IPW: Semua Polisi yang Terlibat Kasus Duren 3 Anggota Satgas Khusus

Satgas Merah Putih per Juli 2022 terdiri dari 439 personal

Jakarta, IDN Times - Presiden Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan, mayoritas personel Polri yang ikut terseret dalam kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J adalah anggota Satgas Khusus Merah Putih. Satgas itu dipimpin oleh Ferdy Sambo sejak 2020 lalu.

Ferdy Sambo diangkat oleh mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Idham Azis untuk memimpin Satgas Khusus (Satgassus) tersebut. Pengangkatannya berdasarkan surat keputusan SPRIN/1246/V/HUK.6.6/2020. 

Di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, masa kerja Satgassus diperpanjang. Hal itu tertuang di dalam surat keputusan SPRIN/1583/VII/HUK.6.6./2022.

Di strukturnya, tertulis Sigit sebagai pelindung Satgassus berisi personel 'darah biru' di Mabes Polri itu. Sambo tertulis memimpin 439 personel Polri. 

"Semua yang terlibat di dalam kasus Duren Tiga (rumah dinas Sambo) adalah anggota Satgassus Merah Putih. Nyaris tujuh orang yang terkena (jeratan pasal) obstruction of justice adalah anggota Satgassus," ungkap Sugeng dalam diskusi virtual dengan judul "Teka-Teki Satgassus Merah Putih" yang tayang di YouTube KontraS, dan dikutip Selasa (6/9/2022). 

Salah satu di antara anggota Satgassus yang ikut terjerat upaya menghalangi penyidikan kematian Brigadir J adalah lulusan terbaik tahun 2010 Polri. Ia adalah AKP Irfan Widyanto. 

Sehari-hari Irfan menjabat sebagai Kepala Sub-Unit I Sub-Direktorat III Direktorat Tindak Pidana Umum di Bareskrim. Namun di Satgassus Merah Putih, Irfan menjadi anggota tim intelijen II. 

Sugeng semula mengaku aneh ketika Irfan ikut terseret dalam kasus pembunuhan di rumah dinas Ferdy Sambo. Sebab, olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di awal kematian Brigadir J dilakukan oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Sementara, Irfan adalah penyidik di Bareskrim. 

"Inilah yang membuka kenyataan bahwa praktik perekrutan anggota untuk masuk ke Satgassus Merah Putih berdasarkan relasi personal. Relasi kuasa yang terjadi basisnya kepentingan. Rupanya di hari kejadian, Ferdy Sambo mengontak Irfan. Padahal, seharusnya yang dikontak adalah Direktur Tipidum. Tapi, atasannya tidak tahu," tutur dia. 

Siapa lagi anggota Satgassus Merah Putih yang terseret dalam upaya menghalangi penyidikan kematian Brigadir J?

1. Eks Kapolres Metro Jakarta Selatan hingga Wadirkrimum Polda Metro Jaya ikut dalam Satgassus Merah Putih

IPW: Semua Polisi yang Terlibat Kasus Duren 3 Anggota Satgas KhususKeterangan Pers oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto (IDN Times/irfan Fathurohman)

IDN Times berhasil memperoleh salinan surat perintah perpanjangan Satgassus Merah Putih yang diteken oleh Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo per Juli 2022 lalu. Selain Ferdy Sambo dan AKP Irfan Widyanto, ada lima personel Polri lainnya yang kini sedang diproses karena diduga melanggar kode etik. 

Bahkan, dua personel Polri yang juga anggota Satgassus Merah Putih mengikuti jejak Sambo dengan diberhentikan secara tidak hormat alias dipecat. Mereka adalah Kompol Chuck Putranto dan AKP Baiquni Wibowo. 

Sedangkan, tiga anggota Satgassus lainnya yakni AKB Jerry Raimond Siagian, Kombes (Pol) Budhi Herdi Susianto dan AKBP Arif Rachman Arifin sedang dalam proses menunggu persidangan. Namun, ketiganya telah menjalani penempatan khusus di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. 

