Kaesang dan Erina Rayakan Idul Adha di Korea Selatan, Kenapa?

Kaesang tunaikan salat Ied Adha di KBRI Seoul

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep tidak merayakan Idul Adha yang jatuh pada Kamis (29/6/2023) di Yogyakarta. Ia dan sang istri, Erina Gudono justru tengah berada di Seoul, Korea Selatan. Mereka diketahui sudah berada di Negeri Ginseng sejak pekan lalu. 

Dikutip dari akun media sosialnya, Kaesang dan Erina akhirnya menunaikan salat Idul Adha di gedung KBRI Seoul. Ia mengatakan tidak ada perbedaan signifikan antara menunaikan salat Ied di Korsel dengan di Tanah Air. 

"Kalau ditanya apa bedanya dengan salat Ied di Indonesia dengan di Korea ya sama aja. Soalnya, kami salat di KBRI yang khotbahnya disampaikan dalam Bahasa Indonesia," demikian tulis Kaesang di akun Instagramnya dan dikutip pada Jumat (30/6/2023). 

Ia kemudian mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah kepada masyarakat Indonesia. "Semoga Allah SWT melapangkan rezeki, kesehatan dan keberkahan untuk kita semua," tutur dia. 

Tak lupa Kaesang mengucapkan rasa cinta terhadap sang istri, Erina. "Saranghaeyo adeku cintaku sayang Erina," kata Kaesang. 

1. Kaesang dan Erina tengah berlibur di Korea Selatan

Kaesang dan Erina Rayakan Idul Adha di Korea Selatan, Kenapa?Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono merayakan Idul Adha di Korea Selatan. (www.instagram.com/@kaesangp)

Sementara, kepada media, Erina mengatakan bahwa ia dan sang suami sedang berlibur di Korea Selatan. Kaesang mengatakan Erina kini menjadi satu-satunya keluarga terdekat usai mereka menikah pada 10 Desember 2022 lalu. 

"Kan yang termasuk keluarga hanya ini. Kita mau gimana pun juga yang terpenting kita berdua, walaupun kita jauh dari keluarga besar saat Idul Adha," ujar Kaesang. 

Ia pun mengaku tidak menyangka momen berlibur bisa sampai ketika momen Idul Adha tiba. Namun, ia berusaha menikmatinya bersama sang istri. 

"Ya, udah gak apa-apa, yang penting kita nikmati saja," tutur dia lagi. 

Baca Juga: 5 Potret Jokowi Liburan Idul Adha di Yogyakarta Bersama Dua Cucunya

2. Hanya 200 WNI yang diundang yang dapat salat Idul Adha di KBRI Seoul

Kaesang dan Erina Rayakan Idul Adha di Korea Selatan, Kenapa?(Ilustrasi tampak depan KBRI Seoul) www.twitter.com/@IdEmbassy_Seoul

Sementara, menurut informasi dari KBRI Seoul, dari puluhan ribu WNI di Korsel, hanya 200 WNI saja yang bisa menunaikan salat Idul Adha di sana. Ratusan WNI itu diundang secara khusus. 

Pada Kamis kemarin menjadi kali pertama kembali digelar Salat Idul Adha setelah selama tiga tahun terakhir ditiadakan akibat pandemik COVID-19. "Jadi, tadi salat Ied Adha. Berkumpul masyarakat sekitar 200 orang dan juga silaturahmi. Kebetulan dihadiri juga oleh mantan Menteri Luar Negeri, Hasan Wirajuda. Ada juga Mas Kaesang Pangarep dan istri," ujar Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto. 

Ia juga menyebut bahwa di seluruh Korsel terdapat 58 masjid dan musala. 

3. Jokowi dan Iriana salat Idul Adha di Yogyakarta

Kaesang dan Erina Rayakan Idul Adha di Korea Selatan, Kenapa?Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menunaikan ibadah salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Kamis, 29 Juni 2023. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Sementara, Jokowi dan Iriana memilih melakukan salat Idul Adha di Gedung Agung Yogyakarta. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan kemeja putih, sarung hitam dengan corak putih dan kopiah hitam. Ia duduk di samping adik iparnya yang juga menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. 

Masyarakat bisa ikut salat bersama dengan Jokowi di Yogyakarta. Pada Idul Adha 1.444 Hijriah, Jokowi menyerahkan 38 ekor sapi ke 38 provinsi. Bobot sapi-sapi itu bervariasi antara 900 kilogram hingga 1,2 ton. 

Baca Juga: Nama-nama Sapi Jokowi, Gesbi hingga Bruno

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya