Dukung Airlangga Hartarto, JK Minta Tak Ada yang Ganggu Golkar

"Kalau tidak bersatu bagaimana bisa memenangkan pertempuran"

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu sejumlah senior partai berlambang beringin itu di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023) malam. Salah satu senior yang hadir di pertemuan itu adalah mantan Ketum Partai Golkar Jusuf "JK" Kalla. 

JK mengingatkan Airlangga soal posisi menjelang Pemilu 2024. Kini, kata JK, Airlangga ibarat jenderal di  sebuah "perang" pesta demokrasi. Airlangga diminta menyiapkan seluruh kader agar solid dan siap berperang. 

"Dibutuhkan soliditas katakanlah untuk bertempur, Pak Jenderal (Airlangga). Kalau tidak bersatu, bagaimana bisa memenangkan pertempuran, iya kan?" ungkap JK seperti dikutip dari keterangan tertulis DPP Partai Golkar pada Sabtu (5/8/2023). 

JK meminta Airlangga memastikan seluruh pengurus di daerah solid. Hal itu disebut penting demi memenangkan Pemilu 2024.

"Kalau daerah solid, pengurus solid, ya apalagi yang dibutuhkan untuk membuat kekuatan dan ini yang dibutuhkan," tutur dia. 

Di sisi lain, pria yang pernah menjabat sebagai wakil presiden sebanyak dua kali itu meminta agar semua pihak tidak mengganggu Golkar. Selain itu, JK juga mendorong agar semua pihak tidak ikut campur terkait kebijakan teknis yang diambil Airlangga untuk memenangkan Golkar di Pemilu 2024.

"Kalau kita mendukung partainya, berarti kita mendukung Pak Airlangga tentunya dalam mengambil kebijakan. Itu intinya. Kita tidak mau mencampuri kebijakan teknis yang diberlakukan di partai," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Mayoritas Pemilih Golkar Dinilai Merapat ke Prabowo Dibanding Ganjar

1. JK berharap pertemuan bisa menyatukan seluruh kader

Dukung Airlangga Hartarto, JK Minta Tak Ada yang Ganggu GolkarPara senior di Partai Golkar usai melakukan pertemuan di The Dharmawangsa pada Jumat malam, 4 Agustus 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

JK mengatakan pertemuan yang digelar semalam diharapkan bisa menyatukan seluruh kader untuk memenangkan partai dengan lambang beringin hijau itu di Pemilu 2024.

"Ini penting untuk mendorong moral struktural dan kesatuan kita. Bahwa, nanti apa yang jadi kebijakan oleh pengurus atau Golkar, tentu kita serahkan seperti apa yang diamanatkan di dalam Munas atau rakernas," kata dia. 

Munas 2019 memberikan mandat kepada Airlangga selaku ketua umum untuk mendukung sosok capres atau cawapres di Pemilu 2024.

Selain JK, ada pula senior lain di Partai Golkar yang hadir yaitu Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Ketua Dewan Etik Golkar Muhammad Hatta dan Theo Sambuaga. 

Ada pula Sekjen DPP Partai Golkar yaitu Lodewijk F Paulus dan Iskandar Mandji. Airlangga mengatakan undangan makan malam tersebut disampaikan oleh para senior kepada juniornya di Golkar. 

Baca Juga: JK Optimistis Anies Baswedan Menang Pemilu 2024

2. Golkar targetkan 120 kursi DPR pada 2024

Dukung Airlangga Hartarto, JK Minta Tak Ada yang Ganggu GolkarPara senior di Partai Golkar usai melakukan pertemuan di The Dharmawangsa pada Jumat malam, 4 Agustus 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Di hadapan JK dan politikus senior lainnya, Airlangga menyebut, Partai Golkar menargetkan 116 hingga 120 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024. Jumlah itu setara dengan 20 persen kursi parlemen di Senayan. 

"Saya juga menyampaikan secara khusus untuk Pilpres, Partai Golkar dan seluruh DPP dan DPD mengamanatkan untuk menjaga keputusan munas, rapimnas dan rakernas, termasuk dalam pertemuan yang dilakukan di Bali (dengan ketua DPD I)," ujar Airlangga. 

Baca Juga: Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan Kejutan

3. Airlangga telah mendapat jaminan loyalitas 38 Ketua DPD

Dukung Airlangga Hartarto, JK Minta Tak Ada yang Ganggu GolkarKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ketika mengumpulkan semua Ketua DPD di Nusa Dua, Bali pada Minggu, 30 Juli 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sebelumnya, Airlangga mengumpulkan 38 Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Nusa Dua, Bali pada pekan lalu. Pertemuan itu digelar di tengah kencangnya dorongan agar digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang berujung pergantian ketum.

Namun, Airlangga ingin menunjukkan kepada publik bahwa rencana mendorong Munaslub sulit terwujud, karena pemegang hak suara yaitu Ketua DPD Golkar di seluruh Indonesia masih tetap solid. 

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar wilayah Papua, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan, 100 persen pimpinan pengurus daerah menolak digelar Munaslub.

"Kami ingin menegaskan kalau ada yang mengatakan bahwa isu Munaslub itu memang diusulkan oleh dua per tiga (DPD), kami nyatakan 100 persen kami di sini menolak Munaslub," ujar Doli di Hotel Mulia, Bali, pada Minggu malam kemarin. 

Doli menambahkan, Partai Golkar ingin fokus berupaya memenangkan seluruh agenda politik partai berlambang beringin itu pada 2024 bersama Airlangga.

"Oleh karena itu, kami berharap semua bisa memahami bahwa tolong jaga kami. Doakan kami bekerja dengan serius di tempat kami masing-masing dengan tanpa ada gangguan apapun terhadap partai ini," tutur dia.

Sementara, terkait urusan Pemilihan Presiden 2024, kata Doli, sudah diputuskan di dalam Munas, Rapimnas dan rangkaian Rakernas. Mandat untuk menentukan capres, ujarnya, diserahkan sepenuhnya kepada Airlangga selaku ketum. 

https://www.youtube.com/embed/bv0TbqblinI

Baca Juga: JK Blak-blakan Ungkap Butuh Modal Rp600 Miliar untuk Jadi Ketum Golkar

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya