KSAL Lepas 861 Warga Mudik Gratis Naik Kapal Perang TNI AL

Warga mudik ke rute di sepanjang Pulau Jawa

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali pada Selasa (18/4/2023) melepas 861 warga yang ikut mudik gratis dengan menumpang kapal perang milik TNI AL.

Mereka menempuh rute menuju Semarang dan Surabaya. Ali mengatakan, pelaksanaan mudik gratis itu bisa terselenggara berkat kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kementerian Perhubungan dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). 

"Ini merupakan bentuk perhatian untuk berbagi kebahagiaan dan kepedulian dalam mengurangi beban ekonomi kemacetan serta risiko kecelakaan bagi masyarakat umum selama mudik Lebaran. Utamanya yang menggunakan kendaraan roda dua," ungkap Ali di Markas Komando (Mako) Komando Lintas Laut Militer Jakarta Utara, Selasa pagi. 

Ia menjelaskan, dari 861 warga yang ikut mudik gratis, sebanyak 52 orang di antaranya merupakan balita. Selain itu, ada pula 260 motor yang ikut diangkut oleh KRI Banjarmasin-592. Ali mengatakan, program mudik ini juga memberi manfaat bagi pemudik motor.

"Karena motornya bisa diparkir di dalam kapal. Sedangkan, pemudiknya bisa istirahat," tutur dia. 

Ia mengatakan, waktu tempuh dari Jakarta menuju ke Semarang hanya satu hari. Setelah itu, KRI Banjarmasin bakal melanjutkan perjalanan dari Semarang menuju ke Surabaya. 

Apakah kapal perang ini juga dioperasikan untuk mengangkut pemudik yang hendak kembali ke Ibu Kota?

Baca Juga: Musim Mudik, Kemenkes Minta Masyarakat Tingkatkan Disiplin PHBS

1. KRI Banjarmasin turut melayani arus balik ke Ibu Kota mulai 25 April 2023

KSAL Lepas 861 Warga Mudik Gratis Naik Kapal Perang TNI ALKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali ketika melepas ratusan warga yang mudik menumpang KRI Banjarmasin pada Selasa, 18 April 2023. (Dokumentasi TNI AL)

Ali menjelaskan, KRI Banjarmasin-592 turut dioperasikan untuk membantu mengangkut warga untuk kembali ke Ibu Kota. KRI Banjarmasin-592 mulai dioperasikan untuk arus balik mulai 25 April 2023 dan berangkat dari Surabaya. 

"Sedangkan, kapal berangkat dari Semarang pada 26 April 2023," tutur dia. 

Di sisi lain, Baznas turut membantu memasok konsumsi bagi warga yang mudik gratis dengan KRI Banjarmasin-592. Bahkan, di dalam kapal perang itu juga disediakan tenaga kesehatan. 

"Kalau untuk pengamanan, kami juga melibatkan POM AL. Mereka ikut berlayar," ujar Ali. 

Ia menambahkan, KRI Banjarmasin-592 di setiap titik perhentiannya dibolehkan mengangkut warga. Artinya, bila ada sejumlah penumpang yang turun di Semarang, maka KRI Banjarmasin-592 dibolehkan mengangkut warga untuk dibawa menuju ke Surabaya. 

"Tapi, memang para penumpang ini lebih banyak yang turun di Semarang dibandingkan turun di Surabaya," katanya. 

Hal yang sama juga berlaku ketika terjadi arus balik. Penumpang dari Surabaya bisa turun di Semarang. Lalu, TNI AL bisa mengangkut pemudik dari Semarang untuk turun di Jakarta.

Baca Juga: TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara Gratis

2. Siapkan salinan KTP pemudik dan STNK kendaraan roda dua

KSAL Lepas 861 Warga Mudik Gratis Naik Kapal Perang TNI ALRute kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL) bisa digunakan untuk mudik tahun 2023 oleh pemudik motor. (www.instagram.com/@kolinlamil_tni_al)

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin ikut mudik gratis dengan KRI Banjarmasin-592. Beberapa persyaratan itu antara lain menyerahkan fotokopi KTP pemudik dan fotokopi STNK serta Bukti Tanda Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sepeda motor.

Selain itu, pemudik kendaraan roda dua juga harus bersedia meneken surat berisi pernyataan kesediaan untuk mematuhi peraturan selama berada di dalam KRI. 

Pendaftaran bisa dilakukan secara daring untuk arus balik dengan menghubungi nomor telepon 0895 22442 995 dan 0812 367 96955. Pemudik juga bisa mendatangi ke dua lokasi yang disediakan, yaitu Mako Lanal Semarang, Jalan R.E Martadinata nomor 12, Tawangsari, Kota Semarang dan Mako Satlinlamil 2, Jalan Raya Hang Tuah nomor 1, Ujung Kecamatan, Semampir, Surabaya.

Baca Juga: Panglima TNI: Korban Tewas di Mugi Papua Hanya 1 Orang, 4 Masih Hilang

3. TNI AL juga sediakan 132 bus untuk bantu prajurit pulang kampung

KSAL Lepas 861 Warga Mudik Gratis Naik Kapal Perang TNI ALKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali ketika melepas ratusan warga yang mudik menumpang KRI Banjarmasin pada Selasa, 18 April 2023. (Dokumentasi TNI AL)

Lebih lanjut, Ali juga menyebut tidak hanya warga sipil saja yang mudik ke kampung halaman. Prajurit TNI AL pun juga mudik pada Lebaran 2023 yang keberangkatannyajuga dilakukan hari ini. 

"Karena kan hari ini sudah libur nasional. Jadi, semua (mudik) pada hari ini. Saya dari Mabes TNI AL akan melepas puluhan bus. Begitu juga seluruh kotama-kotama yang ada di Jakarta juga ada beberapa bus tapi itu khusus untuk TNI AL," ujarnya. 

Ia menjelaskan, untuk Kolinlamil disediakan 11 bus bagi prajurit TNI AL, sedangkan di seluruh Jakarta disediakan total 132 bus. 

"Bus-bus ini akan mengangkut para prajurit untuk mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Jawa Barat. Tapi, yang mudik ke Jabar tidak sebanyak ke Jateng dan Jatim," tutur dia. 

Selain dengan transportasi bus, TNI AL turut menyiapkan pesawat bagi para prajurit TNI AL mudik ke kampung halaman.

"Itu semua gratis bagi para prajurit," katanya. 

Baca Juga: TNI AL Siapkan Satu Pesawat untuk Mudik Gratis dari Bandara Kupang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya