Guru Besar Unhan Laporkan Pengemudi Mobil Pelat TNI

Pengemudi yang viral ngaku punya kakak jenderal di TNI

Jakarta, IDN Times - Kasus penggunaan pelat nomor Mabes TNI oleh pengemudi Toyota Fortuner di kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek memasuki babak baru. Pelat nomor 84337-00 dimiliki oleh pensiunan seorang perwira tinggi dari TNI Angkatan Udara (AU), Asep Adang Supriyadi.

Kini, ia diketahui mengajar di Universitas Pertahanan dan berstatus Guru Besar. Ia mengaku tidak memiliki hubungan dengan pengemudi Toyota Fortuner yang mengaku memiliki kakak seorang jenderal itu. 

"Dengan ini, kami Marsda TNI Purn Asep Adang Supriyadi menyatakan bahwa kami tidak memiliki hubungan dan tak kenal dengan warga sipil yang melakukan pelanggaran lalu lintas di kilometer 57 Tol Cikampek dan menjadi viral," ujar Asep di dalam keterangan tertulis dan dikutip pada Senin (15/4/2024). 

Ia menambahkan bahwa nomor dinas TNI dengan nomor polisi 84337-00 merupakan nomor dinas kendaraan operasional sehari-hari di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sebagai Guru Besar. Nomor dinas itu diakui digunakan sejak ia pensiun dari TNI pada 2020 lalu. 

"Selain itu, kendaraan yang saya gunakan dengan plat nomor dinas tersebut adalah Pajero Sport dan terdaftar dalam sistem. Bukan Toyota Fortuner seperti yang telah viral di video pemberitaan," katanya lagi. 

Lalu, bagaimana caranya nomor pelat dinas Asep digunakan oleh orang lain untuk kepentingan mudik Lebaran?

Baca Juga: Guru Besar Unhan Laporkan Pengemudi Mobil Pelat TNI

1. Asep mengaku tak pernah memberikan nomor pelat TNI kepada orang lain

Guru Besar Unhan Laporkan Pengemudi Mobil Pelat TNIMobil Toyota Fortuner dengan pelat nomor Mabes TNI yang memotong jalan dan kini jadi perbincangan. (www.instagram.com/@ahmadsahroni88)

Lebih lanjut, Asep mengaku tidak tahu mengapa bisa pelat nomor TNI itu digunakan oleh orang lain yang ia tak kenali. Ia pun mengaku tak pernah memberikan pelat tersebut kepada orang lain. 

"Kami juga tak pernah meminjamkan atau mendelegasikan penggunaan nomor plat dinas tersebut kepada orang lain," kata Asep. 

Ia pun meminta agar narasi yang sudah terlanjut beredar di publik untuk diluruskan. Sebab, beberapa media memberitakan seolah-olah ia memiliki hubungan dengan warga sipil di video yang melakukan pelanggaran lalu lintas itu. 

"Kami pribadi sangat dirugikan dengan pemberitaan ini," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR Kecam Bentrokan TNI dan Polri di Papua

2. Asep membuat laporan ke Polda Metro Jaya pada Minggu kemarin

Guru Besar Unhan Laporkan Pengemudi Mobil Pelat TNIGuru besar Unhan Asep Adang Supriyadi melaporkan kepemilikan nomor pelat yang digunakan oleh Toyota Fortuner. (Dokumentasi Istimewa)

Agar persoalannya lebih terang, Asep pun sudah membuat laporan pengaduan di Mapolda Metro Jaya pada Minggu kemarin. Tujuannya, untuk membantu tercapainnya titik terang dari permasalahan ini. 

Asep pun turut melampirkan dokumentasi sebagai bukti ia telah membuat laporan tersebut. "Kami mohon maaf atas kegaduhan yang ditimbulkan," kata dia. 

3. Pengemudi Toyota Fortuner membawa-bawa nama jenderal yang diklaim sebagai kakak

Guru Besar Unhan Laporkan Pengemudi Mobil Pelat TNIIlustrasi kecelakaan mobil. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, peristiwa di Jalan Tol Jakarta-Cikampek itu bermula dari pengemudi Fortuner yang memotong jalan dari bahu jalan di sebelah kiri ke jalur kanan. Ia tidak menyalakan lampu sen sebelum memotong lajur.

Padahal, situasi lalu lintas sedang macet. Usai menerobos, mobil Fortuner itu tiba-tiba berhenti mendadak. Bahkan, ia sempat mundur dan menabrak kendaraan di belakangnya, Suzuki Ertiga berwarna putih. Pengemudi Fortuner pun kesal dan turun dari mobil. 

Penumpang kendaraan yang ditabrak tidak terima dengan cara pengemudi Fortuner menyetir. "Pertama, Bapak (datang) dari kiri jalan masuk lajur kanan," ujar penumpang perempuan terdengar protes di video itu, dikutip Jumat pekan lalu dari platform X.

"Semua datang dari kiri jalan. Lo lihat aja. Semua datang dari kiri jalan kok. Ini kan semua lagi mudik," kata pengemudi Fortuner yang mengenakan kacamata hitam itu.

Belakangan, pengemudi Fortuner turut membawa-bawa kakaknya yang disebutnya merupakan seorang jenderal dan bertugas di Mabes TNI. "Kakak saya jenderal dan bertugas di Mabes TNI. Cek aja Sonny Abraham," tutur pengemudi Fortuner tersebut. 

https://www.youtube.com/embed/JHJSic1HoZ4

Baca Juga: Viral Pengemudi Mobil Pelat TNI Cek-cok di Tol, Bawa Nama Jenderal

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya