Jokowi Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Telan Biaya Rp4,8 T

Jokowi berambisi sambungkan Padang ke Pekanbaru

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (4/1/2023) meresmikan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang yang memiliki panjang 30,9 kilometer. Pembangunan ruas tol yang merupakan bagian dari kelanjutan tol Pekanbaru-Dumai itu memakan biaya hingga Rp4,8 triliun.

"Jalan tol dari Pekanbaru sampai Dumai sudah selesai dan kami melihat traffic-nya juga sangat bagus, sudah di atas 8.000 (kendaraan). Kemudian, sekarang sudah ada tol Pekanbaru ke Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer," ungkap Jokowi ketika meresmikan ruas tol tersebut di Riau, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berambisi bakal menyambungkan ruas tol lingkar Pekanbaru hingga ke Dumai, lanjut ke Bangkinang hingga terus tersambung ke Padang, Sumatra Barat. 

"Selesainya kapan? Saya tidak bisa bicara karena memang masih panjang," kata dia. 

Bila jalan tol Padang-Pekanbaru terwujud, maka bakal menjadi tol terpanjang di seluruh Indonesia. Rute Padang-Pekanbaru bisa ditempuh dalam waktu 3 jam saja. 

Jokowi berharap dengan diresmikannya ruas tol Pekanbaru-Bangkinang dapat mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa sehingga bisa menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau. 

"Kami harapkan juga dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru. Pada, akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," ujarnya lagi. 

Tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah selesai melewati uji coba dan dibuka untuk umum. Berapa harga tarif tolnya?

Baca Juga: Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang Segera Beroperasi

1. Kendaraan golongan I yang lewati ruas tol Pekanbaru-Bangkinang dikenakan biaya Rp33.500

Jokowi Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Telan Biaya Rp4,8 Tilustrasi pintu tol (IDN Times/Sunariyah)

Branch Manager Jalan Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang, Jarot Seno Wibawa, mengatakan, ruas tol tersebut sudah diuji coba tanpa biaya sejak Oktober 2022. Namun mulai beroperasi penuh dan dikenakan biaya sejak 25 Desember 2022. 

"Tarif jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 31 kilometer tersebut mulai berlaku pada Minggu (25/12/2022) pukul 00.00 WIB," ungkap Jarot kepada media, akhir tahun 2022 lalu. 

Ia menyebut, berdasarkan pemberitahuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), tarif tol Pekanbaru-Bangkinang akan berlaku tarif sebesar Rp33 ribu untuk kendaraan golongan I, sedangkan, untuk kendaraan lain, biaya yang dikenakan proporsional mengikuti dari golongan II.

"Kendaraan golongan lain mengikuti dari golongan II dan III di atas golongan I," tutur dia. 

Sementara, tarif golongan II dan III sebesar Rp50.500. Tarif golongan IV dan V sebesar Rp67 ribu. Besaran tarif berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol pada Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Baca Juga: 6 Jalan Tol Laut Terpanjang di Dunia, Termasuk Bali

2. Total panjang tol Bangkinang-Pekanbaru 40 kilometer, tapi yang diresmikan 30,9 kilometer

Jokowi Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Telan Biaya Rp4,8 TGerbang tol Pekanbaru-Bangkinang yang diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. (Dokumentasi Hutama Karya)

Sementara, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Danang Parikesit, mengatakan, dari total panjang tol 40 kilometer, ruas yang diresmikan oleh Jokowi baru 30,9 kilometer. Sisanya masih terus dilakukan pengerjaan. 

Ia mengatakan, ruas tol Bangkinang-Pekanbaru menjadi penting karena ruas jalan itu merupakan bagian dari sirip-sirip pendukung backbone Trans Sumatera.

"Kenapa ini penting, karena kami juga tahu antara Padang-Pekanbaru, traffic-nya sangat tinggi. Kami perkirakan lalu lintas harian bisa mencapai 7.000 kendaraan. Itu volume kendaraan yang relatif tinggi bagi tol-tol di Sumatera," ungkap Danang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden. 

Ia menambahkan, pembukaan ruas Bangkinang-Pekanbaru memiliki arti penting bagi ekonomi.

"Artinya, ada dua. Pertama, mendorong tumbuhnya investasi ke sektor perkebunan, pertambangan dan industri turunannya di kawasan Kabupaten Kampar," kata dia. 

Kedua, mendorong dan mendongkrak kawasan pariwsata yang sekarang dikenal sebagai kawasan Candi Muara Tikus. 

Baca Juga: Progres Pembangunan Tol Padang-Sicincin yang Ditarget Rampung 2024

3. Jokowi sudah mulai pembangunan tol dari Padang-Pekanbaru sejak 2018 lalu

Jokowi Resmikan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, Telan Biaya Rp4,8 TPresiden Jokowi kunjungi IKN pakai jalur laut dari Balikpapan (dok.Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, pembangunan tol yang nantinya menghubungkan Provinsi Sumatra Barat dengan Riau itu sudah dimulai oleh Jokowi sejak 2018 lalu. Bila terwujud, maka dapat memangkas waktu tempuh di dua provinsi itu sehingga dari Padang ke Pekanbaru dapat ditempuh hanya dalam waktu 3,5 jam. 

Pembangunan tol ini terdiri dari 6 seksi yang dimulai dari Padang hingga Pekanbaru. Jalan tol ini memiliki membentang dengan jarak total 254,8 kilometer dan akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Saat ini, rekor jalan tol terpanjang dipegang oleh Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pengembangan Stasiun Manggarai Tahap 1

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya