Comscore Tracker

HUT ke-77 RI, TNI AL Kibarkan Merah Putih dari Bawah Laut di 77 Lokasi

Pengibaran bendera dari bawah laut dipimpin langsung Wakasal

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Laut (AL) memiliki cara khusus untuk memperingati HUT ke-77 RI. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak dari bawah laut di 77 lokasi di seluruh Indonesia. Tidak tanggung-tanggung pengibaran Bendera Merah Putih itu dipimpin secara langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI AL Laksmana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Selain itu, ada 828 penyelam TNI AL yang ikut dalam upacara pengibaran bendera di bawah laut. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih dari kedalaman 10 meter.

"Secara terpusat pengibaran bendera ini dilakukan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakasal Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono dan diikuti oleh penyelam terbaik dari TNI AL," demikian keterangan TNI AL pada hari ini, Rabu (17/8/2022).

Sementara, Ahmadi menyampaikan pesan khusus dari bawah laut di Pulau Putri. "Dari 77 titik dasar laut Nusantara, saya Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, beserta seluruh prajurit Jalasena Samudera mengucapkan dirgahayu 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Justru di laut kita jaya! Jalesveva Jaya Mahe, merdeka!" ujar Ahmadi dari bawah laut.

Selain dari bawah laut di Pulau Putri, ucapan serupa juga disampaikan dari bawah laut Sabang (Sabang), perairan Saumlaki, peraian Karakelang (Kepulauan Talaud), hingga perairan Rawa Biru (Merauke).

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, aksi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut ini mencerminkan sikap TNI AL yang siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh jajaran wilayah laut Indonesia.

Baca Juga: 14 Jet Tempur TNI AU Mengangkasa Bentuk Formasi 77, Bikin Kagum Jokowi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya