Habib Aboe Bakar Alhabsyi: Mang Oded Merupakan Kader Terbaik PKS

Oded wafat saat hendak mengisi khotbah salat Jumat

Jakarta, IDN Times - Wafatnya Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial yang tiba-tiba pada Jumat (10/12/2021) membuat publik terhenyak. Termasuk kolega Oded di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), parpol yang selama ini menjadi tempatnya bernaung. 

Kepala Bagian Humas Pemkot Bandung, Sonny, mengatakan Oded sempat pingsan di Masjid Muhammadiyah, Kota Bandung. Padahal, ketika itu ia hendak memberikan khotbah saat sesi salat Jumat. 

"Saya sebagai Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Wali Kota Bandung yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Barat," ungkap Habib Aboe Bakar Alhabsyi dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Ia mengatakan pria yang akrab disapa Mang Oded itu merupakan kader terbaik PKS. Maka, duka mendalam pun turut dirasakan oleh PKS. 

"Kabar ini membuat kami terhenyak. Al khoir ma'a qadarallah," tuturnya lagi. 

Apa doa yang dipanjatkan oleh kader PKS bagi almarhum Oded? Di mana Oded bakal dimakamkan?

Baca Juga: Doakan Wali Kota Bandung, Ratusan Orang Salatkan Almarhum Mang Oded di Pendopo

1. PKS terinspirasi dari motto hidup Mang Oded yakni memberikan amal terbaik

Habib Aboe Bakar Alhabsyi: Mang Oded Merupakan Kader Terbaik PKSWali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial yang wafat pada Jumat, 10 Desember 2021 (IDN Times/Galih Persiana)

Alhabsyi juga mengenang bahwa kader PKS terinspirasi dari motto hidup almarhum Oded.

"Beliau selalu bilang ahsanu 'amala yang artinya memberikan amal terbaik. Itu sangat menginspirasi kami, dan hari beliau wafat dalam kondisi ahsanu 'amala,” ungkap lelaku yang kini duduk sebagai anggota komisi III DPR tersebut.

Ia kemudian menyampaikan sudah ada instruksi bagi semua kader PKS untuk melaksanakan salat ghaib untuk almarhum Oded.  "Insyaallah, khusnul khatimah. Beliau orang baik,” katanya lagi. 

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia

2. Gubernur Ridwan Kamil hingga eks Wapres Jusuf Kalla ikut menyalatkan jenazah Oded

Habib Aboe Bakar Alhabsyi: Mang Oded Merupakan Kader Terbaik PKS ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jenazah Wali Kota Bandung Oded M Danial tiba di Pendopo Balai Kota Bandung, pada siang tadi. Ia kemudian disalatkan di rumah dinasnya.

Puluhan orang dari berbagai kalangan ikut serta mendoakan jenazah. Di sana, nampak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Keduanya tiba sebelum jenazah sampai di pendopo sekitar pukul 13.45 WIB.

Usai melaksanakan salat jenazah, Ridwan memberikan sedikit ucapan untuk almarhum. Menurutnya, Oded merupakan sosok sahabat, ayah, kakek, dan wali kota yang baik.

"Atas nama Provinsi Jawa Barat, warga Jawa Barat, khususnya warga Kota Bandung kami sangat kehilangan atas berpulangnya almarhum. Saya bersaksi alhmarhum adalah orang yang baik, saleh, dan berakhlak mulia," ungkap pria yang akrab disapa Emil itu. 

Ia turut mendoakan semoga salat jenazah bisa mengiringi almarhum ke liang kubur dan diampuni semua dosanya. Selain itu, amal ibadahnya juga diterima oleh Tuhan. 

3. Jenazah Oded akan dimakamkan di Tasikmalaya

Habib Aboe Bakar Alhabsyi: Mang Oded Merupakan Kader Terbaik PKS(Wali Kota Bandung Oded M Danial) IDN Times/Humas Bandung

Emil juga menyebut jenazah Oded akan dimakamkan di Tasikmalaya pada hari ini. Kota itu merupakan kampung halamannya. 

"Semoga, keluarga diberikan kekuatan, ketabahan dalam menghadapi ujian kehidupan. Mudah-mudahan semua urusan diberi kemudahan dan dilancarkan karena almarhum akan dimakamkan di kampung halaman, Tasikmalaya," kata Emil. 

Baca Juga: Mang Oded, Wali Kota Bandung yang Sempat Jadi Anak Buah Bj Habibie

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya