Kasus COVID-19 Tembus 100 Ribu, Filipina Akan Lockdown Lagi

Lockdown diterapkan di Manila dan daerah dekat ibu kota

Jakarta, IDN Times - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada Senin (3/8/2020) memutuskan akan kembali menerapkan lockdown di beberapa area di negara itu. Lockdown resmi diberlakukan usai kasus COVID-19 di Filipina menembus lebih dari 100 ribu.

Data yang dikutip dari laman World O Meter pada hari ini menunjukkan ada 103.185 orang di Filipina yang telah terpapar COVID-19, di mana sebanyak 2.059 orang pasien di antaranya dilaporkan meninggal. 

Kebijakan yang diambil oleh Filipina ini kontras dengan situasi di Indonesia. Saat kasus COVID-19 menembus angka 100 ribu, Pemerintah Indonesia justru terus mendorong agar perekonomian dibuka dan memasuki tahap pemulihan. 

Stasiun berita Al Jazeera pada hari ini melaporkan lockdown tidak berlaku secara nasional. Pembatasan pergerakan manusia yang disebut "Modified Enhanced Community Quarantine" (MECQ) dimulai pada 4 Agustus - 18 Agustus 2020.

Area yang akan terkena kebijakan lockdown antara lain Metro Manila dan provinsi-provinsi lainnya yang dekat dengan ibu kota Manila seperti Laguna, Cavite, Rizal dan Bulacan. 

Apa saja aturan yang diberlakukan selama lockdown di daerah-daerah tersebut? Mengapa Duterte akhirnya memberlakukan kembali lockdown meski ditentang oleh orang-orang terdekatnya di lingkaran Istana?

1. Kebijakan lockdown diambil karena Duterte diprotes oleh tenaga kesehatan

Kasus COVID-19 Tembus 100 Ribu, Filipina Akan Lockdown LagiPresiden Filipina Rodrigo Roa Duterte memberikan laporan terbaru terkait usaha pemerintah untuk memerangi wabah virus corona (COVID-19) pada 30 Maret 2020 di Clubhouse Malago, Malacanang (PRESIDENTIAL PHOTO/KING RODRIGUEZ)

Stasiun berita Al Jazeera melaporkan, kebijakan lockdown diambil usai Duterte diprotes oleh 80 kelompok lokal yang terdiri dari 80 ribu dokter dan satu juta perawat.

Dalam aspirasi yang disampaikan melalui surat terbuka, mereka meminta kepada Presiden Duterte agar dilakukan pengetatan pembatasan pergerakan manusia. Mereka juga menyebut Filipina mulai dikalahkan virus Sars-CoV-2. 

"Para pekerja kesehatan bersatu untuk membunyikan sinyal darurat bagi negara ini. Sistem kesehatan di negara ini sudah tak lagi sanggup (melawan COVID-19)," demikian kata perwakilan dokter dan perawat melalui surat terbuka tersebut. 

Apa yang mereka sampaikan tidak berlebihan. Sebab, kasus tenaga kesehatan mulai terpapar COVID-19 di Filipina terus meningkat. Tak sedikit pula yang memutuskan berhenti bekerja karena tak sanggup terhadap tekanan merawat pasien COVID-19. Sedangkan, rumah sakit mulai kewalahan merawat pasien yang terpapar virus corona. 

Laman Japan Times melaporkan, Pemerintah Filipina malah menyalahkan warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Namun, Duterte mulai melunak dan mendengarkan aspirasi para tenaga kesehatan. 

"Saya telah mendengar kalian. Jangan kehilangan harapan. Kami paham Anda semua lelah (melawan pandemik)," tutur dia. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 Tembus 100 Ribu, Indonesia Masih dalam Kondisi Kritis!

2. Perkantoran dan transportasi umum akan berhenti beroperasi sementara waktu saat lockdown

Kasus COVID-19 Tembus 100 Ribu, Filipina Akan Lockdown Lagi(Ilustrasi lockdown) IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Sama seperti kebijakan lockdown yang sebelumnya pernah diterapkan oleh Pemerintah Filipina, maka sejumlah area perkantoran dan transportasi publik akan berhenti beroperasi sementara waktu di sekitar Manila. Sedangkan, bagi warga yang ingin bekerja dan keluar dari rumah dibutuhkan izin tertulis. 

Lockdown yang pernah diterapkan di Filipina pada pertengahan Maret lalu termasuk paling ketat di dunia. Warga yang terkena dampak lockdown hanya bisa berada di rumah. Mereka baru dibolehkan keluar dari rumah untuk membeli makanan atau berobat ke rumah sakit. 

Tetapi, kebijakan lockdown itu baru-baru ini dicabut dan warga diizinkan kembali bekerja di kantor. Sebab, menurut prediksi bila kebijakan lockdown terus dipertahankan, perekonomian Filipina akan memasuki resesi. Belum lagi banyak warga yang akan menganggur karena lapangan kerja tutup. 

3. Angka transmisi COVID-19 di Filipina tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia

Kasus COVID-19 Tembus 100 Ribu, Filipina Akan Lockdown LagiGejala orang yang terinfeksi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain mendengarkan masukan dari para tenaga medis, Duterte juga sepakat menambah 10 ribu tenaga medis profesional dalam melawan pandemik COVID-19. Duterte juga berjanji akan menambahkan insentif bagi tenaga medis yang berada di garda terdepan melawan pandemik COVID-19. 

Di sisi lain, Duterte juga menantang para tenaga medis untuk benar-benar membuat perubahan drastis dalam menangani pandemik COVID-19. Namun, ia mengingatkan agar revolusi itu tetap di koridor agar tidak ada lagi pasien yang meninggal akibat virus corona. 

"Anda benar-benar tidak mengenal saya. Anda ingin sebuah revolusi? Maka, katakan itu. Coba saja, maka kita akan menghancurkan semuanya. Kita akan membunuh semua orang yang sudah terpapar COVID-19," tutur mantan Wali Kota di Kota Davao itu. 

Bila melihat statistik, maka transmisi virus corona di Filipina berada di peringkat kedua tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Peringkat pertama yang terpapar COVID-19 paling banyak adalah Indonesia dengan 111.455 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 5.236 orang meninggal dunia. 

https://www.youtube.com/embed/CLcqcOR1I6Q

Baca Juga: [BREAKING] Jadi 84.882, Kasus COVID-19 di RI Resmi Lampaui Tiongkok

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya