Jokowi Terbang ke Lombok Pagi Ini Resmikan Sirkuit Mandalika 

Jokowi bakal jajal Sirkuit Mandalika dengan motor khusus

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat pagi (12/11/2021) ini. Jokowi pergi ke Lombok salah satunya untuk meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika yang bakal jadi lokasi Superbike World Championship.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat kepresidenan RI-1 pada pukul 06.30 WIB. 

"Setibanya di Bandara Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Presiden akan langsung menuju Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika berikut menyimak penjelasan panel sirkuit tersebut," demikian isi keterangan tertulis yang disampaikan oleh Biro Pers Istana pada hari ini. 

Jokowi juga bakal menjajal Sirkuit Mandalika dengan menggunakan motor balap khusus yang didesain untuknya. Motor dengan kelir hijau dan bertuliskan RI 1 itu telah tiba di Lombok sejak Kamis kemarin, 11 November 2021. Selain itu, Jokowi juga bakal meresmikan jalan bypass BIL-Mandalika.

Apalagi agenda Jokowi yang bakal dilakukan di Lombok, NTB?

1. Jokowi bakal resmikan Sirkuit Mandalika dengan motor custom

Jokowi Terbang ke Lombok Pagi Ini Resmikan Sirkuit Mandalika Motor balap yang didesain khusus untuk Presiden Jokowi dan digunakan menjajal sirkuit Mandalika (www.instagram.com/@zulkieflimansyah)

Presiden Jokowi disebut bakal meresmikan Sirkuit Mandalika dengan cara yang tak biasa. Ia akan menjajal sirkuit yang bakal jadi lokasi World Superbike itu dengan motor balap khusus. 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah melalui akun Instagramnya mengatakan, Jokowi sudah tak sabar menjajal motor balap tersebut pada sore nanti. Motor yang dibuat custom itu digarap oleh Katros Garage. Model motor yang digunakan adalah Kawasaki basic W175. 

Sebelumnya, Jokowi juga sudah memiliki motor custom chopper yang dibuat dari motor Kawasaki W175. Jokowi sempat terekam kamera menggunakan motor tersebut untuk mejelajahi perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. 

Baca Juga: Menpar: Pembangunan Sirkuit Mandalika Berpotensi Beri Pemasukan Rp1 T

2. Jokowi akan mengikuti KTT APEC secara virtual dari Lombok

Jokowi Terbang ke Lombok Pagi Ini Resmikan Sirkuit Mandalika Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika berangkat menuju ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meresmikan Pertamina Mandalika International Circuit (Dokumentasi Biro Pers Istana Presiden)

Dari Lombok, Jokowi juga bakal mengikuti KTT Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) secara virtual dari Novotel Lombok Resort and Villa. Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mewakili Indonesia menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) dengan 21 anggota APEC secara virtual pada 9 November 2021 lalu. 

Dalam pertemuan itu, Mahendra menekankan pentingnya APEC mendorong: (1) pergerakan orang di kawasan Asia Pasifik; (2) memperbaiki rantai pasok global dan pemulihan sistem logistik yang terpengaruh oleh Pandemi COVID-19, dan (3) mengedepankan pertimbangan iklim dalam mendorong pembangunan yang hijau, inklusif dan berkelanjutan. 

KTT APEC yang akan digelar nanti malam secara virtual merupakan penutup dari rangkaian pertemuan serupa tahun ini. Kepala Negara akan bermalam di Lombok dan melanjutkan agenda kerja esok hari.

3. Tim Ducati tak lagi mempermasalahkan insiden unboxing motor mereka

Jokowi Terbang ke Lombok Pagi Ini Resmikan Sirkuit Mandalika Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara, setelah sempat geram dan miskomunikasi lantaran video kargo berisi motor mereka sempat viral di dunia maya, tim Ducati memilih tak membuat isu tersebut panjang. Bahkan, tim Ducati menepis sempat melontarkan pernyataan bahwa kejadian tak etis perekaman secara ilegal motor mereka pernah terjadi 40 tahun lalu dan hanya ada di negara ketiga. Klarifikasi itu disampaikan melalui media sosial. 

"Terkait apa yang sudah terjadi di Sirkuit Internasional Mandalika, tim balap Aruba.it-Ducati ingin mengklarifikasi bahwa kami tak pernah menyampaikan pernyataan semacam itu (Indonesia adalah negara ketiga). Satu-satunya yang ingin kami sampaikan adalah kami sudah tak sabar untuk berada di Indonesia," demikian cuit akun resmi Aruba.it-Ducati melalui akun Twitternya. 

Agar peristiwa serupa tak terulang, maka Mandalika Grand Prix Association (MGPA) membuat aturan agar membatasi akses bagi individu yang bisa masuk ke dalam sirkuit.

Sebelumnya, seorang YouTuber dengan nama ID Soul Kuta Lombok masuk ke dalam sirkuit dan ikut merekam secara ilegal proses pemeriksaan petugas bea cukai terhadap kargo milik tim pembalap World Superbike 2021. Video itu sempat diunggah ke akun YouTubenya tetapi kemudian di-take down. 

Baca Juga: Insiden Unboxing Motor Superbike di Sirkuit Mandalika: Norak!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya