Kodam Kasuari Bantah Prada Enos Gugur Ditembak KKB di Papua Barat

TNI AD sebut Prada Enos gugur karena kecelakaan tunggal

Jakarta, IDN Times - Kodam XVIII Kasuari, Papua Barat membantah klaim yang disampaikan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bahwa Prada Enos Aninam gugur akibat kontak senjata di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada 5 Februari 2022. Menurut Kapendam XVIII Kasuari Kolonel Arm Hendra Pesireron, Prada Enos meninggal karena mengalami kecelakaan tunggal. 

"Prada Enos adalah anggota Bekangdam (Pembekalan dan Angkutan Kodam) XVIII Kasuari. Dia meninggal akibat kecelakaan tunggal," ungkap Hendra dalam keterangan tertulis, Senin 7 Februari 2022. 

Ia menjelaskan, Enos diketahui mengendarai sepeda motor CRF dengan nomor polisi PB 3448 MZ. Enos mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Reremi Palapa, Manokwari, Papua Barat pada Sabtu, 5 Februari 2022, sekitar pukul 06.10 WIT.

Kodam Kasuari menjelaskan, Enos tidak dapat mengendalikan laju kendaraan sehingga menabrak rumah warga lalu jatuh dan terpental hingga ke saluran air. Ia sempat dilarikan ke IGD RSUD Manokwari dan sempat mendapatkan perawatan medis, namun nyawa Enos tidak dapat diselamatkan. 

"Tidak benar bila diklaim meninggal karena tertembak dalam kontak senjata dengan KKB, karena korban mengalami kecelakaan tunggal," kata Hendra. 

Lalu, seperti apa klaim yang disampaikan oleh KKB kepada publik?

1. Prada Enos diklaim gugur usai terlibat kontak senjata di Distrik Sugapa

Kodam Kasuari Bantah Prada Enos Gugur Ditembak KKB di Papua BaratIlustrasi Pulau Papua (IDN Times/Sukma Shakti)

Informasi mengenai gugurnya Prada Enos disampaikan oleh Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Sebby Sambom, melalui keterangan tertulis. Shebby mengatakan, pada Sabtu pagi pekan lalu terjadi kontak senjata di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. 

"Pasukan TPNPB berhasil tembak mati satu anggota TNI/Polri, atas nama Enos Aninam (orang asli Papua)," ujar Sebby. 

Ia mengatakan, pihaknya terus menyerang aparat TNI/Polri di berbagai wilayah Papua. Sebby menyebut, Komandan Operasi Kodap VIII di bawah pimpinan Undius Kogoya sedang siaga 1 dan bersiap menyerang TNI/Polri.

Sementara, menurut Hendra, lokasi terjadinya kontak tembak berada di Papua dan bukan Papua Barat. "Wilayah itu ada di Provinsi Papua. Sedangkan Prada Enos Aninam adalah anggota Bekkang XVIII Kasuari yang berada di Provinsi Papua Barat. Dia meninggal kecelakaan lalu lintas tunggal," Hendra menegaskan. 

Baca Juga: Prajurit TNI Gugur Saat Evakuasi Jenazah Gabriella dari Kiwirok Papua

2. KKB akan terus melancarkan serangan yang menyasar anggota TNI dan Polri

Kodam Kasuari Bantah Prada Enos Gugur Ditembak KKB di Papua BaratPrajurit TNI dan anggota Basarnas mengeluarkan logistik untuk korban gempa bumi Mamuju dan Majene dari pesawat Hercules A 1321 TNI AU saat tiba di Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebby menambahkan, pihak TPNPB masih akan terus melakukan serangan-serangan yang menyasar ke personel Polri dan TNI. "TPNPB-OPM menyatakan kami akan serang besar-besaran dalam waktu yang sedang berlangsung. Perang masih berlanjut, informasi lanjutnya akan disusul," ungkap Sebby. 

Ia menegaskan, kelompoknya menuntut sejumlah pihak bertanggung jawab atas kesalahan aneksasi Papua secara sepihak dengan cara curang dan tidak adil.

"Perang pembebasan nasional yang dilakukan TPNPB sangat jelas, yaitu Indonesia, Belanda, Amerika Serikat, dan PBB harus mengakui kesalahan aneksasi Papua Barat ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara yang curang dan tidak adil,” katanya. 

3. Total sudah ada lima prajurit TNI yang gugur saat bertugas di Papua di awal 2022

Kodam Kasuari Bantah Prada Enos Gugur Ditembak KKB di Papua BaratPrajurit Kopassus saat melakukan defile pasukan pada Upacara Penyerahan Satuan Kopassus di lapangan Makokopassus, Jakarta, 8 Oktober 2016. (ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa)

Sementara, sejak awal 2022, total sudah ada lima prajurit TNI yang gugur ketika bertugas di Papua. Insiden penembakan pertama terjadi di Kabupaten Maybrat, Papua Barat,  20 Januari. Satu anggota TNI bernama Serda Miskel juga dilaporkan tewas dalam baku tembak dengan KKB.

Baku tembak terjadi pada saat Yonzipur 20/PPA hendak memperbaiki jembatan dari Kampung Faan Kahiro. Selain korban tewas, sebanyak tiga anggota TNI juga dilaporkan mengalami luka-luka, yakni Serda Darusman, Prada Aziz, dan Prada Abraham.

Terbaru, sebanyak tiga anggota TNI dilaporkan tewas dalam baku tembak yang terjadi di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, pada 27 Januari 2022. Prajurit yang meninggal antara lain Serda Rizal, Pratu Baraza, dan Pratu Rahman Tomilawa.

Usai insiden itu, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa langsung bertolak ke Papua. Andika menegaskan akan mengejar anggota KKB yang telah menewaskan anggotanya. Mereka harus mempertanggung jawabkan perbuatannya sesuai aturan hukum. 

Baca Juga: Sambut Damai Cartenz, KKB Serang Pos TNI di Gome, 3 Prajurit TNI Tewas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya