Massa Buruh Tolak Perppu Ciptaker Mulai Padati Kawasan Monas

Aksi demo dimotori Partai Buruh

Jakarta, IDN Times - Massa buruh mulai terlihat memadati area Jalan Merdeka Selatan ke arah Gambir pada Sabtu, (14/1/2023). Beberapa elemen buruh seperti FSPMI, KSPI, Garda Rakyat bergabung dengan Partai Buruh untuk berdemo menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja.

Dari mobil komando terdengar instruksi agar para buruh segera merapat di depan area IRTI, Monas. Supaya mereka bisa segera melakukan long march menuju ke area Istana Kepresidenan.

Di dalam keterangan tertulisnya, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan ada 9 poin yang ditolak oleh kalangan buruh di dalam Perppu Cipta Kerja.

"Poin yang kami tolak yaitu terkait permasalahan upah minimum, outsourcing, pesangon, karyawan kontrak, cuti, jam kerja, tenaga kerja asing, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), hingga sanksi pidana yang dihilangkan," ungkap Said di dalam keterangan tertulis pada Jumat, (13/1/2023).

 

Massa Buruh Tolak Perppu Ciptaker Mulai Padati Kawasan MonasKerumunan masa buruh mulai berkumpul di Jalan Medan Merdeka Selatan pada Sabtu, 14 Januari 2023 untuk berdemo tolak Perppu Cipta Kerja. (IDN Times/Santi Dewi)

Rencananya mereka mulai melakukan long march ke Istana pukul 10:00 WIB. Akibat aksi ini, lalu lintas di area Jalan Merdeka Selatan di depan halte Trans Jakarta Balai Kota tersendat.

Berdasarkan pantauan IDN Times, pengaturan arus lalu lintas kini dibantu oleh personel dari Polsek Metro Gambir. Rencananya aksi unjuk rasa akan berlangsung hingga pukul 12:00 WIB.

Mereka kemudian akan bergerak menuju ke Sport Mall Kelapa Gading untuk menggelar rakernas Partai Buruh. Rapat kerja yang berlangsung selama dua hari bakal diakhiri dengan pengumuman capres dan cawapres yang bakal didukung oleh Partai Buruh pada pemilu 2024.

Baca Juga: Buruh Akan Demo Depan Istana Hari Ini Tolak Perppu Ciptaker 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya