KPK: OTT di Jawa Timur Terkait Jual Beli Jabatan di Kementerian Agama

Ada sejumlah uang yang ditemukan dari OTT di Jatim

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan ada sejumlah uang yang ditemukan oleh para penyidiknya dari hasil operasi senyap yang dilakukan pada Jumat (15/3). Dana dalam mata uang rupiah itu diduga adalah bagian dari transaksi yang diindikasikan melibatkan penyelenggara negara tersebut. 

"Transaksi ini dari identifikasi yang sudah kami lakukan diduga terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama baik di pusat atau di daerah. Namun, kami masih terus mendalami informasi-informasi tersebut," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah ketika memberikan keterangan pers pada Jumat (15/3). 

Menurut Febri, ada lima orang yang diciduk oleh penyidik lembaga antirasuah pada hari ini. Selain Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuziy, juga terdapat pejabat dari Kementerian Agama dan unsur pejabat swasta. Lalu, kapan rencananya lima orang tersebut tiba di gedung lembaga antirasuah?

1. Lima orang yang diciduk di Jawa Timur diperkirakan tiba malam ini

KPK: OTT di Jawa Timur Terkait Jual Beli Jabatan di Kementerian AgamaIDN Times/Sukma Shakti

Juru bicara KPK, Febri Diansyah proses pemeriksaan awal sudah dilakukan oleh penyidik KPK di kantor Mapolda Jawa Timur. Oleh sebab itu, KPK turut mengucapkan terima kasih atas koordinasi dengan pihak kepolisian. 

"Prosesnya masih berjalan sesuai dengan hukum acara yang berlaku, ada waktu yang paling lama 24 jam. Jadi, paling lama 24 jam, nanti akan ditentukan status hukum perkaranya, apakah tetap di penyelidikan, di penyidikan dan siapa yang menjadi tersangka kalau ditingkatkan ke proses penyidikan," ujar Febri ketika memberi keterangan pers pada hari ini. 

Oleh sebab itu, tim KPK akan memaksimalkan waktu 24 jam yang mereka punya untuk menggali keterangan awal. Rencananya, kelima orang itu akan tiba di Jakarta pada malam hari. 

Baca Juga: KPK Sita Sejumlah Uang dari OTT Rommy di Jatim

2. Lima orang diciduk oleh penyidik di tempat berbeda

KPK: OTT di Jawa Timur Terkait Jual Beli Jabatan di Kementerian Agama(Ilustrasi ditahan) IDN Times/Sukma Shakti

Menurut Febri, lima orang yang diamankan oleh penyidik KPK ditemukan di tempat yang berbeda. 

"Karena tim yang ditugaskan di Jawa Timur, tapi apakah itu (diamankan) di rumah, kantor, di jalan atau di mana, nanti akan kami sampaikan ketika memberikan keterangan pers," kata dia. 

3. Ketua TKN yakin penangkapan Rommy tidak terkait Pilpres

KPK: OTT di Jawa Timur Terkait Jual Beli Jabatan di Kementerian AgamaIDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara, menurut Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, unsur praduga tak bersalah tetap harus dikedepankan terkait penangkapan Rommy. Ia pun menggaris bawahi operasi senyap itu tidak ada kaitannya dengan penyelenggaraan Pilpres pada April mendatang. 

"Tetapi yang musti kita lihat, apakah ini lebih ke pribadi atau hubungan dengan Pilpres. Tapi saya yakin sih gak ada hubungan dengan Pilpres," ujar Erick yang ditemui di Jakarta pada hari ini. 

Ia juga menepis anggapan penangkapan Romy bakal menggerus elektabilitas Jokowi-Ma'ruf karena PPP merupakan partai koalisi di Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Dia memastikan, penangkapan Romy tidak berhubungan dengan Pilpres, namun lebih mengarah ke pribadi.

Baca Juga: [BREAKING] OTT Rommy, Timses: Jokowi Gak Pandang Bulu Berantas Korupsi

Topik:

Berita Terkini Lainnya