Kaesang Pilih Sambangi Relawan Jokowi Dulu Ketimbang Parpol, Kenapa?

Kaesang minta dukungan relawan Jokowi untuk menangkan PSI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep langsung tancap gas untuk membawa parpol tersebut bisa lolos ke parlemen pada pemilu 2024. Namun, dalam kunjungan perdananya, Kaesang lebih memilih mendatangi markas relawan Jokowi, Bara JP, ketimbang partai politik.

Kaesang menyebut Bara JP dulu merupakan relawan yang kali pertama mendukung sang ayah, Joko "Jokowi" Widodo menjadi capres di pemilu 2014. 

"Relawan Bara JP adalah relawan paling tua dan pertama mendukung Pak Jokowi sebagai presiden, selama dua periode terakhir," ungkap Kaesang di area Pulogadung, Jakarta Timur pada Rabu (27/9/2023). 

Putra bungsu Jokowi itu meminta restu dan dukungan kepada Bara JP, We Love Jokowi serta relawan lainnya untuk memenangkan PSI di pemilu 2024. Dalam kesempatan itu, Kaesang menyatakan saat ini kondisi politik sudah berbeda. 

"Sekarang politik ini banyak digerakan oleh relawan-relawan. Salah satunya oleh Bara JP, di mana bisa memenangkan pak presiden sampai dua kali. Ini kan peta politik Indonesia saat ini sudah berubah. Ini jalan bagi kami lah untuk bisa sowan ke relawan-relawan Pak Presiden," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan langkah PSI agar lebih dulu mengunjungi relawan ketimbang parpol bukan merupakan arahan dari sang ayah. "Ini merupakan hasil diskusi saya dengan Pak Sekjen PSI. Jadi, gak ada (arahan dari Pak Jokowi)," ujarnya. 

Baca Juga: Puan Ucapkan Selamat ke Kaesang Jadi Ketum PSI

1. Kaesang tetap akan sowan ke partai politik untuk menghadapi pemilu 2024

Kaesang Pilih Sambangi Relawan Jokowi Dulu Ketimbang Parpol, Kenapa?Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep ketika berkunjung ke kantor relawan Bara JP pada 27 September 2023. (www.instagram.com/@psi_id)

Lebih lanjut, Kaesang mengatakan tak menutup kemungkinan baginya untuk sowan ke partai politik. Salah satu yang sudah ia temui adalah Ketua Umum Perindo, Harry Tanoesoedibjo. 

"Saya sudah meminta izin kepada Beliau dan meminta waktu. Beliau sangat open, kapanpun Beliau akan menerima teman-teman dari PSI untuk sowan ke sana," kata dia. 

Bahkan, Kaesang tak menutup kemungkinan bakal sowan ke PDI Perjuangan. "Kami akan sowan ke semua (partai) kok. Kan sedang diatur satu-satu (untuk ditemui), masak cuma satu aja (yang didatangi)," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketum, Pengamat: PSI Partai Anak Muda yang Bapakisme

2. PSI terbuka untuk terima dukungan dari relawan lain

Kaesang Pilih Sambangi Relawan Jokowi Dulu Ketimbang Parpol, Kenapa?Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep ketika berkunjung ke kantor relawan Bara JP pada 27 September 2023. (www.instagram.com/@psi_id)

Ia juga menyebut tak menutup pintu bagi kelompok relawan lain yang ingin mendukung PSI. "Balik lagi, kami terbuka dengan relawan yang mau bergabung dengan PSI. Kami sangat open, niat baik kami untuk memajukan dan membuat Indonesia jauh lebih baik ke depan," kata dia. 

3. Puan Maharani ajak Kaesang dukung Ganjar sebagai capres 2024

Kaesang Pilih Sambangi Relawan Jokowi Dulu Ketimbang Parpol, Kenapa?Ketua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Sementara, PDIP menanggapi penunjukkan Kaesang sebagai Ketum PSI biasa-biasa saja. Bahkan, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani sudah mengucapkan selamat bagi Kaesang. Puan mendoakan agar Kaesang bisa amanah dalam memimpin PSI menghadapi pemilu 2024. 

"Yang bisa saya sampaikan selamat untuk Mas Kaesang karena sudah menjadi Ketua Umum PSI. Semoga amanah dan bisa bekerja dengan baik sebagai ketua umum. Selamat ya, Mas Kaesang!" kata Puan kepada media di Jakarta Selatan, pada Selasa kemarin. 

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPR itu tak menganggap beda partai Jokowi dan Kaesang sebagai sebuah manuver politik. Alih-alih menunjukkan kemarahan, Puan justru mengajak Kaesang untuk memberikan dukungannya bagi Ganjar sebagai capres 2024.

Puan menyebut PDIP terbuka untuk menerima dukungan dari PSI. Padahal, selama ini PDIP kerap disebut bersikap berseberangan dengan PSI. 

"Lha kan saya selalu mengatakan bahwa PDIP selalu terbuka. Kami akan selalu bersilaturahmi. Namun, memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul, kemudian memenangkan capresnya. Jadi, kemudian, ayo, Mas Kaesang, ikut PDIP aja yuk!" kata Puan mengajak. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/YvSvcKPgB40

Baca Juga: Sah! Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya