Comscore Tracker

Kabar Gembira! AirAsia Bikin Promo Terbang ke Madrid Rp300 Ribuan Aja

Kalian bisa pesan lewat platform airasia.com mulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Kalian pengen liburan ke Eropa tanpa berat di ongkos? Maka, kabar gembira ini cocok buat kalian. Bertepatan dengan rencana AirAsia yang ingin berekspansi dan tidak sekedar ingin menjual layanan transportasi penerbangan, maskapi Low Cost Carrier itu kemudian membuat satu perusahaan terpisah yang fokus mengembangkan platform airasia.com. 

Namun, Tony Fernandes yang kini duduk sebagai CEO Group AirAsia menyadari konsumen masih jarang yang langsung memesan tiket melalui platform tersebut. Oleh sebab itu, mereka memilih untuk bermitra dengan agen perjalanan daring (OTA) asal Ceko, kiwi.com

Melalui jumpa pers yang digelar di kantor pusat AirAsia, Red Q, pada Jumat sore (15/11), Tony mengakui mendapat dua manfaat sekaligus dengan bermitra dengan kiwi.com. 

"Pertama, kami mendapatkan data mengenai konsumen yang menggunakan platform OTA ini dan bisa berpotensi menjadi konsumen baru kami. Kedua, kini pengguna setia AirAsia bisa terbang ke Eropa dengan harga yang terjangkau," ujar Tony dalam jumpa pers terbatas dan ikut dihadiri oleh IDN Times

Maka, untuk menjaring lebih banyak konsumen ke Eropa dengan menggunakan AirAsia, mereka membuat promosi yang fantastis. Mereka menjual tiket Jakarta-Madrid (Spanyol) PP hanya seharga Rp333 ribu. Kapan lagi bisa ke Eropa dengan harga tiket hanya seharga Rp300 ribuan kan? 

Mengapa rute yang dipilih untuk dipromosikan adalah Madrid? Bagaimana caranya bisa memesan tiket tersebut? Berikut informasi lengkapnya. 

1. Spanyol dipilih karena ingin menggunakan momentum penyelenggaraan Piala Davis

Kabar Gembira! AirAsia Bikin Promo Terbang ke Madrid Rp300 Ribuan Aja(Promosi Air Asia) IDN Times/Santi Dewi

Tony menjelaskan untuk membuka diri dan bekerja sama dengan online travel agency (OTA) diakuinya tidak mudah. Sebab, di platform airasia.com, mereka diharuskan untuk menjual tiket dari maskapai lain selain milik Tony sendiri. 

"Ini merupakan cara yang semula kami tidak percayai oleh sebagian besar kami di AirAsia, tapi bagi kami ini merupakan langkah pertama untuk mengembangkan platform ini," ujar Tony pada sore kemarin. 

Ia turut menjelaskan butuh waktu berbulan-bulan bagi AirAsia untuk menjalin kesepakatan dengan perusahaan perjalanan terkemuka, kiwi.com. Namun, ia mengucap syukur sebab atas kerja keras timnya, kesepakatan tersebut bisa terealisasi. 

"Dengan adanya kesepakatan ini justru kami berharap bisa menggaet pelanggan baru yang semula belum pernah ke Madrid pada akhirnya dapat ke sana," kata Tony yang merintis bisnis AirAsia 18 tahun lalu itu. 

Banyak yang bertanya mengapa promosi perdana yang dibuat yakni menerbangkan orang ke Madrid. Rupanya AirAsia memanfaatkan turnamen tenis kelas dunia Piala Davis, yang digelar pada 18-24 November. 

Baca Juga: AirAsia Tawarkan 5 Juta Kursi Promo, ke Singapura Cuma Rp150 Ribuan

2. Cek ke airasia.com untuk mendapatkan tiketnya, dimulai pukul 08:00 hari ini

Kabar Gembira! AirAsia Bikin Promo Terbang ke Madrid Rp300 Ribuan Aja(Promosi Air Asia) IDN Times/Santi Dewi

Bagi yang penasaran gimana cara mendapatkan tiket untuk ke Madrid, Spanyol seharga Rp300 ribuan, kalian bisa log in langsung ke situs airasia.com. Penjualan tiket dimulai pada Sabtu (16/11) pukul 08:00. Harga tiket senilai Rp333 ribu itu untuk pulang-pergi lho. Sehingga, dapat kalian manfaatkan untuk liburan akhir tahun 2019 ini. 

"Apabila pelanggan kami melewatkan promosi di kesempatan pertama, maka masih ada penawaran di tahap kedua yakni seharga Rp1.699.000,00," demikian menurut AirAsia dalam pernyataan tertulisnya pada Jumat kemarin. 

Menurut informasi dari AirAsia, tiket yang sudah kalian beli bisa dimanfaatkan untuk keberangkatan hingga Maret 2020. Promosi ini tidak hanya berlaku di Indonesia, namun juga di Thailand, Australia, dan Malaysia. 

Keberangkatan menuju Eropa, akan diawali dengan menumpang AirAsia hingga ke Kuala Lumpur, lalu diangkut menggunakan maskapai lain yakni Etihad dan Qatar Airways. 

3. Air Asia menilai dengan menggandeng OTA merupakan cara terjitu untuk memperluas rute dan pangsa pasar

Kabar Gembira! AirAsia Bikin Promo Terbang ke Madrid Rp300 Ribuan Aja(Promosi Air Asia) IDN Times/Santi Dewi

Sementara, menurut Head of Airlines Partnership airasia.com, Rajiv Kumar, dengan menggandeng OTA kiwi.com merupakan cara jitu untuk memperluas rute yang tidak dilayani oleh AirAsia, termasuk ke Eropa. Di sisi lain, mereka bisa memperluas pangsa pasarnya. 

"Dengan dukungan kiwi.com, pengguna situs AirAsia akan dapat memesan penerbangan dengan lebih dari 100 maskapai ke tujuan yang saat ini tidak dilayani oleh AirAsia, termasuk Eropa, Amerika, Selandia Baru dan Timur Tengah," ujar Rajiv dalam jumpa pers kemarin. 

Ia juga menyebut tidak menutup peluang untuk bermitra secara langsung dengan maskapai dan perusahaan lainnya agar bisa melengkapi jaringan serta layanan perjalanan yang berada di luar Asia Pasifik. 

Jadi, udah siap-siap semua untuk borong tiket promo? 

Baca Juga: Ajak Foto di Dalam Pesawat, Air Asia Beri Tiket Gratis ke Labuan Bajo 

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You