Kapolri Akan Lantik Kabareskrim Ari Dono Sebagai Wakapolri Siang Ini

Ari Dono dianggap sebagai pilihan terbaik

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian akhirnya memilih Kabareskrim, Komjen (Pol) Ari Dono sebagai pengganti Syaffrudin untuk duduk sebagai Wakapolri. Ini menggugurkan rumor sebelumnya bahwa yang diajukan ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo adalah Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Azis. 

Konfirmasi itu diperoleh dari Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Setyo Wasisto. Setyo mengatakan pelantikan Ari sebagai Wakapolri dilakukan pada hari ini usai digelar HUT ke-73 di Istana Negara. 

"Hari ini 17 Agustus pukul 14:00 WIB akan ada pelantikan Wakapolri dan Sertijab Kabareskrim. Silakan nanti hadir," ujar Setyo melalui keterangan tertulis. 

Lalu, apa pertimbangan Tito memilih Ari Dono sebagai Wakapolri? 

1. Menurut Tito, Ari Dono adalah pilihan terbaik

Kapolri Akan Lantik Kabareskrim Ari Dono Sebagai Wakapolri Siang Ini(Syafruddin bersama Tito Karnavian) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Nama Ari Dono sesungguhnya sudah masuk ke dalam daftar Wakapolri yang diusulkan ke Tito Karnavian. Tujuh perwira tinggi Polri lainnya yakni Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, Kabaharkam Polri Komjen Moehgiyarto, Komjen M Iriawan yang saat ini menjabat Plt Gubernur Jawa Barat, Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono, Kalemdikpol Komjen Unggung Cahyono dan Kabaintelkam Polri Lutfi Lubihanto.

Lalu, apa yang menyebabkan Tito menjatuhkan pilihan ke Ari Dono?

"Ya, itu kan (masukan dari) Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi) ya. Pak Kapolri menentukan setelah ada masukan dari sana. Tentu dengan pertimbangan terbaik," ujar Setyo melalui keterangan tertulis pada pagi ini.

Baca Juga: Penjelasan Tito soal Kapolda Metro Jaya yang Diisukan Jadi Wakapolri

2. Ari Dono merupakan Komjen senior di Mabes Polri

Kapolri Akan Lantik Kabareskrim Ari Dono Sebagai Wakapolri Siang Ini(Komjen (Pol) Ari Dono) IDN Times/Vanny El Rahman

Menurut Presidium Indonesia Police Watch pemilihan Ari Dono sebagai Wakapolri dinilai sudah tepat. Hal itu karena rekam jejak Ari cukup baik di Polri. Ia adalah Komjen senior di Polri dan masuk ke institusi bhayangkara pada tahun 1985 lalu.

Ketua Presidium, Neta S. Pane mengatakan pemilihan Ari menandakan Polri tetap berkomitmen dan konsistensi tidak ada "lompat pagar" dalam penempatan jabatan.

"Dengan demikian jajaran kepolisian maupun masyarakat percaya pada sistem kaderisasi di Polri," kata Neta melalui keterangan tertulis pada hari ini.

3. Wakapolri sebelumnya dilantik sebagai Menpan RB

Kapolri Akan Lantik Kabareskrim Ari Dono Sebagai Wakapolri Siang IniANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Wakapolri sebelumnya yakni Komjen (Pol) Syafruddin dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Menteri Pemberdayaan dan Aparatur Negara (Menpan RB) pada Rabu kemarin. Ia dipilih menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri, karena partai tempatnya bernaung PAN memilih mendukung kelompok oposisi yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

“Saya tidak mau keberadaan saya membebani Presiden karena tuntutan dari koalisi,” ujar Asman ketika memberikan keterangan pers pada Rabu malam kemarin.

Baca Juga: Menpan RB Resmi Mengundurkan Diri, Begini Penjelasan Asman

Topik:

Berita Terkini Lainnya