Tiga Kapolda yang kini sedang disorot oleh publik karena diduga ikut menggalang opini publik bahwa ada dugaan tindak pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, juga merupakan anggota Satgassus Merah Putih. Ketiganya adalah R.Z Panca Putra (Kapolda Sumatra Utara), Nico Afinta (Kapolda Jawa Timur), dan M. Fadil Imran (Kapolda Metro Jaya). 

Lebih lanjut Sugeng mengatakan, sebagai Kepala Satgassus Ferdy Sambo memiliki kewenangan suka-suka untuk merekrut siapapun. Biasanya yang ia rekrut, kata Sugeng, sudah dikenalnya lebih dulu. 

Selain itu, ada konflik kepentingan yang besar ketika Ferdy Sambo menjabat sebagai Kepala Satgassus Merah Putih. Sebab, di sisi lain, ia juga duduk sebagai Kadiv Propam Mabes Polri saat itu. 

"Di sana juga terjadi pemusatan kekuasaan. Tiga kali menjabat sebagai Kasatgassus, menyebabkan FS (Ferdy Sambo) akhirnya memiliki kewenangan yang begitu besar. Perkara-perkara terkait yang mendapat atensi Kapolri bisa langsung ditarik. Bahkan, mereka bisa menentukan mana saja sebaiknya perkara yang langsung diambil alih," tutur dia. 

Baca Juga: Mahfud: Kelompok Ferdy Sambo Sudah Mirip Kerajaan Sendiri di Polri

2. Personel Polri yang ditarik ke Satgassus dapat keistimewaan

IPW: Semua Polisi yang Terlibat Kasus Duren 3 Anggota Satgas KhususKadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan bahwa keberadaan Satgassus Merah Putih turut menjadi tanda tanya oleh internal kepolisian. Ia menyebut, personel Polri yang ditarik masuk ke dalam Satgassus itu mendapat keistimewaan terkait pendidikan dan promosi karier. 

"Dari Satgassus ini mendapatkan kemudahan untuk meneruskan pendidikan lebih lanjut. Bagi yang berpangkat Kombes mengikuti Sespimti agar bisa naik menjadi jenderal, akan lebih mudah. Pendidikan-pendidikan lain seperti Sesdimen juga mudah. Begitu pula promosi karier juga mudah didapat," kata dia. 

Di sisi lain, Sugeng menilai Sambo akan sulit bersikap obyektif bila anggota di Satgassus Merah Putih terbukti melanggar kode etik. "Bagaimana bila anggota Satgasassus itu melakukan pelanggaran penyelidikan dan penyidikan? Biasanya, mereka itu saling menjaga," ujarnya lagi. 

3. Kapolri bubarkan Satgassus Merah Putih pada 11 Agustus 2022

IPW: Semua Polisi yang Terlibat Kasus Duren 3 Anggota Satgas KhususKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 7 November 2021. (dok. Humas Polri)

Setelah menjadi sorotan, akhirnya Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo resmi membubarkan Satgassus Merah Putih pada 11 Agustus 2022 lalu. Posisi Sambo sebagai kepala juga dicabut. 

"Satgasus Polri (Merah Putih), Kapolri sudah menghentikan kegiatan Satgasus Polri. Jadi, tidak lagi ada kegiatan Satgasus Polri," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo kepada media pada 11 Agustus 2022 lalu. 

Namun, sejumlah pihak mendesak Sigit tidak sekedar membubarkan Satgassus elite itu. Di sisi lain, Sigit didesak untuk menyelidiki dugaan pelanggaran yang pernah dilakukan oleh anggotanya. Sebab, banyak yang mempertanyakan soal sumber anggaran untuk mendanai operasional Satgassus tersebut. 

Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK) disebut tidak tahu sumber dana operasional Satgas Khusus itu. 

Baca Juga: Ketua LPSK: Bharada E Emosi, Keterangan Tersangka saat Reka Ulang Beda

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya