekal Tonny Harjono pernah jadi ajudan Presiden Jokowi

Disaksikan Panglima TNI, Marsekal Tonny Harjono Resmi Jabat KSAUUpacara serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), dari Marsekal Fadjar Prasetyo ke Marsekal Mohammad Tonny Harjono. (www.instagram.com/@militer.udara)

Diketahui, Marsekal Tonny Harjono pernah menjadi ajudan Presiden dan Sekretariat Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2014-2016 dan 2020. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta pada 1993. Pada 2016, ia pernah ditunjuk menjadi Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Dua tahun kemudian, Tonny ditugaskan sebagai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma pada 2018-2020. Kemudian, Tonny menyandang pangkat bintang satu per 2020.

Lalu, ia dipercaya menjadi staf khusus KSAU. Pada November 2020, Tonny dilantik menjadi Sekretaris Militer Presiden dan menggantikan Mayjen TNI Suharyanto.

Tonny kemudian mendapat promosi menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) pada 2022.

Pada tahun yang sama, dia ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas). Meski masih menjabat sebagai prajurit TNI aktif, Tonny juga menjabat sebagai komisaris maskapai di Tanah Air, Pelita Air. 

Berdasarkan Keputusan RUPS Sirkuler tentang Pengangkatan dan Pengalihan Tugas Dewan Komisaris pada 5 Mei 2022, Tonny ditunjuk menjadi Komisaris PT Pelita Air Service. 

https://www.youtube.com/embed/M7koWvk8Ov4

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Marsekal Madya Tonny Harjono Jadi KSAU

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya