Jokowi Terkesima Lihat 4 Atraksi Udara Jet Tempur TNI

Total ada 8 jet tempur F-16 yang ikut ditampilkan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 8 jet tempur F-16 fighting falcon terlihat mengangkasa di atas langit Istana Negara, di HUT ke-77 TNI pada Rabu, (5/10/2022). Jet tempur milik TNI Angkatan Udara itu menampilkan atraksi di hadapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Diketahui, jet tempur yang bersifat multirole tersebut bisa digunakan untuk kepentingan perang dan non perang.

"Jet tempur F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur yang memperkuat pertahanan Indonesia. Pesawat ini dirancang untuk memiliki kekuatan tempur superioritas udara yang akhirnya berevolusi menjadi pesawat multirole yang sangat populer," demikian keterangan yang disampaikan oleh narator seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden pada hari ini.

Salah satu pilot jet tempur F-16 kemudian menyampaikan ucapan selamat HUT TNI dari dalam kokpit. "Kami elang-elang TNI Angkatan Udara, di bawah langit ibu kota, mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia tahun 2022. Akan kami pertahankan setiap jengkal wilayah NKRI. TNI adalah kita," kata sang pilot.

Selain fly pass jet tempur F-16, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara menjadi satu tim membentuk trimatra flight. Total ada 8 helikopter milik ketiga matra yang tampil sambil membawa bendera merah putih berukuran besar. Di antara 8 helikopter itu, terdapat helikopter AH-64 Apache, AS 565 panther, EC 27 Caramel hingga Helikopter Super Puma.

Helikopter dari tiga matra itu menggambarkan sinergitas tiga matra dalam bertugas menjaga NKRI. 8 Helikopter itu terbang dari ketinggian 1.000 kaki sambil membawa bendera merah putih berukuran 20X30 meter. Penerbangan dipimpin oleh Letkol Immanuel Simarmata yang merupakan komandan Skadron 8.

Di atraksi ketiga, jet tempur F-16 dengan nama penerbangan Rider Flight kembali mengangkasa di langit ibu kota. Mereka membentuk manuver arrow head lalu menjadi memencar atau bomber burst.

Di atraksi keempat, tim jupiter aerobatic TNI AU ikut memamerkan kemampuannya. "Kami aerobatic team TNI Angkatan Udara mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 TNI, TNI adalah kita," ungkap sang pilot, Letnan Penerbang Putu Satrya Kedaton.

Di dalam video ibu negara, Iriana sempat menggoyangkan kepalanya ketika manuver tim aerobatic TNI AU tampil yang diiringi lagu Bendera yang dibawakan oleh band Cokelat.

Baca Juga: 8 Jet Tempur F-16 dan Helikopter Demo Udara Meriahkan HUT TNI

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya