KSAU Tepis Isu Kesiapan Jet Tempur TNI AU Rendah

TNI AU siap pamerkan kemampuan udara saat HUT ke-77

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menepis isu, bahwa kesiapan jet tempur milik Indonesia tergolong rendah. Persepsi itu muncul lantaran jenis jet tempur yang dimiliki oleh Indonesia tergolong terbatas. Padahal, area udara yang harus dijaga sangat luas yakni dari Sabang hingga Merauke. 

"Terkait dengan kesiapan pesawat, itu tidak benar. Kami menjaga kesiapan pesawat itu sesuai dengan yang direncanakan," ungkap Fadjar ketika memberikan keterangan pers terkait Gladi Bersih HUT ke-77 TNI AU, dikutip dari ANTARA, Kamis (6/4/2023). 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufano pernah mengungkap, mayoritas pesawat tempur yang dimiliki oleh Indonesia sudah berusia lebih dari 20 tahun. Maka, perlu pengadaan demi memperkuat armada. 

Menurutnya, saat ini Indonesia hanya mengandalkan 33 pesawat F-16 AM, BM, C dan D, yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Kemudian, 16 pesawat Sukhoi Su-27 dan Su-30 dengan usia hampir 20 tahun sebagai pesawat tempur utama.

Lantaran, memiliki jet tempur buatan Sukhoi, TNI AU sempat kesulitan untuk memenuhi suku cadang Sukhoi. Hal itu tidak terlepas dari imbas perang Rusia dengan Ukraina. 

Fadjar pun tak menampik kesulitan untuk mencari suku cadang Sukhoi memang terjadi. Tetapi, hal itu tidak hanya dirasakan oleh Indonesia. Melainkan seluruh dunia ikut terganggu rantai pasoknya (supply chain). 

"Tapi, kami dapat mengatasi itu dan kami ingin memperlihatkan kepada rakyat Indonesia bahwa TNI AU selalu siap mempertahankan kedaulatan udara," kata dia. 

Lalu, kapan TNI AU akan kembali menambah alutsista untuk memperkuat pertahanan udara?

1. KSAU sebut sejumlah alutsista yang dipesan sudah mulai tiba di Indonesia

KSAU Tepis Isu Kesiapan Jet Tempur TNI AU RendahBatch pertama C-130J Super Hercules tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin, 6 Maret 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Fadjar mengatakan, sudah ada beberapa alutsista yang dipesan oleh pemerintah mulai tiba di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah pesawat jet jenis Dassault Falcon 7X dan Falcon 8X asal Prancis, dan pesawat C-130 J-30 Super Hercules A-1339. Selain itu, helikopter bermesin ganda H225M produksi Airbus juga bakal tiba di Tanah Air. 

Sementara, ketika ditanya kapan ada kepastian terkait pembelian jet tempur Dassault Mirage 2000-5 Qatar, Fadjar menyebut, keputusan akhir ada di tangan Kementerian Pertahanan. Namun, sebelum pembelian itu terealisasi, TNI AU akan mempersiapkan infrastrukturnya lebih dulu. 

"Perencanaan itu masih di tangan Kemhan. TNI AU akan tetap bersiap-siap seperti infrastrukturnya dan awak pesawat," kata dia. 

Baca Juga: Tiba di Indonesia, TNI AU Kini Punya Super Hercules C-130J!

2. Jet tempur Dassault Mirage bekas AU Qatar rencananya dibeli sambil menanti Rafale tiba

KSAU Tepis Isu Kesiapan Jet Tempur TNI AU RendahIlustrasi jet Rafale buatan Prancis (www.aa.com.tr)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memang berencana membeli jet tempur bekas dari negara lain. Jet tempur bekas tersebut bakal dibeli sambil menunggu Dassault Rafale yang bakal mendarat di Indonesia pada 2026. Prabowo meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Prancis untuk membeli enam jet tempur Rafale dari rencana 42 unit. 

"Kita sudah tanda tangan untuk pesawat Rafale yang datangnya baru tiga, empat atau lima tahun (mendatang). Sementara, kita harus mempunyai (alutsista) yang cukup kuat. Pesawat-pesawat kita sedang upgrade dan modernisasi," ungkap Prabowo ketika ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, 8 Maret 2023 lalu.

"Kami berencana akan mengakuisisi pesawat-pesawat yang tidak baru, tapi usianya masih muda. Rencananya kami akan ambil beberapa pesawat dari luar negeri yang masih muda," tutur dia. 

Prabowo yang juga menjabat Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, pembelian jet tempur bekas tersebut masih dalam tahap negosiasi. Sementara, sempat santer terdengar jet tempur bekas yang dibidik Indonesia adalah Dassault Mirage 2000-5 milik Angkatan Udara (AU) Qatar. 

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, rencana pembelian Mirage milik AU Qatar diharapkan bisa menjadi langkah transisi kekuatan, sebelum enam jet tempur Rafale tiba dari Prancis. 

3. Gladi bersih demo udara HUT ke-77 TNI AU melibatkan 89 pesawat dari berbagai tipe

KSAU Tepis Isu Kesiapan Jet Tempur TNI AU RendahIlustrasi jet tempur membentuk formasi arrow head untuk fly pass di HUT RI (www.tni-au.mil.id)

Sementara, latihan gladi bersih digelar hari ini di Lanud Halim Perdanakusuma. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, ada 89 pesawat dari berbagai tipe yang ikut terlibat dalam gladi bersih.

"Ada pesawat tempur terdiri dari 18 G-16, r Sukhoi SU-27/30, 9 EMB-314 Super Tucano dan 5 T-50i Golden Eagle," ungkap Indan di dalam keterangan tertulis pada hari ini.

Lalu, ada pula pesawat transportasi terdiri dari 9 C-130 Hercules, 5 CN-295/235, 5 C-212, 3 Boeing 737, 2 Falcon 7X/8X, 3 Cesna-172, 6 paramotor dan 2 trike. Sementara, helikopter terdiri dari 6 EC-120 B Colibry, 2 NAS-332, 2 EC-725 Caracal dan 1 AS-365. Selain itu juga ada 7 pesawat aerobatik jenis KT-1B. 

"Total personel yang terlibat berjumlah 3.693 orang, terdiri dari 1.070 pilot dan kru darat untuk pelaksanaan demo udara, 397 prajurit untuk demo darat dan 2.227 personel pasukan upacara," kata dia. 

Puncak HUT ke-77 TNI AU bakal digelar pada Minggu (9/4/2023), di Lanud Halim Perdanakusuma. Acara tersebut juga bisa disaksikan oleh masyarakat umum mulai pukul 08:00 WIB. 

Baca Juga: Menhan Prabowo Bakal Beli Jet Tempur Bekas dari Negara Lain

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya