Mahfud Goda Luhut soal Ketum Golkar: Kami Tolak jika Tak Sesuai Aturan

"Tapi, kalau sesuai prosedur ya silakan, itu rumah dia"

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengaku pernah menggoda Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan dalam suatu pertemuan. Mahfud berkelakar soal kabar Luhut menggantikan Airlangga Hartarto sebagai Ketum Golkar.

"Pak, katanya mau ambil Golkar dan ketahuan ya? Dijawab Pak Luhut 'kata siapa? Itu kan mereka saja yang mengada-ada'. Gitu kata, Pak Luhut," ujar Mahfud menirukan kalimat Luhut saat berbincang dengan Rhenald Kasali di YouTube Intrigue, dikutip Sabtu (5/8/2023). 

IDN Times sudah meminta izin kepada Rhenald untuk mengutip pernyataan Mahfud di program siniar tersebut.

Mahfud menilai, tak logis jika Airlangga diganti karena elektabilitas rendah sebagai bakal capres. Meski, ia tak menampik peluang Airlangga maju sebagai bakal capres sangat kecil.

Namun, Mahfud menegaskan, tak mau terlalu jauh mencampuri urusan internal partai politik mana pun, termasuk Golkar. Jika internal Partai Golkar ingin menyelenggarakan musyawarah nasional luar biasa (munaslub), kata dia, pemerintah akan bersikap obyektif.

"Bagi saya sejauh ini memenuhi aturan konstitusi di dalam partai, ya silakan saja (ada Munaslub). Kan ada ukuran-ukuran yang bisa dilihat. Saya kan tidak boleh ikut campur. Tapi, kalau melanggar aturan tentu kami dari pemerintah akan mempertanyakan," tutur mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu. 

Luhut menyatakan secara terbuka siap maju jadi caketum Golkar dalam wawancara di program Rosi yang tayang di stasiun Kompas TV. Luhut mengaku siap maju lantaran kondisi elektabilitas Golkar sudah berada dalam keadaan lampu kuning. Luhut mau maju asalkan dicalonkan dan tidak melibatkan politik uang. 

1. Mahfud yakin Presiden Jokowi bersikap tak ingin ikut campur

Mahfud Goda Luhut soal Ketum Golkar: Kami Tolak jika Tak Sesuai AturanPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Mahfud meyakini Presiden Joko "Jokowi" Widodo adalah tipikal pemimpin yang tidak suka ikut campur soal internal partai politik. Meski di sisi lain, Mahfud menilai Jokowi tak melarang ada yang hendak cawe-cawe.

Ia mencontohkan saat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tiba-tiba terpilih menjadi Ketum Partai Demokrat lewat kongres luar biasa (KLB) di Medan pada 2021. Kepengurusan Moeldoko akhirnya ditolak Kementerian Hukum dan HAM.

"Saya punya pengalaman, Pak Jokowi itu gak suka ikut campur. Tapi, tidak begitu juga suka melarang. Kan buktinya ada kasus lain, di mana Pak Moeldoko. Orang mengira itu atas perintah presiden. Tapi, nyatanya di Kemenkum HAM ditolak," kata dia. 

Saat itu, Mahfud menyampaikan proses pengajuan struktur kepengurusan versi KLB Medan tak sesuai prosedur kepada presiden. Lalu, Jokowi memberikan restu untuk menolak kepengurusan Demokrat kubu Moeldoko.

"Ya sudah kalau tidak memenuhi syarat jangan didaftar pengurus baru (Partai Demokrat). Kita tidak boleh ikut campur. Kalau memenuhi syarat, lakukan. Saya punya keyakinan dalam kasus Pak Airlangga pun, Pak Jokowi juga bersikap sama," tutur dia. 

Baca Juga: Airlangga Kumpulkan 38 Ketua DPD, Kompak Tolak Digelarnya Munaslub

2. Pemerintah bakal bersikap independen seandainya Munaslub Golkar terjadi pada 2023

Mahfud Goda Luhut soal Ketum Golkar: Kami Tolak jika Tak Sesuai AturanMenkopolhukam, Mahfud MD (dok. Sekretariat Presiden)

Mahfud pun sudah mewanti-wanti akan bersikap independen dan obyektif seandainya Partai Golkar menggelar munaslub sebelum Pemilu 2024.

"Saya katakan ke Pak Luhut kalau (proses Munaslub) tidak sesuai prosedur, kita tolak lho," kata Mahfud menirukan ucapannya.

Di sisi lain, Mahfud tidak bisa melarang Luhut karena mantan Menko Polhukam itu masih menjadi kader Golkar. Luhut tercatat menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Golkar. 

"Pak Luhut kan memang orang Golkar. Itu rumahnya dia. Kedua, meskipun dia Menko tetapi menempuh prosedur yang tidak konstitusional ya kita akan tolak. Saya akan bilang ke dia kalau tidak benar. Tetapi, kalau benar ya silakan, itu rumah dia. Kalau dari dalam sudah menghendaki itu dan prosedurnya terpenuhi," kata dia. 

3. Jokowi sudah menegaskan kisruh Munaslub Golkar tak ada kaitan dengan dirinya

Mahfud Goda Luhut soal Ketum Golkar: Kami Tolak jika Tak Sesuai AturanPresiden Jokowi resmikan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas pada Senin (3/10/2022). (dok. Kadin Indonesia)

Sementara, Jokowi sudah menyatakan dengan tegas tidak ada sangkut pautnya dengan kisruh di internal Golkar. Meski dua menteri di kabinetnya mengaku siap maju jadi caketum Golkar pada 2023. Kedua menteri tersebut yakni Luhut dan Bahlil Lahadalia. 

"Tidak ada hubungannya dengan kita," kata Jokowi pada 27 Juli 2023 lalu di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Jokowi menegaskan gejolak yang membelit Golkar merupakan urusan internal partai berlambang pohon beringin tersebut. Bahkan, Jokowi sampai dua kali menegaskan lagi dengan kalimat yang sama.

"Itu urusan internal Golkar, urusannya internal Golkar," katanya. 

Di sisi lain, Jokowi turut angkat suara soal kabar Luhut, Bahlil, dan Bambang Soesatyo (Bamsoet) didorong menjadi ketum Golkar. Baginya, keinginan untuk maju sebagai ketum Golkar merupakan urusan pribadi masing-masing.

"Kalau Pak Luhut, Pak Bahlil, Pak Bamsoet punya keinginan, itu urusan beliau-beliau, bukan urusan kami. Itu urusan internal Golkar," tutur dia lagi. 

https://www.youtube.com/embed/bv0TbqblinI

Baca Juga: Tolak Munaslub Golkar, JK: Bersatu Saja Belum Tentu Menang

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya