Comscore Tracker

KBRI Roma Imbau WNI untuk Sementara Waktu Tak Pergi ke Italia

Imbauan dirilis usai pemerintah mengisolasi seluruh Italia

Jakarta, IDN Times - Usai Pemerintah Italia mengisolasi seluruh negaranya pada Selasa (10/3), maka KBRI di Roma langsung mengeluarkan imbauan khusus bagi seluruh WNI. Salah satu poin imbauannya yakni meminta untuk sementara waktu tidak berkunjung ke Italia. 

"Untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Italia hingga terdapat pemberitahuan berikutnya," demikian isi rilis yang disampaikan KBRI Roma pada hari ini dan diunggah ke akun media sosial mereka. 

Sementara, bagi WNI yang berada di dalam Italia dan ikut terdampak dari proses isolasi itu diminta untuk tetap tenang dan waspada. Data dari KBRI yang dirilis pada pekan lalu terdapat sekitar 1.239 WNI yang bermukim di bagian utara Italia. Angka itu diperkirakan bertambah menjadi sekitar 1.500 WNI yang bermukim di seluruh Italia. 

Perluasan upaya untuk melakukan isolasi diambil oleh Pemerintah Italia usai tingkat kematian akibat virus corona di negara itu terus melonjak. Dalam satu hari sebanyak 97 pasien dinyatakan meninggal akibat tertular virus yang diberi nama Sars CoV-2. Kini tingkat kematian di Italia sudah mencapai 463. 

Lalu, apabila ada informasi yang dibutuhkan oleh WNI mengenai virus corona, ke mana mereka bisa menghubungi?

1. KBRI menghentikan sementara layanan konsuler bagi warga asing

KBRI Roma Imbau WNI untuk Sementara Waktu Tak Pergi ke ItaliaPelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Di dalam imbauan yang diterbitkan oleh KBRI, untuk sementara waktu mereka menutup layanan konsuler bagi warga asing. Sementara, untuk pelayanan paspor dan surat perjalanan laksana paspor (SPLP) bagi WNI dilakukan sesuai dengan perjanjian. Namun, tidak diketahui kapan layanan konsuler bagi warga asing itu akan kembali dibuka. 

Baca Juga: Virus Corona: Seluruh Wilayah Italia Diisolasi Mulai Hari Ini

2. Menlu Retno menyampaikan belum ada WNI di Italia yang terjangkit virus corona

KBRI Roma Imbau WNI untuk Sementara Waktu Tak Pergi ke ItaliaMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 10 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara, terkait dengan kondisi WNI di Italia, Kemlu mengatakan hingga saat ini belum ada laporan yang menyebut warga Indnesia di sana yang tertular virus corona. Retno menyampaikan data berdasarkan 15 wilayah yang diisolasi pada Senin kemarin. Sementara, pada hari ini, Pemerintah Italia mengisolasi seluruh wilayahnya. 

"Hingga saat ini belum ada WNI yang terinfeksi COVID-19 di wilayah locked down. Secara umum para WNI tetap tenang dan memutuskan tinggal di rumah sesuai ketentuan otoritas setempat. Suplai bahan pangan sehari-hari masih terjamin," demikian ungkap Kemlu melalui keterangan tertulis. 

Bagi WNI di Italia yang membutuhkan informasi mengenai virus corona maka bisa mengontak hotline +39 338 923 4243.

3. Pemerintah Italia akan melarang semua kegiatan di keramaian termasuk acara olahraga

KBRI Roma Imbau WNI untuk Sementara Waktu Tak Pergi ke Italiaquora.com

PM Giuseppe Conte menjelaskan ke depan, Pemerintah Italia akan melarang semua kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang dan menyebabkan keramaian. Alih-alih menggelar acara yang ramai, pemerintah mendorong warganya untuk berada di rumah saja. 

"Tidak ada kegiatan malam, kami tidak bisa mengizinkan kegiatan ini lagi karena acara-acara itu justru menjadi penyebab untuk penularan lebih luas," kata dia. 

Kegiatan serupa juga berlaku untuk olah raga. Pemerintah Italia melarang semua kegiatan olah raga termasuk sepak bola digelar. Larangan sementara ini berlaku di seluruh Italia. Sekolah-sekolah dan kampus akan diliburkan hingga (3/4) mendatang. 

Baca Juga: Tingkat Kematian Tembus Angka 366, Italia Isolasi 16 Juta Penduduk

Topic:

  • Santi Dewi
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya